Prediksi 5 Calon Juara Liga Champions Musim 2021/2022, Tak Cuma Manchester City

Prediksi calon kampiun Liga Champions, tak ada Manchester United.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Selasa, 15 Februari 2022 | 16:31 WIB
Manchester City sukses mengalahkan Brentford 2-0 dalam lanjutan Liga Inggris. (PAUL ELLIS / AFP)

Manchester City sukses mengalahkan Brentford 2-0 dalam lanjutan Liga Inggris. (PAUL ELLIS / AFP)

Bolatimes.com - Babak 16 besar Liga Champions 2021/22 akan bergulir dalam waktu dekat. Jika melihat duel-duel yang bakal tersaji di fase ini, siapa saja klub yang masuk dalam kandidat juara ajang ini?

Babak 16 besar Liga Champions 2021/22 akan melangsungkan leg pertama mulai Rabu (16/02/22) WIB, di mana laga pembuka akan menampilkan duel Big Match antara Paris Saint-Germain vs Real Madrid.

Laga PSG vs Real Madrid sendiri diibaratkan sebagai final kepagian, mengingat sejak fase grup kedua klub ini digadang-gadang akan menjadi calon juara.

Baca Juga: Susul Timnas Indonesia, Myanmar U-23 Mundur dari AFF U-23 2022

Selain final kepagian yang tercipta di laga PSG vs Real Madrid, final kepagian lainnya juga tercipta saat Inter Milan menjamu Liverpool dan Atletico Madrid menjamu Manchester United.

Banyaknya duel Big Match di babak 16 besar Liga Champions ini tak ayal membuat beberapa klub papan atas bisa saja tersingkir lebih awal, sehingga persaingan untuk menjadi juara pun terkesan akan jauh lebih mudah bagi tim besar lainnya.

Berbicara soal peluang menjadi juara Liga Champions, sebuat Platform bernama Five Thirty Eight melakukan analisa tentang siapakah yang akan menjadi juara ajang tersebut musim ini.

Baca Juga: Tak Pernah Umbar Foto Bersama Wanita, Sadio Mane Dikabarkan Sudah Menikah

Analisa ini dilakukan secara kompleks, di mana Five Thirty Eight menganalisa data dari sepak terjang suatu tim di musim ini dan probabilitas suatu tim bisa keluar sebagai juara Liga Champions dari lawan yang dihadapi di babak 16 besar.

Tak disangka, analisa ini melahirkan lima tim yang berpotensi menjadi juara Liga Champions 2021/22. Tim mana sajakah itu?

1. Manchester City (25 persen)

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik Jelang Duel PSG vs Real Madrid, Final Kepagian di Liga Champions

Aksi Jack Grealish mencetak gol perdana di Manchester City. (ADRIAN DENNIS / AFP)
Aksi Jack Grealish mencetak gol perdana di Manchester City. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Manchester City bisa saja menuntaskan dahaganya menjuarai Liga Champions di musim ini. Five Thirty Eight menaruh The Cityzens sebagai klub dengan peluang menjadi juara paling besar.

Platform tersebut menaruh Man City di puncak dengan probabilitas sebesar 25 persen. Persentase tersebut didapatkan dari performa anak asuh Pep Guardiola di musim ini.

Di kancah domestik yakni Premier League, Man City duduk nyaman di puncak klasemen sementara dan unggul 9 poin dari Liverpool.

Baca Juga: Sempat Terhenti, Laga Brasil vs Argentina Diminta Digelar Kembali

Lalu di babak 16 besar Liga Champions, Man City ‘hanya’ akan bersua Sporting CP, klub yang dianggap semenjana di panggung Eropa.

2. Bayern Munich (20 persen)

Roy Makaay melakukan selebrasi bersama pemain Bayern Munich usai cetak gol tercepat sepanjang sejarah Liga Champions ke gawang Real Madrid. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
Roy Makaay melakukan selebrasi bersama pemain Bayern Munich usai cetak gol tercepat sepanjang sejarah Liga Champions ke gawang Real Madrid. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Kandidat kuat kedua yang berpotensi menjadi juara Liga Champions musim ini adalah Bayern Munich. Probabilitas Die Roten menjadi juara berada di angka 20 persen.

Persentase tersebut didapat dari performa anak asuh Julian Nagelsmann di musim ini yang dominan di Bundesliga Jerman dan Liga Champions.

Bayern Munich unggul enam poin atas Borussia Dortmund di kancah Bundesliga. Selain itu, di babak grup Liga Champions musim ini, FC Hollywood tercatat sebagai klub tersubur dengan mencetak 22 gol.

Di babak 16 besar sendiri, Bayern Munich akan berhadapan dengan tim yang tergolong lemah, yakni RB Salzburg dari Austria.

3. Liverpool (14 persen)

Striker Liverpool asal Portugal Diogo Jota (kanan) merayakan gol kedua timnya dalam laga leg kedua semifinal Piala Liga Inggris antara Arsenal vs Liverpool di Stadion Emirates, London pada 21 Januari 2022. Liverpool memenangkan pertandingan 2-0 . JUSTIN TALLIS / AFP
Striker Liverpool asal Portugal Diogo Jota (kanan) merayakan gol kedua timnya dalam laga leg kedua semifinal Piala Liga Inggris antara Arsenal vs Liverpool di Stadion Emirates, London pada 21 Januari 2022. Liverpool memenangkan pertandingan 2-0 . JUSTIN TALLIS / AFP

Jika ada Manchester City, maka tentu ada Liverpool. Anak asuh Jurgen Klopp punya peluang sebesar 14 persen untuk menjadi juara Liga Champions musim ini.

Liverpool boleh tertinggal dari Man City di kancah domestik. Namun di Liga Champions, The Reds terbilang menggila.

Liverpool mampu menyapu bersih laga fase grup dengan kemenangan, kendati grup yang dihuni The Reds adalah grup neraka yang dihuni Atletico Madrid, FC Porto, dan AC Milan.

Meski akan melawan Inter Milan di babak 16 besar, Liverpool tetap punya peluang besar untuk lolos dan bersaing hingga final, mengingat eksplosivitasnya permainan The Reds.

4. Ajax Amsterdam (13 persen)

Potret jersey ketiga Ajax Amsterdam yang terinspirasi dari Bob Marley. (AFP)
Potret jersey ketiga Ajax Amsterdam yang terinspirasi dari Bob Marley. (AFP)

Ajax Amsterdam juga masuk dalam kandidat juara Liga Champions musim ini dengan peluang sebesar 13 persen, kalah tipis dari Liverpool.

Pertimbangan Five Thirty Eight memasukkan nama Ajax tak lepas dari betapa suburnya anak asuh Erik Ten Hag di babak grup Liga Champions musim ini.

Ajax yang tergabung di grup C, mampu mengoleksi 20 gol dari enam pertandingan dan menyapu bersih semua laga dengan kemenangan.

Selain itu, De Godenzonen juga dominan di kancah Eredivisie. Dengan fakta tersebut, Ajax bisa mengulangi kisah suksesnya di tahun 1995.

5. Chelsea (10 persen)

Selebrasi bek Chelsea, Antonio Rudiger usai bobol gawang Tottenham Hotspur di Piala Liga Inggris. (GLYN KIRK / IKIMAGES / AFP)
Selebrasi bek Chelsea, Antonio Rudiger usai bobol gawang Tottenham Hotspur di Piala Liga Inggris. (GLYN KIRK / IKIMAGES / AFP)

Di posisi buncit, ada sang juara bertahan, Chelsea yang memiliki peluang untuk mempertahankan gelarnya sebesar 10 persen.

Masuknya Chelsea dalam daftar ini karena di babak 16 besar The Blues akan bertemu tim asal Prancis, LOSC Lille yang tengah terseok-seok di liga.

Selain itu, Chelsea juga bertaji di kompetisi bertajuk piala. Teranyar, The Blues mampu lolos ke final Carabao Cup 2021/22 dan juga menjuarai Piala Dunia Antarklub.

Dengan kehebatan Chelsea bermain di kompetisi berformat piala, The Blues pun punya peluang untuk mempertahankan gelar Liga Champions yang direngkuhnya musim lalu.

(Kontributor: Zulfikar Pamungkas)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak