Kenapa Real Madrid Bisa Dikalahkan CSKA Moskow di Liga Champions?

Bagaimana bisa Real Madrid sang juara Liga Champions tiga tahun terakhir tumbang dari CSKA Moskow?

Stephanus Aranditio | BolaTimes.com
Rabu, 03 Oktober 2018 | 14:30 WIB
Pemain CSKA Moscow, Nikola Vlasic melewati pemain Real Madrid, Raphael Varane saat mencetak gol ke gawang ke gawang Real Madrid pada laga pekan kedua grup G Liga Champions di Stadion Luzhniki, Moscow (2/10/2018) (AFP)

Pemain CSKA Moscow, Nikola Vlasic melewati pemain Real Madrid, Raphael Varane saat mencetak gol ke gawang ke gawang Real Madrid pada laga pekan kedua grup G Liga Champions di Stadion Luzhniki, Moscow (2/10/2018) (AFP)

Bolatimes.com - Belum bisa melupakan pembantaian 3-0 Sevilla terhadap Real Madrid di pekan keenam dan hasil imbang di pekan ketujuh La Liga, pendukung Real Madrid harus semakin tegar dengan kenyataan pahit terbaru tim kebanggaan mereka tumbang di tangan runner-up Liga Rusia musim lalu, CSKA Moskow.

Juara Liga Champions tiga tahun terakhir itu bertandang ke markas CSKA Moskow, Stadion Luzhniki dan harus pulang dengan tangan hampa setelah pemuda berusia 20 tahun asal Kroasia, Nikola Vlasic mengoyak jala Keylor Navas pada menit ke-2.

cepat itu membuat Real Madrid kalang kabut menggempur gawang CSKA yang dikawal kiper timnas Rusia, Igor Akinfeev. El Real dengan pemain bintangnya sekelas Karim Benzema, Casemiro, Toni Kroos, Marco Asensio hingga dua pemain final Piala Dunia Rusia, Luka Modric dan Raphael Varane gagal menjebol gawang CSKA.

Baca Juga: Manchester United Ditahan Valencia, Jose Mourinho Tak Marah

Dilihat dari statistik pertandingan, penyelesaian akhir benar-benar menjadi pekerjaan rumah penting bagi pelatih Real Madrid, Julen Lopetegui. Di laga tadi malam saja Real Madrid hanya melesatkan empat tembakan terarah dari total 26 percobaan tembakan yang dilepaskan. Lalu kenapa Real Madrid bisa kalah melawan CSKA Moskow?

Berikut 3 alasan Real Madrid bisa dikalahkan CSKA Moskow:

1. Absennya Bale dan Isco

Baca Juga: Ikuti Jejak Ayahnya, Justin Kluivert Cetak Rekor Liga Champions

Reaksi Pemain Real Madrid, Luka Modric setelah dikalahkan CSKA Moscow di pekan kedua grup G Liga Champions di Stadion Luzhniki, Moscow (2/10/2018) (AFP)
Reaksi Pemain Real Madrid, Luka Modric setelah dikalahkan CSKA Moscow di pekan kedua grup G Liga Champions di Stadion Luzhniki, Moscow (2/10/2018) (AFP)

Real Madrid benar-benar kehilangan rohnya pada pertandingan itu, meski menguasai 73 persen penguasaan bola, mereka kehilangan peran playmaker yang mengatur ritme serangan.

Absennya Gareth Bale dan Isco sangat berpengaruh pada gaya serangan Real Madrid, banyak peluang yang hadir justru dari tendangan-tendangan spekulasi.

Peran Bale dan Isco yang digantikan oleh ''si bocah hilang'', Mariano Diaz gagal membuat permainan Real Madrid berkembang, tidak ada sodoran bola yang mengarah ke Karim Benzema sebagai ujung tombak.

Baca Juga: Kalah Lagi, Real Madrid Ulangi Tren Buruk 11 Tahun Silam

Tusukan dari sayap yang ditugaskan kepada Lucas Vazques dan Marco Asensio juga kurang efektif, keduanya kerap kali kehilangan bola begitu saja.

2. Tembok kokoh CSKA Moskow

Pemain CSKA Moscow, Mario Fernandes menekel Pemain Real Madrid, Marco Asensio di pekan kedua grup G Liga Champions di Stadion Luzhniki, Moscow (2/10/2018) (AFP)
Pemain CSKA Moscow, Mario Fernandes menekel Pemain Real Madrid, Marco Asensio di pekan kedua grup G Liga Champions di Stadion Luzhniki, Moscow (2/10/2018) (AFP)

Pelatih CSKA Moskow, Viktor Goncharenko memberanikan diri memasang empat bek (Nababkin, Chernov, Becao dan Mario Fernandes) ditambah dua gelandang bertahan (Jaka Bijol dan Ilzat Akhmetov) yang bermain di depan empat bek tersebut usai berhasil unggul cepat pada menit kedua.

Baca Juga: Keren! Egy Maulana Jadi Incaran Pencari Bakat Belanda

Strategi ini sukses membuat pemain lawan terkepung, Real Madrid kesulitan menembus enam pemain yang menjaga kedalaman CSKA Moskow, ditambah empat pemain lainnya yang cepat menutup pergerakan Real Madrid dari garis tengah.

Terbukti hanya empat tembakan yang mampu mengancam gawang CSKA Moskow dari 26 kali rentetan tembakan yang dilepaskan El Real. Igor Akinfeev juga tampil gemilang dengan dua penyelamatan penting dari tembakan Luka Modric dan Marco Asensio.

3. Julen Lopetegui terlalu banyak bereksperimen

Pemain Real Madrid, Sergio Reguilón (kiri) dan pemain CSKA Moscow, Mario Fernandes berebut bola pada laga pekan kedua grup G Liga Champions di Stadion Luzhniki, Moscow (2/10/2018) (AFP)
Pemain Real Madrid, Sergio Reguilón (kiri) dan pemain CSKA Moscow, Mario Fernandes berebut bola pada laga pekan kedua grup G Liga Champions di Stadion Luzhniki, Moscow (2/10/2018) (AFP)

Pelatih anyar Real Madrid, Julen Lopetegui hingga pekan ketujuh La Liga dan pekan kedua Liga Champions sepertinya belum menemukan formula yang pas terhadap Sergio Ramos cs.

Mantan pelatih timnas Spanyol itu terlalu berani merubah formula strategi dalam pemilihan pemain, Alvaro Odriozola semula diprediksi bakal menggantikan Marcelo yang absen, tapi Lopetegui punya taktik lain dengan menurunkan Sergio Reguilon untuk menjalani debut di Liga Champions.

Keputusan memarkirkan Luka Modric sejak menit awal membuat tak ada playmaker di lini tengah Real Madrid, Toni Kroos memang palymaker tapi ia butuh bantuan Modric untuk bisa mengembangkan permainan. Masuknya Modric pada menit ke-58 dinilai sudah terlambat.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak