5 Pemain yang Pecundangi Manchester United dan Arsenal

Sejumlah pemain yang sempat membela Man United dan Arsenal lalu hengkang.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Jum'at, 03 Desember 2021 | 09:03 WIB

Robin Van Persie saat membela Arsenal (Adrian Dennis/AFP)

Robin Van Persie saat membela Arsenal (Adrian Dennis/AFP)

Bolatimes.com - Manchester United dan Arsenal menjadi dua klub yang punya sejarah panjang dalam sepak bola Inggris. Berkat kesuksesan kedua klub ini, keduanya pun perlahan menjadi rival di Premier League.

Rivalitas Man United dan Arsenal sendiri bermula di akhir 90 an. Saat itu, kedua tim ini menjadi dua tim papan atas yang selalu menjuarai Premier League.

Keduanya saling bersaing satu sama lain untuk menjadi yang terbaik di Inggris kala itu. Karena gengsi ini, tak jarang duel-duel panas terjadi di lapangan.

Baca Juga: Bhayangkara FC Bantai Persipura, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/2022

Tak terhitung berapa banyak duel panas ataupun kontroversi tercipta dalam pertemuan keduanya. Teranyar, kontroversi terjadi di pekan ke-14 Premier League 2021/22 kala Arsenal bertandang ke markas Man United.

Dalam laga tersebut, Arsenal memang tumbang dengan skor 2-3. Namun, ada kontroversi yang terjadi di dalamnya, tepatnya di gol pembuka laga ini yang dibuat Emile Smith Rowe.

Smith Rowe mencetak gol ke gawang Man United saat David De Gea terkapar. Namun wasit memilih mengesahkan gol tersebut.

Baca Juga: Mees Hilgers Sebut Satu Pemain Keturunan yang Bisa Bela Timnas Indonesia

Selain kontroversi, rivalitas Man United dan Arsenal juga memiliki bumbu-bumbu penyedap seperti pemain yang pernah membela kedua tim dan ditransfer secara langsung dari tim lawan.

Kira-kira, siapa saja pemain yang pernah membela Man United dan Arsenal?

1. Robin van Persie

Baca Juga: Profil Teerasil Dangda, Striker Gahar Timnas Thailand di Ambang Pecah Rekor

Striker Manchester United Robin van Persie merayakan golnya ke gawang Stoke City. AFP/ANDREW YATES
Striker Manchester United Robin van Persie merayakan golnya ke gawang Stoke City. AFP/ANDREW YATES

Nama pertama yang diingat penikmat sepak bola adalah Robin van Persie. Ia sejatinya merupakan legenda Arsenal berkat sumbangsihnya sejak bergabung pada 2004 hingga 2012.

Namun, pada awal musim 2012/13 Man United membelinya langsung dari Arsenal. Tak disangkan, Van Persie memberi tuah ke Setan Merah dengan menghadirkan gelar Premier League ke-20.

2. Danny Welbeck

Baca Juga: Momen Pep Guardiola Ditolak Mentah-mentah Klub Medioker Liga Inggris

Mantan striker Arsenal Danny Welbeck (kiri) merayakan golnya ke gawang Sporting CP di Alvalade stadium. (Francisco LEONG/ FP)
Mantan striker Arsenal Danny Welbeck (kiri) merayakan golnya ke gawang Sporting CP di Alvalade stadium. (Francisco LEONG/ FP)

Tak hanya Van Persie, penyerang lain yang ditransfer langsung oleh kedua tim adalah Danny Welbeck, yang diboyong Arsenal dari Man United.

Welbeck sebelumnya adalah pemain Man United. Namun pada 2014, Arsenal mendatangkannya dengan mahar 16 juta poundsterling di mana ia menjadi andalan, termasuk menyingkirkan Setan Merah dari Piala FA.

3. Mikael Silvestre

Mikael Silvestre saat membela Manchester United. (AFP/Filipo Monteforte)
Mikael Silvestre saat membela Manchester United. (AFP/Filipo Monteforte)

Selain Welbeck, Arsenal pernah mendatangkan pemain Man United secara langsung pada sosok Mikael Silvestre pada 2008.

Silvestre sendiri merupakan palang pintu pertahanan andalan Man United sejak 1999 hingga 2008. Namun pada awal musim 2008/09, ia mengambil keputusan menyeberang ke rival.

4. Andy Cole

Mantan striker Manchester United Andy Cole saat memberikan aplaus kepada penonton saat memperkuat tim legenda MU di Yangon. Ye Aung THU / AFP
Mantan striker Manchester United Andy Cole saat memberikan aplaus kepada penonton saat memperkuat tim legenda MU di Yangon. Ye Aung THU / AFP

Kisah pengkhianatan bomber Arsenal ke Man United yang pernah terjadi selain Van Persie adalah kisah pengkhianatan Andy Cole.

Andy Cole merupakan produk jebolan akademi Arsenal. Ia masuk ke tim utama pada 1989. Pada 1992, ia lantas menyeberang ke Man United dan menjelma menjadi penyerang berbahaya.

5. David Platt

Mantan pemain Arsenal David Platt dan Roberto Mancini. (AFP/Paul Ellis)
Mantan pemain Arsenal David Platt dan Roberto Mancini. (AFP/Paul Ellis)

Hampir semua daftar ini menceritakan suksesnya pemain Arsenal yang bergabung Man United. Namun, nama terakhir ini meraih kesuksesan bersama The Gunners setelah meninggalkan Setan Merah.

David Platt mengawali karier profesionalnya di Man United. Selama tiga tahun di Old Trafford, ia tak pernah diturunkan hingga akhirnya dilepas.

Pada 1995, Arsenal datang menjemputnya  setelah sebelumnya ia sempat merumput di Italia. Tak disangka, bersama The Gunners ia mampu menuai kesuksesan yakni menjuarai Premier League dan Piala FA.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB

Persikabo harus mengakui keunggulan tamunya, Persib Bandung pada pekan 29 Liga 1 2023/2024. Persikabo takluk 1-3 dari Persib. Kekalahan tersebut menodai debut pelatih baru Persikabo, Djajang Nurdjaman.

liga | 13:45 WIB

Tampil dengan 10 pemain tak mempengaruhi kekuatan Persib Bandung saat hadapi Persikabo. Sebaliknya, tim besutan Bojan Hodak seolah mendapat durian runtuh usai Dedi Kusnandar mendapat kartu kuning kedua dari wasit pada menit 36

liga | 12:57 WIB

Pertandingan Persikabo vs Persib akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Jumat, (15/3/2024) kick off pukul 20.30 WIB.

liga | 10:15 WIB

Duel Persikabo vs Persib bakal dilangsungkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dengan kick off 20.30 WIB live Indosiar.

liga | 09:57 WIB

Persib Bandung akan menghadapi Persikabo pada pekan 29 Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, malam ini. Laga kontra Laskar Pajajaran dinilai akan berbeda karena berkaitan dengan posisi lawan di klasemen.

liga | 08:40 WIB

Pertandingan Persikabo vs Persib akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dengan kick off pukul 20.30 WIB live televisi Indosiar.

liga | 20:27 WIB

Duel Persikabo vs Persib pada pekan ke-29 dalam jadwal Liga 1 2023/2024 akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, pada Jumat (15/3/2024).

liga | 20:04 WIB

Laga Persikabo vs Persib akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Jumat, (15/3/2024).

liga | 20:22 WIB

Persib Bandung akan melanjutkan perjuangannya di Liga 1 2023/2024 dengan memainkan laga tandang melawan Persikabo 1973, pada Jumat, (15/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Pada pekan ke-28 dalam jadwal Liga 1 2023/2024, laga Persib vs Persija di Stadion Si Jalak Harupat harus berakhir dengan skor 2-1, pada Sabtu (9/3/2024).

liga | 12:33 WIB

Dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-28, Persib sukses menuai tiga poin saat menjamu Persija, pada Sabtu, 9 Maret 2024.

liga | 12:15 WIB

Nonton Persib Bandung vs Persija Jakarta dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-28 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 9 Maret 2024, pukul 15.00 WIB.

liga | 14:07 WIB
Tampilkan lebih banyak