Liga

Profil Gabriel Magalhaes, Penyelamat Arsenal di Laga Derby London Kontra Chelsea

Gabriel Magalhaes antarkan Arsenal pecundangi Chelsea.

Husna Rahmayunita

Selebrasi pemain Arsenal Gabriel Magalhaes usai jebol gawang Chelsea di lanjutan Liga Inggris. (AFP/Glyn Kirk)
Selebrasi pemain Arsenal Gabriel Magalhaes usai jebol gawang Chelsea di lanjutan Liga Inggris. (AFP/Glyn Kirk)

Bolatimes.com - Sosok Gabriel Magalhaes dielu-elukan pada laga Arsenal kontra Chelsea di lanjutan Liga Inggris , Minggu (6/11/2022).  Bek asal Brasil itu menjadi bintang kemenangan The Gunners.

Gabriel Magalhaes menjadi satu-satunya pencetak gol yang membawa Arsenal menang tipis dengan skor 1-0 atas Chelsea dalam duel bertajuk Derby London yang berlangsung di Stamford Bridge, Minggu malam.

Ia memecahkan kebuntuan pertandingan pada menit ke-63 memanfaatkan situasi sepak pojok kiriman Bukayo Saka yang mengecoh nyaris semua pemain di dalam kotak penalti Chelsea, hingga bek asal Brasil itu mendorong bola tepat di garis gawang.

Kemenangan ini sekaligus memastikan The Gunners merebut puncak klasemen sementara Liga Inggris 2022/2023 dari Manchester City.

Karena hasil positif di laga penuh gengsi ini, Gabriel Magalhaes layak mendapatkan apresiasi khusus karena sukses menjadi penentu kemenangan Arsenal atas Chelsea.

Profil Gabriel Magalhaes

 Gabriel Magalhaes merupakan pesepak bola yang berasal dari Sao Paulo, Brasil, dan lahir pada 19 Desember 1997. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini berusia 24 tahun.

Bek yang memiliki nama lengkap Gabriel dos Santos Magalhaes ini sudah mengawali perjuangannya berlatih sepak bola sejak usia 13 tahun bersama Avai, klub yang berbasis di Santa Catarina.

Namun, dia memutuskan untuk kembali ke Sao Paulo hanya dalam tempo sepakan karena merasakan kerinduan terhadap keluarga dan kampung halamannya.

Setelah itu, dia kembali ke Avai dan mulai bisa beradaptasi. Hingga akhirnya, pemain berpostur 190 cm ini mendapatkan kontrak profesional pertamanya di usia 16 tahun.

Pada tahun 2017, Gabriel Magalhaes menjadi salah satu pemain yang turut mengantarkan Avai promosi ke kasta tertinggi Liga Brasil alias Serie A.

Kiprah itulah yang membawanya ke Eropa. Gabriel kemudian direkrut oleh klub asal Prancis, Lille, pada 31 Januari 2017. Setelah semusim bermain di Lille B, dia akhirnya mendapat kesempatan debut di tim utama pada 2019.

Ketika itu, dia memainkan laga pertamanya pada 10 Februari 2019 setelah sempat menjalani masa pinjaman bersama Dinamo Zagreb selama semusim.

Sejak saat itu, dia sukses menjadi salah satu pemain penting Lille di sektor pertahanan. Berduet dengan Jose Fonte, Gabriel jadi sosok pemain andalan yang tampil reguler di lini belakang.

Pada 1 September 2020, Arsenal mengumumkan secara resmi kedatangan Gabriel Magalhaes dengan kontrak durasi panjang. The Gunners saat itu harus merogoh dana sebesar 27 juta pounds untuk merekrut pemain ini.

Belum sampai dua pekan sejak kedatangannya di London, Gabriel berhasil mencetak debut sekaligus mencatatkan satu gol saat Arsenal menang 3-0 atas Fulham pada Liga Inggris 2020-2021.

Sejak usia muda, Gabriel memang punya potensi besar sebagai seorang bek tangguh. Dia pernah memperkuat timnas Brasil U-20 di ajang Piala Amerika Selatan U-20 2017.

Tak hanya itu, dia juga pernah dipanggil untuk memperkuat timnas Brasil U-23. Namun, sampai saat ini belum mendapat panggilan dari timnas senior.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini