Liga

Mengenal Todd Boehly, Pemilik Baru Chelsea dari Amerika Serikat

Todd Boehly resmi membeli Chelsea. Lantas, siapa dia?

Irwan Febri Rialdi

Potret pemilik baru Chelsea, Todd Boehly. (AFP)
Potret pemilik baru Chelsea, Todd Boehly. (AFP)

Bolatimes.com - Mengenal Todd Boehly, pemilik baru Chelsea dari Amerika Serikat. Seperti diketahui, Todd Boehly resmi mengambil alih kepemilikan tim dari taipan asal Rusia, Roman Abramovich.

Todd Boehly merupakan pengusaha asal Amerika Serikat. Dia tak asing dengan bisnis di dunia olahraga karena saat ini pun tercatat sebagai pemilik tim bisbol Los Angeles Dodgers.

Todd Boehly memimpin konsorsium pemilik baru Chelsea yang juga berisikan Clearlake Capital, pengusaha AS lainnya Mark Walter, dan pebisnis Swiss Hansjoerg Wyss.

Kelompok tersebut telah diizinkan oleh pemerintah Inggris menjadi pemilik baru Chelsea, setelah mereka membekukan aset-aset milik Abramovich sebagai sanksi atas agresi militer Rusia ke Ukraina sejak pengujung Februari lalu.

Situs resmi Chelsea menyatakan 2,5 miliar poundsterling (sekira Rp44,7 triliun) dari total investasi kelompok pemilik baru tersebut akan dialokasikan untuk membeli 100 persen saham klub.

Keuntungannya akan ditransfer ke rekening bank Inggris milik Abramovich yang dibekukan dan seluruhnya bakal didonasikan ke yayasan amal pilihan taipan Rusia tersebut.

Logo Chelsea di Stamford Bridge. [AFP]
Logo Chelsea di Stamford Bridge. [AFP]

Pemilik baru Chelsea pimpinan Boehly juga telah berkomitmen investasi tambahan sebesar 1,75 miliar poundsterling (sekira Rp31,3 triliun) untuk berbagai kebutuhan pengembangan klub.

Siapa Todd Boehly?

Melansir Marca, pemilik baru Chelsea mungkin merupakan nama baru bagi banyak orang di dunia sepak bola, tetapi dia adalah wajah yang lebih akrab bagi penggemar olahraga Amerika.

Boehly sudah menjadi pemilik sebagian dari Los Angeles Lakers dan Los Angeles Dodgers. Dia memegang 27 persen saham di Lakers dan 20 persen di Dodgers.

Ini juga bukan pertama kalinya dia menunjukkan minat pada sepak bola, dengan laporan menunjukkan bahwa dia mencoba membeli klub London Barat itu pada tahun 2019.

Sanksi yang diambil terhadap Roman Abramovich setelah invasi Rusia ke Ukraina, bagaimanapun, memberinya kesempatan untuk akhirnya mengambil alih Chelsea.

Kunci sukses Todd Boehly

Boehly, seorang pengusaha sukses, sebelumnya telah mengungkapkan beberapa strategi dan kunci kesuksesannya.

"Saat saya bernegosiasi, tujuannya bukan untuk mendapatkan kesepakatan terbaik untuk diri saya sendiri tetapi untuk semua pihak," kata Boehly pada reuni sekolah di Maryland pada masa lalu, seperti dikutip dari Daily Mail.

"Kebanyakan orang mencoba memeras setiap sen untuk diri mereka sendiri. Strategi itu memberi mereka lebih banyak uang pada satu kesepakatan tertentu, tetapi itu tidak membangun kepercayaan atau hubungan jangka panjang."

Setelah lulus dengan gelar di bidang keuangan, karir Boehly dimulai sebagai CS First Boston di New York pada tahun 1996, sebuah divisi dari Credit Suisse. Dia kemudian pindah ke JH Witney & Co dan kemudian ke Guggenheim Partners pada tahun 2001.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini