Liga

Profil Oscar Arribas, Pemail di Liga Spanyol yang Diproyeksikan Bela Timnas Filipina di Piala AFF 2022

Mengenal sosok Oscar Arribas yang merumput di kasta kedua Liga Spanyol.

Rauhanda Riyantama

Oscar Arribas, pemain yang diproyeksikan perkuat Timnas Filipina di Piala AFF 2022. (Twitter)
Oscar Arribas, pemain yang diproyeksikan perkuat Timnas Filipina di Piala AFF 2022. (Twitter)

Bolatimes.com - Oscar Arribas dikonfirmasi akan masuk ke dalam skuad Timnas Filipina untuk mengarungi Piala AFF 2022 mendatang. Ini jelas suatu ancaman besar buat Timnas Indonesia.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia berada satu grup dengan Filipina di Grup A. Selain Filipina, ada Thailand, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Dikabarkan bahwa Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) telah mengirimkan surat panggilan pada pemain asal Spanyol, Oscar Arribas.

Menurut laporan Murcia Plaza, PFF mengundang Oscar Arribas untuk ke Filipina pada 13-19 November 2022. Kemungkinan besar, undangan itu dilakukan untuk membahas peluang Oscar Arribas tampil di Piala AFF 2022.

Menyusul pemanggilan tersebut, Oscar Arribas tak bisa memperkuat Cartagena FC dalam laga putaran pertama Copa del Rey 2022-2023 melawan Deportivo Alfaro.

Nama Oscar Arribas tak masuk dalam daftar susunan pemain Cartagena FC dalam laga yang berhasil dimenangkan dengan skor 1-0 pada Minggu (13/11/2022).

Bahkan menurut laporan The Asean Football di akun Instagram mereka, manajer tim Filipina Dan Palami telah memanggil 8 pemain aboard untuk memperkuat Filipina.

Nah, salah satu pemain aboard itu dipastikan adalah Oscar Arribas. Lantas, siapa sebetulnya pemain ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Oscar Arribas

Sosok dengan nama lengkap Oscar Arribas Pasero ini lahir di Madrid Spanyol pada 22 Oktober 1998. Dia punya darah Filipina dari sang kakek dari pihak ayah.

Karier sepak bolanya juga besar di Spanyol dengan bergabung bersama akademi Lugo Fuenlabrada di tahun 2012. Dua tahun di sana, Arribas pindah ke Alcorcon U-19.

Meski awalnya bermain di tim U-19, Oscar Arribas nyatanya tetap mampu menembus skuad utama Alcorcon dan bermain di La Liga 2 atau kasta kedua Liga Spanyol.

Dia melakoni debut buat tim utama Alcorcon pada 29 November 2016 di laga melawan Espanyol pada ajang Copa del Rey. Meski begitu, Arribas belum mendapat banyak kesempatan.

Kesempatan bermain secara reguler datang di musim 2019/20 di mana dia mencatatkan 33 penampilan untuk tim utama Alcorcon di semua kompetisi dengan torehan 6 gol dan 2 assist.

Kesempatan bermainnya semakin meningkat di dua musim berikutnya. Namun sayang, Arribas tak mampu menyelamatkan Alcorcon dari degradasi di musim 2021/22.

Alhasil, Oscar Arribas pindah ke klub La Liga 2 lainnya, FC Cartagena, pada Juli 2022. Dia menandatangani kontrak berdurasi satu tahun.

Sejauh musim 2022/23 berjalan, Arribas baru bermain sebanyak 10 kali di La Liga 2 dengan hanya mencetak 1 gol. Dia pun lebih sering bermain sebagai pemain pengganti.

Adapun di tingkat tim nasional, Oscar Arribas belum pernah memperkuat timnas manapun. Piala AFF 2022 diyakini bakal menjadi debutnya bersama Timnas Filipina.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini