Liga

Profil Khuat Van Khang, Wonderkid Vietnam yang Siap Tebar Ancaman di Piala AFF 2022

Khuat Van Khang jadi salah satu pemain Vietnam yang patut diwaspadai di Piala AFF 2022.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Vietnam, Khuat Van Khang. (Instagram/_vanwkhang_1105)
Pemain Timnas Vietnam, Khuat Van Khang. (Instagram/_vanwkhang_1105)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Khuat Van Khang, wonderkid timnas Vietnam yang wajib diwaspadai di gelaran Piala AFF 2022 mendatang.

Piala AFF 2022 akan bergulir dalam waktu dekat. Pesta sepak bola terakbar di Asia Tenggara ini sendiri dijadwalkan akan bergulir pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Pada ajang dua tahunan ini, 10 negara dipastikan akan berlaga. Sejauh ini, ke-10 negara ini telah mempersiapkan diri jelang bergulirnya ajang ini.

Salah satunya adalah Vietnam. Tim berjuluk The Golden Stars ini telah mempersiapkan diri dengan memanggil para pemain terbaiknya untuk bertanding.

Para pemain terbaik yang dipanggil tak hanya pemain berpengalaman saja, melainkan juga para pemain muda yang mulai menunjukkan kualitasnya.

Para pemain muda ini dipanggil karena diproyeksikan akan menjadi bintang masa depan Vietnam. Karenanya, Piala AFF 2022 ini dimaksudkan oleh sang pelatih, Park Hang-seo, untuk menambah jam terbang para wonderkid The Golden Stars.

Salah satu wonderkid yang dibawa adalah Khuat Van Khang. Pemain berusia 19 tahun ini menjadi pemain muda dari kubu Vietnam yang diprediksi akan bersinar di Piala AFF 2022 nanti.

Lantas, siapakah sosok Khuat Van Khang tersebut? Mengapa dirinya harus diwaspadai oleh kontestan-kontestan Piala AFF 2022? Berikut profilnya.

Pemain Timnas Vietnam, Khuat Van Khang. (Instagram/_vanwkhang_1105)
Pemain Timnas Vietnam, Khuat Van Khang. (Instagram/_vanwkhang_1105)

Calon Bintang Masa Depan Vietnam

Khuat Van Khang merupakan pemain muda yang diprediksi menjadi bintang masa depan Vietnam. Ia sendiri lahir pada 11 Mei 2003 silam di Hanoi.

Kiprahnya di kancah sepak bola dimulai pada usia 10 tahun atau pada 2013 silam. Saat itu ia bergabung salah satu klub papan atas Vietnam, Viettel.

Selama menimba ilmu di Viettel, bakat Khuat Van Khang terlihat dengan keberhasilannya menembus tim kelompok umur di atas usianya.

Hal ini kemudian menarik atensi nasional, sehingga membuatnya menembus tim nasional kelompok umur Vietnam.

Kiprah pertamanya di timnas Vietnam adalah dengan membawa tim U-15 The Golden Stars menjuarai Piala AFF U-15 pada 2017 dengan sumbangan satu gol.

Pada 2018, Khuat Van Khang bergabung di tim U-16 yang bermain di Piala AFF U-16. Nahas, ia gagal membawa Vietnam lolos fase grup.

Meski gagal, Khuat Van Khang menorehkan tinta emas di ajang ini, dengan mencetak gol indah dari tendangan bebas ke gawang Timnas Indonesia U-16.

Di usia yang baru 19 tahun, Khuat Van Khang kemudian bergabung tim U-20 dan tim U-23 Vietnam pada tahun 2020.

Ia menorehkan tinta emas kala melakoni debut di ajang Piala Asia U-23 2022 dengan menahan imbang Thailand dengan skor 2-2.

Lalu di laga kontra Korea Selatan di Piala Asia U-23 2022, Khuat Van Khang kembali diturunkan dan menjadi Man of the Match usai menahan imbang Taeguk Warriors muda.

Meski belum banyak mendapat kesempatan tim utama Viettel, Khuat Van Khang tetap berhasil menembus tim senior Vietnam.

Debutnya didapat pada September 2022 lalu, saat Vietnam beruji coba dengan Singapura. Di debutnya ini, Khuat Van Khang berhasil mencetak gol.

Karena debut apiknya itu, Khuat Van Khang kemudian dibawa Park Hang-seo ke Piala AFF 2022. Diharapkan ia bisa menimba pengalaman dan menjadi penerus seniornya, Nguyen Quang Hai, di masa depan.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini