Prediksi Brasil vs Belgia, Sejarah Ungkap Keunggulan Tim Samba

Pertemuan ini menjadi yang kelima bagi kedua kesebelasan. Belgia tercatat baru sekali menang atas Tim Samba.

Jum'at, 06 Juli 2018 | 19:59 WIB
Brasil vs Belgia. (Bolatimes.com)

Brasil vs Belgia. (Bolatimes.com)

Bolatimes.com - Pertarungan seru antara Brasil dan Belgia akan mewarnai salah satu pertandingan babak perempat final Piala Dunia 2018. Berikut prediksi laga Brasil vs Belgia yang berlangsung di Kazan Arena, Rusia, Sabtu (7/7) dini hari.

Pertemuan ini menjadi yang kelima bagi kedua kesebelasan. Belgia tercatat baru sekali menang atas Tim Samba. Kemenangan itu pun sudah lama sekali terjadi, yakni tahun 1963.

Selebihnya, Brasil yang terkenal tak pernah putus melahirkan generasi pemain sepak bola bertalenta tinggi, masih terlalu superior bagi pasukan Die Roten Teufel.

Baca Juga: Uruguay vs Prancis, Mbappe Siap Tancap Gas

Termasuk saat mereka menyingkirkan Belgia di babak 16 Besar Piala Dunia 2002. Kala itu, Brasil yang diperkuat para pemain bintang, di antaranya Ronaldo, Rivaldo dan Ronaldinho, menang meyakinkan dengan skor 2-0.

Striker Brasil, Ronaldo merayakan gol ke gawang Belgia di babak 16 besar Piala Dunia 2002. (AFP/Odd Andersen)
Striker Brasil, Ronaldo merayakan gol ke gawang Belgia di babak 16 besar Piala Dunia 2002. (AFP/Odd Andersen)

Dua gol Selecao dicetak Rivaldo dan Ronaldo. Brasil sendiri akhirnya keluar sebagai juara turnamen yang digelar di Korea Selatan dan Jepang tersebut.

Meski memiliki rekor bagus melawan Belgia, Neymar cs patut waspada. Sebab, skuat Belgia kini dihuni pemain bertabur bintang. Bahkan disebut-sebut sebagai generasi emas dari negeri tetangga Belanda tersebut.

Baca Juga: Deschamps: Uruguay Tak Cuma Cavani

Terlebih, dalam tiga perhelatan Piala Dunia terakhir, Brasil selalu takluk dari tim-tim Eropa di fase knock-out. Pada Piala Dunia 2006, Brasil kalah 0-1 dari Prancis pada babak perempat final. Berikutnya kalah dari Belanda 1-2 pada babak perempat final Piala Dunia 2010. Selanjutnya dilibas Jerman dengan skor menyakitkan 1-7 di semifinal.

Skema Permainan

Di pertandingan nanti, Brasil tidak akan diperkuat Casemiro akibat akumulasi kartu kuning yang diterima kala mereka mengalahkan Meksiko 2-0 di babak 16 Besar, 2 Juli lalu. Pelatih Timnas Brasil, Tite, telah menyiapkan Fernandinho untuk mengisi posisi yang ditinggalkan gelandang Real Madrid tersebut.

Baca Juga: Prediksi Uruguay vs Prancis, Duel Seru Striker Papan Atas

Kabar baik bagi Tite, bek kiri andalannya, Marcelo, sudah fit dan siap bermain. Begitu juga dengan sang bomber, Douglas Costa yang absen kala melawan Meksiko.

Berita menggembirakan ini membuat Tite kemungkinan besar tak harus banyak mengubah formasi permainan favoritnya, yakni 4-2-3-1. Sementara di pelatih Belgia, Roberto Martinez juga sepertinya akan tetap mengandalkan skema 3-4-2-1.

Mega bintang Brasil, Neymar melakukan latihan bersama rekan-rekannya jelang melawan Belgia di Kazan Arena. (AFP/Saeed Khan>
Mega bintang Brasil, Neymar melakukan latihan bersama rekan-rekannya jelang melawan Belgia di Kazan Arena. (AFP/Saeed Khan)

Jika menilik dari prediksi skema permainan yang akan diturunkan kedua tim. Pertarungan seru akan terjadi di lini tengah.

Berbahayanya barisan lini tengah yang dimiliki Brasil turut diamini bomber haus gol Belgia, Romelu Lukaku. "Saya pikir, secara serangan Brasil sangat kuat. Mereka memiliki pemain yang bisa membuat perbedaan, juga memiliki gelandang-gelandang yang berbahaya," ujar Lukaku.

Lebih lanjut, Lukaku mengisyaratkan siap memporak-porandakan benteng pertahanan Brasil yang kemungkinan dijaga kuartet Fagner, Thiago Silva, Miranda, dan Marcelo.

"Saya rasa barisan belakang mereka tetap bisa ditaklukkan, tapi anda tidak bisa menyerang dengan cara yang sama di setiap waktunya," tutur Lukaku dikutip dari Sportskeeda, Jumat (6/7/2018).

Para pemain Belgia berlatih jelang melawan Brasil di Kazan Arena. (AFP/Alexander Nemenov)
Para pemain Belgia berlatih jelang melawan Brasil di Kazan Arena. (AFP/Alexander Nemenov)

"Tiga dari empat bek mereka sangat berpengalaman. Jadi, Anda harus tahu betul bagaimana untuk menyerang. Kami telah melatih dan menyiapkan pola serangan yang berbeda," pungkas Lukaku.

Di lain pihak, Tite berharap timnya bisa terhindar dari drama adu penalti pada pertandingan nanti. "Adu penalti adalah sesuatu yang sangat sulit. Sebuah pertandingan sepakbola seharusnya tidak berakhir dengan adu penalti," kata Tite dalam konferensi pers jelang laga Brasil vs Belgia, Kamis (5/7/2018).

"Saya tidak melihat adu penalti sebagai sebuah hasil yang sesungguhnya. Seharusnya kita bisa menghindari hal itu," pungkas Tite.

Prakiraan Susunan Pemain

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Fagner, Thiago Silva, Miranda, Marcelo; Fernandinho, Paulinho; Willian, Philippe Coutinho, Neymar; Gabriel Jesus

Pelatih: Tite

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Vincent Kompany, Toby Alderweireld; Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Nacer Chadli, Thomas Meunier; Marouane Fellaini, Eden Hazard; Romelu Lukaku

Pelatih: Roberto Martinez

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak