Boladunia

Fabio Capello: Lionel Messi Jenius, Cristiano Ronaldo Superman

Baru-baru ini Pelatih legendaris Italia, Fabio Capello mengutarakan pendapatnya terkait perbedaan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata

Kolase foto Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (AFP)
Kolase foto Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (AFP)

Bolatimes.com - Salah satu pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola, yakni Fabio Capello mengutarakan pendapatnya terkait perbedaan di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Pelatih legendaris Italia itu menyampaikan hal tersebut pada penghargaan Globe Soccer Awards yang berlangung di Dubai, Qatar, Kamis (3/1/2018) malam waktu setempat.

Komentar Fabio Capello itu muncul setelah tantangan yang dilontarkan oleh Cristiano Ronaldo beberapa waktu lalu yang menyarankan Lionel Messi untuk pindah dari Barcelona dan menerima tantangan baru di Serie A.

Menanggapi hal tersebut, Capello melihat peluang Messi untuk meninggalkan Barcelona sangat kecil. Akan tetapi, ia tidak mambantah hal itu bisa terwujud, layaknya Neymar yang pindah dari Barcelona ke Paris Saint-Germain.

Fabio Capello saat menerima penghargaan Coach Career Award di acara Globe Soccer Awards yang dihelat di Dubai pada 3 Januari 2019 (Marco Alpozzi/AFP)
Fabio Capello saat menerima penghargaan Coach Career Award di acara Globe Soccer Awards yang dihelat di Dubai pada 3 Januari 2019 (Marco Alpozzi/AFP)

 

''Lionel Messi terlalu penting bagi Barcelona. Tetapi, apa pun bisa terjadi, seperti Neymar yang meninggalkan Barcelona karena Paris Saint-Germain membayar Neymar dengan uang sangat banyak,'' buka Fabio Capello dikutip dari Sport360.

Mantan pelatih yang pernah menukangi AC Milan itu juga menambahkan bahwa tidak mungkin sebuah klub bisa menahan pemain besar seperti Messi dan Ronaldo untuk pergi. Fabio Capello menilai Messi bisa pergi jika ia tidak bahagia di klub atau sudah merasa tidak bermain di level seharusnya.

''Yang terpenting adalah menjual pemain yang merasa tidak bahagia berada di klub tersebut. Hampir tidak mungkin untuk menahan pemain besar seperti Messi, Ronaldo, dan Neymar apabila mereka ingin pergi, terutama apabila karena mereka tak bermain di level yang seharusnya,'' tutur Capello.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi berjabat tangan saat menghadiri penghargaan FIFA pada 23 Oktober 2017 (Ben Stansall/AFP)
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi berjabat tangan saat menghadiri penghargaan FIFA pada 23 Oktober 2017 (Ben Stansall/AFP)

 

Lebih lanjut, Fabio Capello juga mengungkapkan pendapatnya terkait perbedaan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Pria berusia 72 tahun itu menyebut Messi adalah pemain yang jenius dan Ronaldo adalah pemain yang super kuat seperti superman.

''Messi dan Ronaldo adalah pemain yang berbeda. Satu jenius dan satunya lagi super kuat seperti superman,'' ungkap Capello.

''Untuk menentukan siapa yang lebih hebat, tergantung tahun berapa Anda bertanya, karena pada satu musim Messi lebih bagus dan tahun berikutnya, Ronaldo lebih bagus,'' sambungnya.

Ya, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memang selalu bersaing menjadi yang terbaik. Selama 1 dekade lamanya mereka mendominasi sepak bola dunia dan telah mengoleksi penghargaan Ballon d'Or sama-sama sebanyak lima kali. Hingga musim ini pun, Messi dan Ronaldo masih tampil memukau bersama klub masing-masing.

Berita Terkait

Berita Terkini