Liga

Comeback ke Liga Inggris, Unai Emery Resmi Gabung Aston Villa

Unai Emery cukup sukses bersama Villarreal. Tahun lalu, ia bawa klub itu ke semifinal Liga Champions

Irwan Febri Rialdi

Manajer Arsenal, Unai Emery. (Ian Kington/AFP).
Manajer Arsenal, Unai Emery. (Ian Kington/AFP).

Bolatimes.com - Unai Emery akan kembali ke Liga Inggris. Sempat menakhodai Arsenal, ia kini menjadi pelatih kepala Aston Villa yang baru, umum klub Inggris itu seperti dikutip AFP, Selasa (25/10/2022).

Pelatih itu meninggalkan posisinya sebagai manajer Villarreal di Liga Spanyol guna menggantikan Steven Gerrard yang pekan lalu dipecat setelah Villa kalah 0-3 melawan Fulham.

"Aston Villa dengan senang hati mengumumkan penunjukan Unai Emery sebagai pelatih kepala yang baru," kata klub Midlands itu.

Villa menyebut Emery "pelatih tingkat atas yang sangat berpengalaman yang sudah mengelola lebih dari 900 pertandingan."

Pelatih berusia 50 tahun itu memimpin Villarreal merengkuh sukses Liga Europa pada 2021 setelah mengalahkan Manchester United dalam final sebelum membawa klub Spanyol itu ke semifinal Liga Champions musim lalu untuk kalah melawan Liverpool.

Sebelumnya dia juga membawa Sevilla meraih tiga gelar juara Liga Europa berturut-turut dalam kurun waktu 2013 - 2016, kemudian mengangkat trofi Ligue 1 Prancis bersama Paris Saint-Germain.

Selama menukangi Arsenal dia memimpin The Gunners ke final Liga Europa 2019 di mana mereka tunduk 1-4 kepada Chelsea.

Villa mengatakan Emery yang akan habis kontrak dengan Villarreal akhir musim ini, akan mulai bertugas 1 November setelah masalah izin kerja selesai.

Ini akan menjadi tugas kedua Emery di Liga Premier setelah mengelola Arsenal selama 18 bulan sebelum dipecat karena tujuh kali kalah berturut-turut.

Gerrard tertimpa sial akibat awal musim yang buruk yang diderita Villa yang sempat mendekam satu tempat di atas zona degradasi Liga Premier.

Villa hanya memenangkan dua dari 11 pertandingan liganya musim ini. Kekalahan mereka di Craven Cottage pekan lalu membuat hierarki klub tak memiliki pilihan selain memecat Gerrard setelah bertugas selama sebelas bulan.

Villarreal mengatakan Emery akan mengadakan konferensi pers perpisahan di tempat latihan klub pada Selasa.

"Pelatih kepala Unai Emery telah memberi tahu Villareal CF mengenai keputusannya yang sepihak mengakhiri kontraknya dengan klub ini," kata Villarreal.

"Emery tercatat dalam sejarah Villarreal CF karena menjadi pelatih pertama yang memenangkan gelar bersama klub ini, yakni Liga Europa UEFA, serta pencapaian bersejarah mencapai semifinal Liga Champions tahun lalu."

"Villarreal CF berterima kasih kepada Unai Emery atas kerja yang telah dia lakukan dan mendoakan yang terbaik selama kariernya," pungkas Villarreal.

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini