Boladunia

Profil Timnas Swedia di Euro 2020: Daftar Pemain, Pelatih, Prestasi Terbaik

Timnas Swedia menjadi salah satu kuda hitam yang patut diperhitungkan di Euro 2020

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi para pemain Swedia usai tumbangkan Swiss 1-0 di babak 16 besar Piala Dunia 2018.
Selebrasi para pemain Swedia usai tumbangkan Swiss 1-0 di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Bolatimes.com - Timnas Swedia menjadi salah satu kuda hitam di Euro 2020. Meski tanpa Ibrahimovic, Swedia tetap berpotensi menjadi penjegal tim jawara. Oleh karena itu, profil Timnas Swedia patut untuk disimak.

Bagaimanapun, Timnas Swedia di Euro 2020 kehilangan juru andalan di lini depan. Meskipun begitu, hal ini tidak mengendurkan semangat para pemain Timnas Swedia ini. Kekuatan mereka telah tampak pada Piala Dunia 2018, di Rusia, tanpa Ibrahimovic.

Timnas Swedia membuktikan kemampuan mereka hingga melaju sampai ke perempat final sebelum akhirnya terpaksa menyingkir karena kalah dari Inggris. Timnas Swedia waktu itu mengandalkan kolektivitas yang dibangun pelatih mereka, Janne Andersson lewat perpaduan kekuatan antara pemain muda dan senior.

Kemudian, pada kualifikasi di EURO 2020, Timnas Swedia diisi oleh sederet pemain senior seperti Sebastian Larsson, Andreas Granqvist, dan Ola Toivonen. Sedangkan dari lini pemain muda ada Andersen, Emil Forsberg, John Guidetti, dan Victor Lindelof. 

Di bawah arahan Andersson, Timnas Swedia di EURO 2020 dapat tampil atraktif dan tidak hanya mengandalkan strategi bertahan saat bertemu tim-tim tangguh. Meskipun sempat kalah 0-3 dari Spanyol, Swedia berhasil meraih finis di urutan kedua grup F kualifikasi EURO 2020. 

Timnas Swedia masuk di Grup E di EURO 2020, satu grup dengan Polandia dan Spanyol. Dari total 10 kali pertandingan, Timnas Swedia berhasil meraup 21 poin, hasil dari 6 menang, 3 imbang, dan i kali kalah.

Swedia memulai fase grup dengan memperoleh kemenangan 2-1 atas Rumania. Kemudian, imbang 3-3 saat melawan Norwegia, dan berhasil menang atas Malta dengan skor 3-0.  Sayang, Swedia digulung 0-3 oleh tim Spanyol. Walaupun begitu, kekalahan itu terobati dengan kemenangan 4-0 melawan tim Kepulauan Faroe. 

Ringkasan profil Timnas Swedia di Euro 2020.

  • Julukan Timnas Swedia : Blagut
  • Nama Federasi :Swedia
  • Keikutsertaan di Euro : 6 kali
  • Prestasi terbaik Timnas Swedia: runner up grup F, di bawah Spanyol
  • Pemain andalan Timnas Swedia : Emil Forsberg, Dejan Kulusevski
  • Daftar pemain timnas Swedia di Euro 2020:
    - Kiper: Robin Olsen (Everton), Karl-Johan Johansson (FC Copenhagen), Kristoffer Nordfeldt (Genclerbirligi)
    - Belakang : Mikael Lustig (AIK), Victor Lindelof (Manchester United), Andreas Granqvist (Helsingborgs IF), Martin Olsson (BK Hacken), Ludwig Augustinsson (Werder Bremen), Filip Helander (Rangers), Emil Krafth (Newcastle), Pontus Jansson (Brentford), Marcus Danielson (Dalian Professional)
    - Tengah : Sebastian Larsson (AIK), Albin Ekdal (Sampdoria), Marcus Berg (IFK Goteborg), Emil Forsberg (RB Leipzig), Alexander Isak (Real Sociedad), Gustav Svensson (Kota Guangzhou), Ken Sema (Watford), Viktor Claesson (Krasnodar), Mattias Svanberg (Bologna), Kristoffer Olsson (Krasnodar)
    - Depan : Dejan Kulusevski (Juventus), Robin Quaison (Mainz 05), Jordan Larsson (Spartak Moscow), Jens Cajuste (FC Midtjylland).
  • Pelatih Timnas Swedia : Janne Andersson

Itulah profil Timnas Swedia yang akan berlaga di Piala Eropa 2020 atau Euro 2020. Saksikan aksi anak buah Janne Andersson segera!

Berita Terkait

Berita Terkini