Liga

3 Alasan Ralf Rangnick Tak Bisa Buang Ronaldo dari Skuad Utama Man United

Rangnick mesti pikir-pikir untuk menepikan Ronaldo dari skuad.

Husna Rahmayunita

Cristiano Ronaldo. (AFP)
Cristiano Ronaldo. (AFP)

Bolatimes.com - Manchester United dalam waktu dekat akan didampingi Ralf Rangnick. Pelatih asal Jerman ini dikabarkan akan mendampingi Setan Merah menghadapi Crystal Palace.

Dalam beberapa kesempatan, Rangnick bilang bahwa dirinya tak senang bekerja dengan 'pemain tua'. Pasalnya, Rangnick yang mengadopsi sepak bola gegenpressing butuh pemain dengan determinasi tinggi.

Di Man United, ada sejumlah pemain yang terbilang bermain dengan tempo lambat. Salah satunya Cristiano Ronaldo.

Bisa jadi skema Rangnick tak bisa diterapkan kepada Ronaldo. Satu yang pasti ialah usia eks pemain Juventus ini sudah menginjak 36 tahun.

Tapi jangan salah. Rangnick nyatanya harus pikir-pikir untuk menepikan Ronaldo dari skuad. Berikut sejumlah alasannya yang disampaikan oleh pandit sepak bola Eropa., Jan Aage Fjortoft yang dikutip dari laman ESPN

1. Tantangan buat Rangnick

Ralf Rangnick saat masih menjadi pelatih RB Leipzig. (Odd Andersen/AFP)
Ralf Rangnick saat masih menjadi pelatih RB Leipzig. (Odd Andersen/AFP)

Cristiano Ronaldo merupakan bintang di Man United. Sejak kedatangannya di bursa transfer musim panas lalu, sedikit banyaknya mempengaruhi bagaimana permainan Man United baik di kompetisi domestik atau Eropa.

Untuk bisa 'menjinakkan' Ronaldo, kata Fjortoft, Rangnick harus bekerja sama. Salah satu caranya, Ronaldo harus bisa bermain dengan skema yang diterapkan Rangnick dan begitu pula sebaliknya.

"Bagi saya itu cukup mudah. Jika Ralf Rangnick tidak bisa menangani Cristiano Ronaldo, dia bukan pelatih yang hebat. Pelatih terhebat di dunia ini selalu berhasil bekerja dengan karakter terbaik dan tersulit. Jadi jika Ralf Rangnick tidak bisa melakukan itu, dia tidak akan menjadi pelatih yang baik," ujar Fjortoft.

2. Ronaldo Punya Pengaruh di Ruang Ganti

Jesse Lingard dan Cristiano Ronaldo. (Instagram/@jesselingard)
Jesse Lingard dan Cristiano Ronaldo. (Instagram/@jesselingard)

Saat Man United tertinggal 1 gol kontra Villarreal di salah satu matchday Liga Champions, Ronaldo memberikan energi positif buat para pemain muda Man United. Dengan sederet pengalaman yang dimilikinya, ia memberikan wejangan bahwa MU bisa membalikkan keadaan.

Dan benar saja. Lewat gol telatnya, MU sukses menumbangkan wakil Spanyol itu. Hal ini, menurut,  Fjortoft, harus dipahami oleh Rangnick.

''Mungkin Cristiano Ronaldo akan menyelamatkan Ralf Rangnick. Apakah menurut Anda dia akan bertahan sampai musim panas jika Manchester United berada di urutan kedelapan?," kata Fjortoft.

3. Capaian Gol

Cristiano Ronaldo tampil dari bangku cadangan menggantikan Jadon Sancho saat Manchester United bermain imbang lawang Chelsea. (BEN STANSALL / AFP)
Cristiano Ronaldo tampil dari bangku cadangan menggantikan Jadon Sancho saat Manchester United bermain imbang lawang Chelsea. (BEN STANSALL / AFP)

Man United memang melempem di kompetisi domestik. Tapi di Liga Champions, klub yang berbasis di Old Trafford ini menjadi juara grup dan mengunci satu tempat di babak 16 besar.

Adapun, andil kelolosan MU berkat Ronaldo. Rata-rata dari gol yang lahir berasal dari Ronaldo. Tercatat, kapten Timnas Portugal ini sudah mengemas 6 gol dari 5 laga. Ini merupakan catatan tertinggi saat ini di Liga Champions.

"Jika Anda melihat daftar pencetak gol Manchester United, Ronaldo telah mencetak 10 gol. Ronaldo harus masuk dalam skema bermain," sambung Fjortoft.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini