Liga

Erling Haaland Absen di Laga FC Copenhagen vs Manchester City, Pep Guardiola Ungkap Sebabnya

Erling Halaand diparkir Guardiola.

Husna Rahmayunita

Erling Haaland saat Manchester City lawan Bayern Munchen di laga pramusim Minggu (24/7/2022). (AFP/Kamil Krzaczynski)
Erling Haaland saat Manchester City lawan Bayern Munchen di laga pramusim Minggu (24/7/2022). (AFP/Kamil Krzaczynski)

Bolatimes.com - Bomber Manchester City Erling Haaland tak dimainkan saat bersua FC Copenhagen di Liga Champions. Pep Guardiola pun membongkar alasannya.

Pep Guardiola memilih Julian Alvarez untuk mengisi posisi penyerang tengah menggantikan Erling Haaland pada Laga FC Copenhagen vs Manchester City tersaji dalam matchday keempat Grup G Champions League 2022-2023, Rabu (12/10/2022) dini hari WIB.

Pertandingan tersebut berakhir imbang tanpa gol. Man City memang tetap banyak menciptakan peluang dalam laga ini yakni 14, tetapi lini depan mereka begitu tumpul dengan hanya mampu membuat empat tembakkan ke arah gawang.

Bahkan, dua gol Manchester City dalam laga ini harus dianulir wasit. Gol Rodri pada menit ke-11 dianggap tidak sah karena handball.

Sementara Riyad Mahrez tak mampu memanfaatkan hadiah penalti menjadi gol setelah tendangannya mampu dibaca kiper Copenhagen Kamil Grabara pada menit ke-25.

Kesialan Manchester City pun berlanjut lima menit berselang. Bek sayap kiri merka, Sergio Gomez mendapat kartu merah langsung setelah melakukan pelanggaran keras.

Kekacauan dalam tubuh Man City salah satunya tak lepas dari ketiadaan Erling Haaland di atas lapangan, yang sejauh ini begitu klinis dalam mengonversi peluang menjadi gol.

Pasca laga, Pep Guardiola pun menjabarkan alasan tak memainkan Erling Haaland dalam laga ini. Dia mengaku sang pemain kelelahan dan staf pelatih tak ingin ambil risiko untuk tetap menurunkannya.

"Dia menyelesaikan pertandingan melawan Southampton begitu, sangat lelah dan tidak pulih dengan baik. Kemarin tidak bagus, hari ini sedikit lebih baik tetapi tidak sempurna jadi kami memutuskan untuk tidak mengambil risiko," kata Guardiola tentang Haaland.

Selain itu, rotasi pemain yang dilakukan Guardiola juga tak lepas dari jadwal padat yang menunggu Manchester City. Usai laga ini, mereka sudah ditunggu Liverpool dalam matchday pekan ke-11 Liga Inggris di Afnield pada 16 Oktober mendatang.

"Saya memikirkan [tingkat energi] tetapi banyak pemain tidak memulai karena mereka kelelahan. Phil [Foden] memiliki masalah. Bernardo memberi tahu kami bahwa dia sangat lelah. Kami memainkan pemain yang merasa lebih baik," tambahnya sebagaimana dikutip dari Manchester Evening News.

Meski cuma bermain imbang, Manchester City tetap sukses mengamankan satu tiket ke babak 16 besar Champions League 2022/2023.

Hasil imbang kontra Copenhagen tak mengubah posisi The Citizen di puncak klasemen. Man City kini mengoleksi 10 poin dari empat pertandingan, sedangkan Copenhagen di posisi ketiga dengan dua poin.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini