Hasil Liga Inggris: Tampil Perkasa, Man City Benamkan Leicester 6-3

Kemenangan ini membuat Manchester City kokoh di puncak klasemen Liga Inggris.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 27 Desember 2021 | 07:41 WIB
Gelandang Manchester City, Jack Grealish (kedua dari kanan) berlari untuk merayakan gol keempat timnya dalam matchday pertama Grup A Liga Champions antara Manchester City vs RB Leipzig di Stadion Etihad, pada 15 September, 2021. (SCARFF / AFP)

Gelandang Manchester City, Jack Grealish (kedua dari kanan) berlari untuk merayakan gol keempat timnya dalam matchday pertama Grup A Liga Champions antara Manchester City vs RB Leipzig di Stadion Etihad, pada 15 September, 2021. (SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Pesta gol terjadi saat Manchester City melumat Leicester City dalam laga boxing day Liga Inggris. Berlaga di Etihad Stadium, Minggu (26/12/2021) malam WIB, The Citizens menang dengan skor 6-3.

Kevin De Bruyne, Riyad Mahrez, Ilkay Gundogan dan Raheem Sterling membuat City nyaman memimpin 4-0 hingga turun minum.

Kenyamanan itu terancam ketika Leicester mencetak tiga gol dalam 10 menit di sepertiga awal babak kedua lewat James Maddison, Ademola Lookman dan Kelechi Iheanacho.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Jorginho Cetak Penalti, Chelsea Hajar Aston Villa 3-1

Namun, anak-anak asuh Pep Guardiola bisa mengembalikan konsentrasi mereka dan gol dari Aymeric Laporte serta gol kedua Sterling mengunci kemenangan 6-3 bagi City.

Kemenangan itu memantapkan posisi City --yang menang sembilan laga beruntun-- di puncak klasemen Liga Inggris 2021/2022 dengan koleksi 47 poin dari 19 laga, unggul enam poin atas pesaing terdekat mereka, Liverpool yang pertandingannya ditangguhkan.

Sedangkan Leicester yang menelan kekalahan kedua dalam tiga laga terakhir melorot dengan sendirinya ke urutan ke-10 karena kalah selisih gol dari Aston Villa, meski sama-sama mengoleksi 22 poin.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Arsenal Pesta 5 Gol Lawan Norwich City

Pertandingan baru berusia lima menit ketika City membuka keunggulan mereka lewat aksi De Bruyne menghindari hadangan Jannik Vestergaard setelah menerima umpan kiriman Fernandinho dan menyelesaikannya dengan sepakan melengkung yang menjauh dari jangkauan kiper Kasper Schmeichel.

Periode awal pertandingan kian memburuk bagi Leicester sebab wasit Chris Kavanagh menghadiahi tendangan penalti untuk tuan rumah seusai meninjau pelanggaran Youri Tielemans terhadap Aymeric Laporte di monitor VAR tepi lapangan.

Mahrez menjadi algojo dan tanpa ampun melesakkan bola ke gawang bekas timnya untuk menggandakan keunggulan City 2-0 pada menit ke-14.

Baca Juga: Harus LDR Demi Bela Timnas Indonesia, Elkan Baggott Dirindukan Sang Kekasih

Leicester berusaha membalas, tetapi kiper Ederson Moraes melakukan dua penyelamatan gemilang atas tembakan Maddison dan sepakan Ayoze Perez.

Kinerja Ederson dibayar lunas oleh rekan-rekannya yang menambah keunggulan pada menit ke-21 saat Gundogan tinggal menyambar bola muntah hasil antisipasi tak sempurna Schmeichel atas umpan tarik Joao Cancelo.

Leicester kian terbenam saat Tielemans melakukan pelanggaran lagi di dalam kotak terlarang terhadap Sterling dan wasit kembali menunjuk titik putih. Sterling menghadapi sendiri bola di titik putih dan menyarangkannya ke pojok kanan atas gawang demi membuat kedudukan jadi 4-0 bagi City.

Baca Juga: Sulut Emosi Pemain Timnas Indonesia, Suporter Singapura Diduga Rasis

Skor 4-0 tak berubah hingga turun minum, kendati City setidaknya punya dua peluang bagus untuk menambah marjin lewat Sterling dan De Bruyne tetapi Schmeichel kali ini mampu melakukan penyelamatan sempurna.

Penampilan di bawah standar yang diperlihatkan Tielemans berlanjut di babak kedua dan nyaris harus dibayar mahal Leicester pada menit ke-53, beruntung kali ini Daniel Amartey pasang badan untuk menghalau tembakan voli Mahrez.

Dua menit berselang, peruntungan Leicester sepertinya berubah ketika Laporter gagal mengantisipasi serangan dan Maddison menyelesaikan kerja sama umpan satu dua bersama Iheanacho dengan sepakan mendatar yang memperkecil ketertinggalan tim tamu 1-4.

Momentum Leicester berlanjut ketika Lookman mencetak gol kedua tim tamu pada menit ke-59 yang disusul sambaran Iheanacho atas bola muntah hasil tembakan Maddison demi memangkas skor jadi 3-4 enam menit kemudian.

Namun, City menemukan kembali konsentrasi mereka dan Laporte membuat kedudukan jadi 5-3 lewat keberhasilannya menanduk umpan sepak pojok Mahrez pada menit ke-69.

Marjin dua gol membuat pertandingan berlangsung semakin terbuka, tetapi Sterling mengunci kemenangan 6-3 bagi City ketika mencetak gol keduanya tiga menit jelang bubaran waktu normal.

Pada pertandingan Boxing Day lainnya yang dihelat bersamaan Minggu malam, dua klub asal London Utara, Tottenham Hotspur dan Arsenal juga menang telak.

Tottenham menundukkan tamunya, Crystal Palace dengan skor 3-0 di Tottenham Hotspur Stadium, London.

Kemenangan yang disokong gol-gol Harry Kane, Lucas Moura dan Son Heung-min tersebut membuat Tottenham melanjutkan catatan nirkalah dalam enam laga sejak ditangani Antonio Conte.

Spurs pun naik ke urutan kelima klasemen dengan koleksi 29 poin. The Lilwhites juga sejauh ini baru bermain 16 kali. Andai mampu memenangi tiga laga tunda mereka, pasukan Conte akan terus naik di klasemen.

Sementara itu rival sekota Tottenham, Arsenal menang lima gol tanpa balas di markas tim juru kunci, Norwich City. Bukayo Saka tampil gemilang dengan menyumbang brace alias dua gol di partai ini untuk Arsenal. 

Hasil Boxing Day Liga Inggris, Minggu (26/12/2021) malam WIB:

Manchester City 6-3 Leicester City

Norwich City 0-5 Arsenal

Tottenham Hotspur 3-0 Crystal Palace

West Ham United 2-3 Southampton

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak