Liga

3 Buangan Manchester United yang Bawa AS Roma Juara Conference League

Mereka pasti mensyukuri kepergiannya dari Manchester United, jika tidak ketiga nama ini bisa terus puasa trofi

Irwan Febri Rialdi

Penampilan Chris Smalling saat membela AS Roma. (ANDREAS SOLARO / AFP)
Penampilan Chris Smalling saat membela AS Roma. (ANDREAS SOLARO / AFP)

Bolatimes.com - Ada sederet sosok buangan Manchester United yang justru bernasib mujur dengan membawa AS Roma menjadi kampiun Conference League atau Liga Konferensi Eropa 2021/22.

AS Roma keluar sebagai juara Liga Konferensi edisi perdana setelah menaklukkan Feyenoord di babak final pada Kamis (26/5/2022) dini hari WIB.

Adalah gol semata wayang dari Nicolo Zaniolo pada menit ke-32 yang membawa Giallorossi menjadi juara. Selain Zaniolo, yang menarik di sini adalah hadirnya 3 pemain eks Man United.

Ya, ketiga sosok ini merupakan sosok-sosok yang terbuang dari skuad The Red Devils dan mencari peruntungan dengan pindah ke AS Roma.

Siapa saja buangan Manchester United yang kini berhasil sukses di AS Roma? Berikut ulasannya.

1. Jose Mourinho

Sosok buangan Manchester United yang pertama adalah sang pelatih AS Roma, Jose Mourinho. The Special One dipecat oleh 'Iblis Merah' pada 2018 silam.

Padahal saat menukangi Man United, Jose Mourinho sukses memberikan sederet trofi mulai dari Piala Liga Inggris hingga paling bergengsi, Liga Europa.

Setelah sempat berkelana ke beberapa klub, Mourinho menjadi pelatih AS Roma mulai musim 2021/22. Di sini, Mourinho sukses menjadi pelatih pertama yang memenangi semua kompetisi antarklub Eropa, mulai dari Liga Champions, Liga Europa, hingga terbaru Liga Konferensi.

2. Chris Smalling

Pemain buangan berikut dari Manchester United adalah bek asal Inggris, Chris Smalling. Dia adalah bek senior yang bakatnya ditemukan oleh Sir Alex Ferguson.

Sudah bergabung dengan Man United sejak 2010, Smalling berjasa membawa sederet trofi juara mulai dari Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga Inggris, Community Shield, hingga Liga Europa.

Namun, dia mulai dibuang dengan dipinjamkan ke Roma pada musim 2019/20. Smalling ternyata betah dan Roma akhirnya mempermanenkan jasa Smalling semusim berselang.

Selama tiga musim di klub Ibu Kota Italia ini, Smalling sudah mencatatkan 96 penampilan lintas ajang dan kini membawa Roma sebagai kampiun Liga Konferensi.

3. Henrikh Mkhitaryan

Terakhir ada pemain asal Armenia, Henrikh Mkhitaryan, yang juga dibuang oleh Manchester United. Dia didatangkan pada 2016 dari Borussia Dortmund dengan biaya 27 juta poundsterling.

Namun, cuma satu setengah musim di sana, Mkhitaryan dijadikan 'alat' tukar untuk Alexis Sanchez ke Arsenal. Padahal, Mkhitaryan tampil apik pada musim perdananya di Old Trafford dengan mencetak 11 gol dan memberi gelar Liga Europa.

Di Arsenal nasib Mkhitaryan pun tidak terlalu baik, dia lalu dipinjamkan ke Roma pada musim 2019/20. Satu tahun kemudian dia resmi pindah ke Roma dengan status permanen.

Di AS Roma, Mkhitaryan seolah menemukan lagi permainan terbaiknya. Dia sudah tampil 117 kali di semua kompetisi dengan mencetak 29 gol dan memberi gelar Liga Konferensi Eropa buat AS Roma.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini