Liga

Piala Afrika 2021: Kamerun Jadi Tim Pertama yang Lolos ke Babak 16 Besar

Kamerun lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2021 setelah mengalahkan Ethiopia 4-1.

Rauhanda Riyantama

Potret aksi pemain Timnas Kamerun saat mengalahkan Ethiopia 4-1 dan memastikan lolo ke 16 besar Piala Afrika 2021. (Twitter/@TheNamibian)
Potret aksi pemain Timnas Kamerun saat mengalahkan Ethiopia 4-1 dan memastikan lolo ke 16 besar Piala Afrika 2021. (Twitter/@TheNamibian)

Bolatimes.com - Timnas Kamerun jadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2021. Hasil ini didapat setelah melumat Ethiopia 4-1 dalam laga lanjutan penyisihan Grup A di Stadion Olembe, Yaounde.

Kemenangan itu membuat Kamerun mantap memuncaki klasemen sementara Grup A dengan raihan enam poin penuh dari dua pertandingan.

Kamerun sempat dikejutkan gol cepat Dawa Hotessa yang membuat Ethiopia memimpin. Namun berhasil membalas dua gol lewat aksi Karl Toko Ekambi dan Vincent Aboubakar sehingga tim besutan Toni Conceicao itu bangkit meraih kemenangan.

Dua menit berselang, Aboubakar sukses mencetak gol keduanya menyelesaikan situasi serangan balik cepat Kamerun dengan memanfaatkan umpan sodoran Nicolas Moumi Ngamaleu demi membuat keunggulan Kamerun bertambah jadi 3-1.

Momentum Kamerun berlanjut dan pada menit ke-67 giliran Ekambi yang mencetak gol keduanya setelah mengkonversi umpan terobosan dari Martin Hongla untuk membuat kedudukan jadi 4-1 atas Ethiopia.

Sejak gol itu, Ethiopia kesulitan untuk menciptakan peluang berarti lantaran serangan mereka selalu patah sebelum memasuki area pertahanan Kamerun. Skor 4-1 untuk kemenangan Kamerun bertahan hingga bubaran.

Kekalahan tersebut membuat Ethiopia terdampar di dasar klasemen tanpa satu poin pun. Jika ingin lolos ke babak selanjutnya, mereka wajib menang saat menghadapi Burkina Faso di laga pemungkas Grup A pada Senin (17/1), pada hari yang sama, Kamerun akan menghadapi Tanjung Verde.

Sementara di laga lainnya, Timnas Burkina Faso membuka peluang lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2021 selepas mengatasi Tanjung Verde dengan skor 1-0 dalam lanjutan penyisihan Grup A di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun.

Gol semata wayang yang dicetak Hassane Bande menjadi pembeda bagi Burkina Faso atas Tanjung Verde yang gagal memanfaatkan dominasi 55 persen penguasaan bola sepanjang laga.

Dengan kemenangan itu, Burkina Faso naik ke peringkat kedua klasemen Grup A menggusur Tanjung Verde berbekal keunggulan head-to-head, meski sama-sama memiliki tiga poin, demikian catatan situs resmi CAF.

Berikut hasil Piala Afrika 2021, Kamis hingga Jumat (14/1/2022) dini hari WIB.

Kamerun vs Ethiopia (4-1)
Tanjung Verde vs Burkina Faso (0-1)

Berita Terkait

Berita Terkini