Liga

5 Pemain Asing Pencetak Gol Terbanyak di Premier League, Salah Masih Kalah

Ada yang mencetak 184 gol.

Husna Rahmayunita


Robin Van Persie saat membela Arsenal (Adrian Dennis/AFP)
Robin Van Persie saat membela Arsenal (Adrian Dennis/AFP)

Bolatimes.com - Premier League atau Liga Primer Inggris merupakan salah satu kompetisi terpopuler di dunia. Saking populernya, kompetisi ini selalu diminati tak hanya pecinta sepak bola, namun juga para pemain kelas dunia.

Alhasil, banyak pemain kelas dunia dari luar Inggris yang bermain di berbagai macam posisi mencoba peruntungannya di Premier League.

Banyaknya pemain asing atau pemain dari luar Inggris ini yang berkancah di Premier League pun turut menghadirkan beberapa rekor khusus untuk mereka, salah satunya adalah mengenai pencetak gol asing terbanyak.

Belum lama ini, penyerang Liverpool, Mohamed Salah, mencetak rekor 100 gol di Premier League yang otomatis membuatnya masuk dalam daftar pemain asing dengan gol terbanyak di kompetisi tersebut.

Namun, penyerang asal Mesir ini belum bisa menyebut dirinya pemain asing tertajam di Premier League. Pasalnya, masih banyak penggawa asing lainnya yang telah lebih dulu menorehkan lebih banyak gol ketimbang Salah.

Lantas, siapa saja para pemain asing pencetak gol terbanyak tersebut? Berikut ulasannya.

5. Robbie Keane (Irlandia)

Kapten Republik Irlandia Robbie Keane. (MIGUEL MEDINA / AFP)
Kapten Republik Irlandia Robbie Keane. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Robbie Keane menjadi salah satu pemain asing tertajam di Premier League. Namanya melejit sebagai penyerang papan atas saat berseragam Tottenham Hotspur.

Robbie Keane terbilang lama bergelut di Premier League dengan membela beberapa tim lainnya selama kurang lebih 16 tahun. Tercatat, ia telah mencetak 126 gol dalam 408 penampilan.

4. Jimmy Hasselbaink (Belanda)

Pemain Chelsea Jimmy Hasselbaink merayakan golnya ke gawang Wolverhampton. JIM WATSON / AFP
Pemain Chelsea Jimmy Hasselbaink merayakan golnya ke gawang Wolverhampton. JIM WATSON / AFP

Belanda banyak memiliki deretan penyerang tajam. Salah satunya adalah Jimmy Floyd Hasselbaink yang menorehkan tinta emas di Premier League.

Hasselbaink merupakan salah satu penyerang tajam yang pernah dimiliki Premier League. Pria yang dikenal karena sumbangsihnya bersama Chelsea tersebut bahkan pernah menjadi 2 kali top skor.

Total selama kurang lebih 10 tahun bermain di Inggris, Hasselbaink telah mencatatkan 127 gol di kancah Premier League.

3. Robin van Persie (Belanda)

Striker Manchester United Robin van Persie merayakan golnya ke gawang Stoke City. AFP/ANDREW YATES
Striker Manchester United Robin van Persie merayakan golnya ke gawang Stoke City. AFP/ANDREW YATES

Selain Hasselbaink, ada pula wakil Belanda yang masuk dalam daftar ini. Ia adalah mantan penyerang Arsenal dan Manchester United, Robin van Persie.

Van Persie sendiri telah mencatatkan 280 penampilan di Premier League. Dalam jumlah tersebut, ia mampu menorehkan 144 gol yang membuktikan ketajamannya di depan gawang.

2. Thierry Henry (Prancis)

Thierry Henry saat membela Barcelona pada tahun 2010 (Cristina Quicler/AFP)
Thierry Henry saat membela Barcelona pada tahun 2010 (Cristina Quicler/AFP)

Pemain asal Prancis pun banyak yang menorehkan tinta emas di Premier League. Salah satunya adalah Thierry Henry bersama Arsenal.

Dalam periode kesuksesan Arsenal di akhir 90an dan awal 2000 an, terdapat peran Henry yang andal dalam mencetak gol.

Selama bermain di Premier League, Henry telah mencetak 175 gol di mana semuanya ia cetak bersama Arsenal. Ketajamannya bahkan nampak dari 3 gelar top skorer yang pernah ia dapatkan di ajang tersebut.

1. Sergio Aguero (184 gol)

Pemain asing tertajam di Premier League saat ini dipegang oleh Sergio Aguero yang baru hengkang dari Manchester City di musim panas 2021.

Selama 10 tahun kariernya di Premier League bersama Manchester City, Aguero menorehkan 184 gol dari 275 penampilan.

Catatannya tersebut tak lantas membuat Aguero kerap mendapat penghargaan top skor Premier League. Tercatat ia hanya baru sekali mendapatkannya di musim 2014/15.

Namun, Aguero tetap membuktikan bahwa dirinya konsisten dalam urusan mencetak gol di Premier League dengan catatan 18,4 gol per musim.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini