CEK FAKTA: Mengacu Pernyataan Cristiano Ronaldo, Benarkah Liga Arab Saudi Lebih Baik dari MLS?

Cristiano Ronaldo mengatakan bahwa Liga Arab Saudi lebih baik daripada MLS. Mari cek faktanya

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Selasa, 18 Juli 2023 | 13:00 WIB
Kapten Al Nassr, Cristiano Ronaldo merayakan gol hattrick-nya saat mengalahkan Damac di lanjutan Liga Arab Saudi, Sabtu (25/2/2023). (Twitter/@Cristiano)

Kapten Al Nassr, Cristiano Ronaldo merayakan gol hattrick-nya saat mengalahkan Damac di lanjutan Liga Arab Saudi, Sabtu (25/2/2023). (Twitter/@Cristiano)

Bolatimes.com - Cristiano Ronaldo kembali melontarkan komentar yang menarik perhatian publik usai menyebut Liga Arab Saudi lebih baik daripada Major League Soccer atau MLS.

Komentar ini menyusul jawaban Ronaldo saat ditanya soal ketertarikannya untuk menyusul Lionel Messi yang hijrah ke MLS untuk membela Inter Miami.

Dengan adanya Messi, MLS ingin lebih melebarkan sayap ke penjuru dunia, memperkenalkan sepakbola Amerika Serikat yang saat ini masih kalah populer ketimbang olahraga lain seperti basket, bisbol, atau american football.

Baca Juga: Profil Nagaworld FC, Klub Kamboja yang Dikabarkan Jadi Pelabuhan Baru Rafli Mursalim

Sebelum Messi, MLS memang sudah melebarkan sayap mereka dengan kedatangan pemain-pemain top Eropa seperti Wayne Rooney, David Beckham, Zlatan Ibrahimovic, Frank Lampard, hingga Gareth Bale.

Penjelasan

Di lain sisi, Liga Arab Saudi juga semakin berbenah dan memperluas jangkauan pasar mereka dengan datangnya para bintang sepak bola dunia.

Baca Juga: Tak Dilirik Shin Tae-yong, Eks Striker Timnas Indonesia U-19 Hijrah ke Liga Kamboja

Semua ini bermula ketika Cristiano Ronaldo datang ke Al Nassr pada musim dingin lalu. Nama besar Ronaldo langsung menjadi magnet buat para pecinta sepak bola dunia untuk melihat Liga Arab Saudi atau Saudi Pro League.

Dalam sebuah wawancara yang dilansir Football Espana, Ronaldo juga menyebut bahwa Liga Arab Saudi jauh lebih baik daripada MLS.

"Tidak," ujar Ronaldo ketika ditanya apakah akan mengikuti Messi ke MLS. "Saya rasa Arab jauh lebih baik ketimbang Amerika Serikat.

Baca Juga: Dicopot dari Jabatan Kapten, Chelsea Siap Boyong Harry Maguire dari Manchester United

“Saya yang membuka jalan untuk Liga Arab Saudi.. dan kini semua pemain ingin datang ke sini," Ronaldo menambahkan seperti dilansir Football Espana.

Fakta bahwa Ronaldo membuka gerbang Liga Arab Saudi untuk pemain-pemain Eropa memang benar adanya. Kini nama-nama macam Karim Benzema, N' Kante, Kalidou Koulibaly, Sergej Milinkovic-Savic hingga Roberto Firmino menyusul sang kapten Timnas Portugal itu. 

Kesimpulan

Baca Juga: Sudah Tak Sabar, Jordi Amat Tanya Siapa Lawan Timnas Indonesia Selanjutnya

Pendapat Ronaldo memang bersifat personal dan subjektif karena saat ini ia bermain bersama Al Nassr di Liga Arab Saudi. Namun beberapa fakta menunjukkan sebaliknya.

Menurut data Transfermarkt, saat ini MLS punya total nilai pasar mencapai 1,24 miliar euro. Angka ini jauh mengungguli Liga Arab Saudi yang cuma punya total harga pasar 461,45 juta euro.

Belum lagi fakta dari ranking kompetisi liga di dunia. MLS saat ini menduduki peringkat ke-56 liga terbaik di dunia dengan total poin 69,1.

Sementara Liga Arab Saudi atau Saudi Pro League menempati peringkat ke-68 sebagai liga terbaik di dunia dengan poin 66,7. Bahkan Liga Arab Saudi juga masih kalah dari J1 League yang menduduki peringkat ke-53 dunia.

Dengan penelusuran data yang dilakukan Bolatimes, pernyataan soal Liga Arab Saudi lebih baik dari MLS tidak bisa dibuktikan secara data.

Oleh karena itu, penilaian yang diberikan oleh Cristiano Ronaldo merupakan penilaian subjektif yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Dua legenda Persib Bandung, Sobur dan Iwan Sunarya mendoakan Pangeran Biru juara musim ini usai meraih kemenangan atas Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (20/4)

liga | 23:04 WIB

Persib Bandung tak bisa tampil dengan kekuatan penuh saatmenjamu Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-32 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (20/4). Selain akumulasi, sejumlah pemain diragukan tampil. Pelatih Bojan Hodak santai

liga | 13:08 WIB

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB
Tampilkan lebih banyak