Liga

4 Pemain yang Tolak Gabung Timnas Inggris, Ada Bomber Manchester City

Siapa sangka, 4 pemain top pernah tolak pinangan untuk bela Timnas Inggris.

Rauhanda Riyantama

Erling Haaland cetak dua gol saat Manchester City kalahkan Brighton and Hove Albion 3-1. (AFP)
Erling Haaland cetak dua gol saat Manchester City kalahkan Brighton and Hove Albion 3-1. (AFP)

Bolatimes.com - Inggris merupakan salah satu negara besar di kancah sepak bola internasional. Hal ini juga didukung dengan munculnya Liga Inggris sebagai kompetisi paling glamor dan kompetitif.

Meski begitu, Inggris terbilang minim prestasi. Pencapaian mereka di Piala Dunia adalah menjadi kampiun di edisi 1966, selebihnya mereka tak bisa berbicara banyak.

Di pentas Euro, pencapaian terbaik Inggris adalah menjadi runner-up edisi 2020. Oleh karena itu, Inggris berupaya merekrut pemain-pemain keturunan.

Di antaranya ada Jack Grealish, Raheem Sterling, hingga Kyle Walker. Meski begitu, nyatanya ada beberapa pemain yang menolak bermain untuk Inggris meski mereka punya kesempatan untuk membela Tiga Singa.

Siapa saja pemain-pemain tersebut? Berikut ulasannya!

1. Mikel Arteta

Arteta ternyata hampir saja membela Inggris di tahun 2010. Hal itu karena Arteta sudah bermain di Inggris selama lima tahun, tepatnya di Everton.

Saat itu pelatih Inggris, Fabio Capello, berniat memanggil Arteta karena ada aturan FIFA yang memperbolehkan seorang pemain membela suatu negara ketika sudah lima tahun tinggal di sana.

Akan tetapi, FIFA menolak pengajuan itu sehingga Arteta memilih untuk mengurungkan niatnya membela Inggris. Selama berkarier, Arteta sendiri belum pernah memperkuat timnas senior Spanyol.

2. Gareth Bale

Bakat yang dimiliki oleh Bale sempat membuat Inggris ingin menjadikannya bagian dari skuad. Terlebih, dia juga sempat masuk skuad Great Britain untuk Olimpiade 2012.

Namun, Bale menolak kesempatan itu dan lebih memilih tetap membela Wales. Keputusannya cukup benar karena dia sukses membawa Wales lolos ke Piala Dunia 2022 yang menjadi Piala Dunia kedua Wales sejak 1958.

3. Jamal Musiala

Musiala menjadi rebutan timnas Inggris dan Jerman. Musiala yang lahir di Stuttgart punya ayah berdarah Inggris-Nigeria dan ibu Jerman hingga bisa membela dua negara tersebut.

Musiala sebetulnya sempat membela Inggris di kelompok umur, tapi pada akhirnya memilih untuk membela Jerman di timnas senior.

Keputusan untuk membela Jerman ini terbayar karena Musiala terpilih masuk skuad Jerman untuk Piala Dunia 2022. Dia menjadi pemain termuda di skuad Der Panzer.

4. Erling Haaland

Erling Haaland punya kesempatan untuk membela Inggris di level internasional karena dia lahir di Leeds saat ayahnya, Alf-Inge Haaland sedang membela Leeds United.

Haaland baru pindah ke Norwegia saat usianya 3 tahun. Penyerang Manchester City itu pun pada akhirnya memilih untuk membela Timnas Norwegia.

Sejauh ini pemain berusia 22 tahun tersebut sudah mengantongi 23 caps buat Norwegia dengan torehan 21 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini