Liga

4 Tim Serie A Italia yang Punya Stadion Sendiri, Tak Ada AS Roma apalagi Duo Milan

Memiliki sebuah stadion merupakan suatu kelangkaan bagi sederet klub Serie A

Irwan Febri Rialdi

Gelandang Juventus Nicolo Fagioli (tengah) melakukan selebrasi dengan penyerang Federico Chiesa (kanan) dalam pertandingan Liga Italia lawan Inter Milan di Allianz Stadium pada 7 November 2022. ANTARA/AFP/MIGUEL MEDINA
Gelandang Juventus Nicolo Fagioli (tengah) melakukan selebrasi dengan penyerang Federico Chiesa (kanan) dalam pertandingan Liga Italia lawan Inter Milan di Allianz Stadium pada 7 November 2022. ANTARA/AFP/MIGUEL MEDINA

Bolatimes.com - Memiliki sebuah stadion merupakan suatu kelangkaan bagi sederet klub Serie A Liga Italia, berbeda dengan klub-klub Premier League, La Liga atau Bundesliga dan Ligue 1.

Hanya empat tim dari 20 kontestan Liga Italia Serie A yang memiliki dan mengelola stadion sebagai markas mereka sendiri.

Kondisi ini tentu mengejutkan mengingat Liga Italia Serie A termasuk salah satu dari beberapa liga top Eropa hingga saat ini.

Lantas klub mana saja di Liga Italia Serie A yang memiliki stadion dan mengelolalanya secara mandiri? berikut di antaranya.

1. Udinese

Berdiri sejak 1976, Udinese merupakan klub Liga Italia pemilik Stadion Luigi Ferrari meski awalnya belum dikelola secara langsung oleh klub berjuluk Le Zebrete.

Barulah di tahun 2013, Udinese mengambil alih stadion dengan kapasitas mencapai 25.144 penonton, perihal nama hak stadion ini dijual ke perusahaan manufaktur asal Rumaia.

2. Atalanta Bergamo

Stadion ini awalnya bernama Stadio Mario Brumana, yang merupakan markas kebanggaan Atalanta Bergamo berdiri pada 1928.

Stadion milik Atalanta memiliki nama resmi Stadio Atleti Azzuri d'Italia, dengan kapasitas penonton sebanyak 21.747 kursi.

Meski berdiri sejak 1928, stadion ini baru dimiliki mandiri oleh Atalanta pada 2017 dan hak penamaan dijual ke pihak swasta.

3. Juventus

Si Nyonya Tua merupakan klub pertama Italia yang memiliki dan mengelola stadion mereka sendiri, dengan namanya saat ini Juventus Stadium.

Didirikan pada 2011 untuk menggantikan Stadio Delle Alpi yang dahulunya dimiliki oleh pemerintahan Italia, Juventus Stadium memiliki kapasitas sebanyak 41.507 penonton.

Hak nama stadion ini dijual ke perusahaan asal Jerman, sejak Juli 2017 penamaan stadion ini dikenal dengan nama Allianz Stadium.

4. Sassuolo

Merupakan rumah besar bagi dua klub Italia dengan nama Stadion Citta del Tricolore atau Mapei Stadium, markas dari Sassuolo dan Reggiana.

Pengelolaan stadion ini oleh kedua klub tersebut tanpa adanya campur tangan pemerintah, Sassuolo jelas menggunakan stadion berkapasitas 21.525 penonton.

Sementara Mapei Stadium baru dibangun pada 1995 dan baru dimiliki secara penuh oleh Sassuolo pada 2013 yang lalu.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini