Liga

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Inggris Pesta Gol, Italia Cuma Imbang

Inggris hajar Albania 5-0, sementara Italia ditahan imbang Swiss 1-1.

Rauhanda Riyantama

Aksi penyerang Timnas Inggris, Harry Kane saat bobol gawang Albania di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (GLYN KIRK / AFP)
Aksi penyerang Timnas Inggris, Harry Kane saat bobol gawang Albania di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (GLYN KIRK / AFP)

Bolatimes.com - Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa semalam, Sabtu (13/11/2021) dini hari WIB. Total ada delapan pertandingan, beberapa di antaranya Inggris berpesta saat menjamu Albania, sedangkan Italia ditahan imbang Swiss.

Timnas Inggris tampil ganas saat menjamu Albania dalam matchday kesembilan Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka menekuk Albania dengan skor telak 5-0.

Dalam pertandingan di Stadion Wembley, London ini, gol-gol Tim Tiga Singa --julukan timnas Inggris-- tercipta di babak pertama lewat hattrick Harry Kane (18', 33', 45+2), Harry Maguire (9'), dan Jordan Henderson (28').

Merujuk statistik via FlashScore, timnas Inggris tampil begitu superior dalam laga ini. Meski 'hanya' menguasai 59 persen penguasaan bola, mereka menciptakan 15 peluang yang enam di antaranya mengarah ke gawang.

Sementara Albania tak diberi banyak kesempatan untuk menciptakan gol. Mereka cuma membuat lima peluang dan empat diantaranya mengarah ke gawang.

Kemenangan ini membuat timnas Inggris sukses mempertahankan puncak klasemen sementara Grup I dengan koleksi 23 poin dari sembilan pertandingan.

Meski demikian, pasukan Gareth Southgate belum bisa memastikan satu tiket lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar, menyusul kemenangan Polandia di laga lainnya.

Polandia yang jadi pesaing sengit Inggris di Grup I berhasil meraih kemenangan 4-1 saat bertandang ke markas Andorra. Hasil itu membuat mereka kini terpaut tiga poin dari Inggris.

Kondisi itu membuat Inggris baru bisa memastikan kelolosan pada matchday terakhir Grup I. Tim Tiga Singa akan menghadapi San Marino pada 16 November, sementara Polandia ditunggu Hungaria di tanggal yang sama.

Di laga lain, timnas Italia kembali gagal mengalahkan Swiss saat memainkan matchday ketujuh Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Olimpico.

Kedua tim teratas Grup C yang tengah bersaing untuk merebut tiket lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2022 tersebut, pada akhirnya harus berbagi satu poin usai bermain imbang 1-1.

La Nati --julukan timnas Swiss-- mencetak gol lebih dulu lewat Silvan Widmer pada menit ke-11 sebelum timnas Italia menyamakan kedudukan melalui Giovanni Di Lorenzo 25 menit berselang.

Hasil ini membuat persaingan untuk lolos otomatis ke Piala Dunia 2022 Qatar harus berlangsung hingga matchday terakhir.

Italia dan Swiss saat ini sama-sama mengoleksi 15 poin dari tujuh pertandingan. Gli Azzurri berhak berada di puncak klasemen karena unggul selisih gol, 11 berbanding 9.

Di laga terakhir, Italia akan bertandang ke markas Irlandia Utara pada 16 November mendatang. Sementara akan menjamu Bulgaria di tanggal yang sama.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, hanya negara posisi teratas grup yang berhak lolos otomatis ke putaran final.

Sementara 10 runner-up akan bergabung dengan dua juara grup UEFA Nations League musim lalu guna memperebutkan tiga tiket lolos dalam babak playoff berformat mini turnamen.

Berikut hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Sabtu (13/11/2021) dini hari WIB.

Grup C
Italia vs Swiss (1-1)
Irlandia Utara vs Lithuania (1-0)

Grup F
Moldova vs Skotlandia (0-2)
Austria vs Israel (4-2)
Denmark vs Kepulauan Faroe (3-1)

Grup I
Andora vs Polandia (1-4)
Inggris vs Albania (5-0)
Hungaria vs San Marino (4-0)

(Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini