Pebulu Tangkis Indonesia yang Raih Emas Olimpiade Termasuk Greysia/Apriyani

Ini daftar pebulu tangkis Indonesia yang meraih medali emas di Olimpiade.

Arif Budi Setyanto | BolaTimes.com
Senin, 02 Agustus 2021 | 19:30 WIB
Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu (kanan) dan Greysia Polii tampil di laga final ganda putri bulutangkis Olimpiade Tokyo melawan Jia Yifan / Chen Qingchen dari China di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021) siang WIB. [Pedro PARDO / AFP]

Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu (kanan) dan Greysia Polii tampil di laga final ganda putri bulutangkis Olimpiade Tokyo melawan Jia Yifan / Chen Qingchen dari China di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Jepang, Senin (2/8/2021) siang WIB. [Pedro PARDO / AFP]

Bolatimes.com - Greysia Polii/Apriyani Rahayu melengkapi prestasi apik Indonesia di cabor bulu tangkis Olimpiade. Sebelum Greysia/Apriyani, ada 11 pemain Indonesia yang pernah meraih medali emas di perhelatan Olimpiade.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan wakil China, Chen Qingchen/Jia Yi Fan pada Senin (2/8/2021).

Greysia/Apriyani sukses menang dua set langsung dari wakil China dengan skor 21-19 dan 21-15 dalam laga yang digelar di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Jepang.

Baca Juga: Mengenal Muamar Qadafi, Pelatih Kevin Cordon asal Indonesia

Hasil itu membuat Greysia/Apriyani meraih emas. Mereka juga mencetak sejarah sebagai ganda putri Indonesia pertama yang berhasil menggondol medali emas di sepanjang sejarah perhelatan Olimpiade.

Medali emas Greysia/Apriyani ini sekaligus emas pertama bagi Kontingen Indonesia di Olimpiade 2020 Tokyo.

Nah, jika merunut ke belakang cabang olahraga bulu tangkis memang merupakan salah satu ladang medali bagi wakil Indonesia. Tercatat sejak Olimpiade 1992 hingga terbaru ini, Indonesia selalu berhasil mendapatkan emas di Olimpiade, kecuali saat London 2012.

Baca Juga: Hadiah Gratis Parfum Seumur Hidup Menanti Ginting Jika Raih Medali Emas

Daftar pebulu tangkis Indonesia yang raih emas di Olimpiade, termasuk Greysia/Apriyani. (Twitter/@BadmintonTalk)
Daftar pebulu tangkis Indonesia yang raih emas di Olimpiade, termasuk Greysia/Apriyani. (Twitter/@BadmintonTalk)

Pertama di Olimpiade Barcelona 1992, dua wakil Indonesia , Susy Sysanti (tunggal putri) dan Alan Budikusuma (tunggal putra) sukses mempersembahkan emas.

Kemudian legenda ganda putra Indonesia, Rexy Mainaky/Ricky Subagja juga berhasil membawa pulang medali emas di Olimpiade Atlanta 1996.

Kesuksesan Rexy dan Ricky itu kemudian diteruskan oleh Tony Gunawan/Candra Wijaya yang juara di ganda putra Olimpiade Sydney 2000.

Baca Juga: Kabar Duka, Pemain Berdarah Indonesia Noah Gesser Meninggal usai Kecelakaan

Lanjut di edisi selanjutnya, legenda bulu tangkis Indonesia Taufik Hidayat menyabet emas di sektot tunggal putra Olimpiade Athena 2004.

Tren apik ganda putra Indonesia di Olimpiade kemudian berlanjut di Beijing 2008. Buktinya pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan.

Nah, ketika Olimpiade London 2012 wakil Indonesia memang gagal meraih medali emas. Bahkan Olimpiade itu bisa disebut yang tersial bagi Indonesia di cabor bulu tangkis karena sama sekali tak menyabet medali, meski ada enam wakil yang berangkat.

Baca Juga: Video Debut Bagus Kahfi Bersama Jong Utrecht

Selang empat tahun kemudian, barulah Indonesia berjaya lagi. Kini giliran ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang meraih medali emas Olimpiade.

Dan kini Greysia Polii/Apriyani Rahayu menyabet medali emas. Ganda putri ini menambahkan daftar prestasi panjang Indonesia di cabor bulu tangkis Olimpiade.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia langsung menatap balapan MotoGP 2024 seri selanjutnya di Sirkuit Amerika pada 12-14 April mendatang.

arena | 19:37 WIB

Meskipun tidak meraih kemenangan dalam sprint MotoGP Portugal 2024, Francesco Bagnaia dari tim Ducati tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Di hari kedua di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, dia bersaing dalam latihan bebas 2, kualifikasi

arena | 06:22 WIB

Marc Marquez mengakui, jika pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta menjadi satu di antara pesaing yang harus diwaspadai di MotoGP 2024.

arena | 13:01 WIB

Adapun jadwal siaran langsung MotoGP Portugal 2024, pada Sabtu (23/3/2024) akan memulai ajang Sprint Race pukul 22.00 WIB.

arena | 09:29 WIB

Pebalap Marco Bezzecchi berhasil menumbuhkan kepercayaan dirinya menjelang babak kualifikasi, balapan Sprint, dan balapan utama MotoGP Portugal, yang berlangsung di Sirkuit Algarve Portimao, akhir pekan ini.

arena | 09:04 WIB

Bagnaia menjadi bagian sukses baru Ducati, dan Marquez baru menjalani debut yang tergolong gemilang dengan motor dari pabrikan asal Italia itu.

arena | 11:21 WIB

Pebalap Jorge Martin bereaksi setelah hanya memimpin klasemen MotoGP 2024 dalam waktu singkat, pasca Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) keluar sebagai juara MotoGP Qatar.

arena | 11:06 WIB

Manajer tim Ducati Lenovo, Luigi Dall'Igna menilai strategi Francesco Bagnaia demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP 2024 karena berani mengambil risiko yang besar.

arena | 19:20 WIB

Mereka masing-masing finis di posisi kelima dan tujuh dalam Sprint Race MotoGP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail, pada Sabtu (9/3/2024).

arena | 11:49 WIB

Berstatus sebagai polesitter, Jorge Martin tampil dengan apik sejak lampu hijau dinyalakan pada balapan 11 lap di Sirkuit Internasional Lusai, Sabtu (10/3/2024).

arena | 11:29 WIB

Pebalap tim Prima Pramac, Jorge Martin merebut pole position perdana pada MotoGP 2024, usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.

arena | 09:46 WIB

Pebalap Alex Rins dan Fabio Quartararo mengakui, bahwa mereka kesulitan ketika berpacu di trek basah, pada sesi latihan bebas (FP) MotoGP Qatar, Jumat (8/3/2024).

arena | 09:29 WIB

Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia mengaku kecewa karena tak bisa tampil maksimal pada sesi latihan bebas MotoGP Qatar, yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, pada Jumat, (8/3/2024).

arena | 13:02 WIB

Sejumlah pebalap MotoGP, mulai dari sang juara dunia dua kali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga Marc Marquez (Gresini Racing) optimistis memulai musim 2024.

arena | 08:43 WIB

Pengumuman tersebut, disampaikan langsung tim Ducati Corse melalui media sosial X (Twitter) beberapa hari jelang gelaran MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar akhir pekan ini.

arena | 09:39 WIB

Hal tersebut, jelas menjadi kabar baik bagi tim pabrikan asal Jepang itu menjelang balapan perdana MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar pada Maret mendatang.

arena | 10:51 WIB

Pebalap Jorge Martin mengaku siap tancap gas untuk menjadi penantang sang juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) di MotoGP 2024.

arena | 10:26 WIB

Dua pebalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mengaku tak sabar untuk memulai balapan di MotoGP 2024. Adapun balapan perdana akan digelar di Sirkuit Internasional Lusail, dalam jadwal MotoGP Qatar 2024 dimulai pada 8-10 Maret.

arena | 08:32 WIB
Tampilkan lebih banyak