Liga

Punya Arti Sama, Ini Perbedaan Istilah Soccer dan Football

Wajib tahu ini beda istilah soccer dan football.

Rauhanda Riyantama

Bola Telstar 18. (sumber: nss magazine).
Bola Telstar 18. (sumber: nss magazine).

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 tengah jadi perbincangan pecinta sepak bola dunia. Menariknya, ada istilah yang punya arti sama namu berbeda, yakni Soccer dan Football.

Dalam bahasa Indonesia, permainan bola kaki itu disebut sepak bola. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sepak bola adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Dalam bahasa Inggris, permainan sepak bola muncul dalam dua istilah yakni football dan soccer. Ternyata, kedua istilah ini memiliki makna yang tertentu.

Istilah Soccer

Dalam Oxford Dictionary, soccer memiliki terjemahan yakni permainan yang dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari sebelas pemain dengan bola bundar yang tidak boleh disentuh dengan tangan atau lengan selama bermain kecuali oleh penjaga gawang. Tujuan permainan ini adalah mencetak gol dengan cara menendang atau menyundul bola ke gawang lawan.

Sedangkan dalam Cambridge Dictionary, soccer permainan yang dimainkan antara dua tim yang terdiri dari sebelas orang , dimana masing-masing tim mencoba untuk menang dengan menendang bola ke gawang tim lain.

Istilah soccer ini banyak digunakan oleh penutur Bahasa Inggris aksen Amerika. Orang Amerika juga memiliki istilah football, tapi penggunaan kata tersebut digunakan untuk cabang olahraga lain dengan cara membawa bola dari titik awal ke dalam lapangan. Bedanya, jika sepak bola pemain dilarang keras menggunakan tangan, tapi football Amerika dilakukan dengan membawa bola menggunakan tangan.

Istilah Football

Melansir dari Oxford Dictionary, istilah football artinya yakni bola yang digunakan dalam sepak bola, baik oval (seperti dalam sepak bola Amerika) atau bulat (seperti dalam sepak bola), biasanya terbuat dari kulit atau plastik dan diisi dengan udara terkompresi.

Sedangkan dalam Cambridge Dictionary yakni permainan yang dimainkan antara dua tim yang terdiri dari sebelas orang , dimana masing-masing tim berusaha untuk menang dengan cara menendang bola ke gawang tim lawan.

Berdasarkan penjelasan di atas Oxford Dictionary menekankan permainan sepak bola lebih cocok menggunakan istilah soccer. Sedangkan istilah football merujuk pada bola yang digunakan.

Sedangkan menurut Cambridge Dictionary, soccer dan football memiliki pengertian yang sama. Penggunaannya pun dapat digunakan dalam gagasan yang sama.

Diketahui pula dalam Cambridge Dictionary, football merupakan istilah yang kerap digunakan di Inggris. Sedangkan soccer digunakan oleh masyarakat Amerika Serikat atau US.

Penggunaan ini terlihat saat fenomena adanya perbedaan istilah ini yang membuat asosiasi sepak bola Amerika Serikat menyepakati istilah resminya. Organisasi tersebut menamakan dirinya United States Soccer Football Association pada 1945.

Namun kemudian berubah menjadi United States Soccer Federation pada 1974 hingga kini. Oleh karena itulah istilah soccer lebih umum digunakan di Amerika Serikat.

Kontributor: Annisa Fianni Sisma

Berita Terkait

Berita Terkini