Liga

Profil Reiss Nelson, Pemain yang Bikin Kejutan di Laga Arsenal versus Nottingham Forest

Namanya melejit usai bawa Arsenal menang telak.

Husna Rahmayunita

Winger Arsenal, Reiss Nelson (kiri) merayakan golnya ke gawang Nottingham Forest pada laga Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Inggris, Minggu (30/10/2022) malam WIB. [AFP]
Winger Arsenal, Reiss Nelson (kiri) merayakan golnya ke gawang Nottingham Forest pada laga Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Inggris, Minggu (30/10/2022) malam WIB. [AFP]

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Reiss Nelson, pemain muda yang mampu membawa Arsenal menggilas Nottingham Forest dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023.

Arsenal patut berterima kasih kepada pemain mudanya, Reiss Nelson, saat melakoni pekan ke-14 Liga Inggris 2022/2023 kala menjamu Nottingham Forest, Minggu (30/10).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Emirates itu, Arsenal mampu menggilas Nottingham Forest dengan skor telak, yakni 5-0.

Kemenangan meyakinkan Arsenal ini tak lepas dari sosok Reiss Nelson. Pemain berusia 22 tahun itu mampu menyumbangkan dua gol dan satu assist dalam kemenangan The Gunners ini.

Sumbangsih itu terbilang menakjubkan, mengingat Reiss Nelson bermain sebagai pemain pengganti di laga tersebut.

Ia baru masuk di menit ke-27 menggantikan bintang Arsenal, Bukayo Saka yang mengalami cedera engkel di tengah-tengah pertandingan.

Menggantikan pemain dengan peran vital seperti Bukayo Saka nyatanya tak membuat Reiss Nelson gentar. Ia berhasil mencetak gol di menit ke-49 dan ke-52 serta memberi assist untuk gol Thomas Partey.

Karena sumbangsih ini, namanya pun melejit dan menjadi perbincangan banyak pecinta sepak bola, terutama para penikmat Liga Inggris.

Berikut profil Reiss Nelson

Jebolan Akademi Arsenal

Reiss Nelson merupakan pemain jebolan akademi Arsenal yang lahir di London, Inggris, tepatnya pada 10 Desember 1999 atau 22 tahun silam.

Meski lahir dan besar di Inggris, Reiss Nelson tumbuh di tengah keluarga Zimbabwe. Diketahui ayahnya merupakan imigran dari negara tersebut dan ibunya merupakan penduduk lokal Inggris.

Masa kecil Reiss Nelson sendiri tak lepas dari sepak bola. Sejak kecil, ia dan temannya, Jadon Sancho, sudah menggeluti si kulit bundar.

Namun, Reiss Nelson memilih bergabung akademi Arsenal di usia 9 tahun. sejak saat itu bakatnya terasah dan mulai berhasil naik kelas.

Karena penampilannya di akademi, eks pelatih Arsenal, Arsene Wenger, sempat memasukkannya ke tim utama saat The Gunners menjalani pramusim sebelum musim 2017/2018 dibuka.

Ia pun kemudian melakoni debutnya bersama Arsenal di pramusim saat melawan Bayern Munich. Tak lama berselang, ia melakoni debut kompetitif bersama The Gunners kala melawan Chelsea di Community Shield.

Kiprahnya tersebut kemudian membuat Reiss Nelson dipercaya tampil di Liga Europa dan Liga Inggris pada musim 2017/2018.

Namun keputusan diambil Arsenal di tahun 2018 untuk meminjamkannya ke Hoffenheim selama satu musim penuh di musim 2018/2019.

Peminjaman ini berbuah manis bagi Reiss Nelson yang mampu tampil apik dan dengan melesakkan tujuh gol dari 23 pertandingan di Bundesliga Jerman 2018/2019.

Hal tersebut membuat Arsenal memulangkannya dan memasukkannya ke tim utama pada musim 2019/2020. Sayangnya, Reiss Nelson tak mendapat banyak kesempatan hingga musim 2020/2021.

Alhasil ia kembali menjalani peminjaman di Feyenoord Rotterdam, di mana Reiss Nelson membawa timnya lolos ke final UEFA Conference League 2021/2022.

Peminjaman yang terbilang berhasil itu lantas membuat Mikel Arteta memasukkannya ke skuad utama musim ini untuk menambah kedalaman skuad.

Namun cederanya Bukayo Saka nampaknya memberi angin segar pada Reiss Nelson yang bisa saja menjadi andalan Arsenal dan Arteta.

Terlebih dengan performa apiknya yang membantu Arsenal kembali ke puncak klasemen kala membantai Nottingham Forest dengan skor 5-0.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini