Liga

Profil Darwin Nunez, Pemain Benfica yang Dipuji Jurgen Klopp dan Jadi Rebutan Klub Eropa

Darwin Nunez panen sanjungan.

Husna Rahmayunita

Penyerang Benfica, Darwin Nunez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool pada laga perempatfinal Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (14/4/2022) pagi WIB. [Paul ELLIS / AFP]
Penyerang Benfica, Darwin Nunez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool pada laga perempatfinal Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis (14/4/2022) pagi WIB. [Paul ELLIS / AFP]

Bolatimes.com - Penampilan impresif striker Benfica, Darwin Nunez, di ajang Liga Champions 2021/2022 mengundang pujian hingga minat klub-klub besar di Eropa.

Bahkan, performa apik Darwin Nunez saat Benfica menghadapi Liverpool pada babak perempat final Liga Champions 2021/2022 turut dipuji setinggi langit oleh Jurgen Klopp.

Darwin Nunez mencetak satu gol ketika Benfica ditahan imbang Liverpool ada leg kedua babak perempat final yang berlangsung Kamis (14/4/2022) dini hari WIB.

Seusai pertandingan, Jurgen Klopp tak bisa menutupi kekagumannya atas penampilan dan bakat yang dimiliki oleh Darwin Nunez.

“Dia anak yang tampan ya. Permainannya juga bagus. Dia sangat, sangat bagus. Saya melihat bagaimana die berduel dengan Konate. Dia kuat, larinya juga cepat,” kata Klopp dikutip dari Sky Sports.

“Penyelesaian akhirnya juga sangat tenang dan bagus. Jika dia terus menjaga kondisinya, maka dia akan membuat karier cemerlang di masa depan,” ia melanjutkan.

Profil Darwin Nunez

Striker Benfica, Darwin Nunez. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]
Striker Benfica, Darwin Nunez. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Darwin Nunez merupakan pesepak bola asal Uruguay yang lahir di Artigas pada 24 Juni 1999. Posisi bermainnya ialah sebagai striker.

Saat berusia muda, Darwin Nunez berlatih bersama sejumlah akademi seperti La Luz hingga San Miguel de Artigas. Ia lalu pindah ke akademi milik Penarol hingga dipromosikan ke tim utama pada 2017.

Setelah dua musim bermain bersama Penarol, yakni tahun 2017 hingga 2019, Darwin Nunez diangkut klub kasta kedua Liga Spanyol alias Segunda Division, Almeria.

Bersama Almeira, Nunez sukses melejit di jajaran pencetak gol terbanyak di kasta kedua Liga Spanyol dengan koleksi 16 gol. 

Akibat catatan gol impresif itulah, Benfica memboyongnya pada tahun 2020 hingga memecahkan rekor transfer klub. Sebab, biayanya mencapai 24 juta euro.

Angka ini menjadi salah satu biaya transfer yang terbesar dalam sejarah sepak bola Portugal. Pada transfer itu, Nunez meneken kontrak berdurasi lima tahun.

Performa Nunez pada awal musimnya di Liga Portugal bersama Benfica memang tak terlalu buruk. Dia sukses mencetak enam gol dan sepuluh assist di kompetisi.

Jumlah ini terhitung impresif karena pemain berusia 22 tahun ini sempat menepi selama tiga pekan karena terpapar Covid-19. Ia juga sempat dibekap cedera hingga absen mencetak gol selama empat bulan.

Pada musim 2021/2022, Nunez harus sedikit bersabar. Sebab, ia harus melewatkan lima bulan pertama bersama Benfica karena harus menjalani operasi lutut.

Ia baru bisa kembali ke lapangan pada 21 Agustus 2021 sejak lima bulan beristirahat. Sejak saat itu, ia menjadi andalan Benfica, baik di Liga Portugal maupun Liga Champions.

Di level tim nasional, Nunez sudah muncul sebagai andalan Uruguay sejak di kelompok usia U-20. Saat itu, ia tampil di ajang Piala Amerika Selatan U-20 dan Piala Dunia U-20 2019.

Sementara itu, dia juga mendapat kesempatan untuk memperkuat timnas senior sejak tahun 2019. Debutnya tercatat pada laga uji coba melawan Peru pada 16 Oktober 2019.

Karena performa impresifnya bersama Benfica di musim ini, tak berlebihan bila Nunez diincar klub-klub besar Eropa seperti Manchester United hingga Liverpool.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini