Liga

Pelatih Newcastle United Ketar-ketir, Klubnya Dibeli Pangeran Arab Saudi

Ia yang diangkat jadi pelatih Newcastle pada Juli 2019.

Husna Rahmayunita

Pelatih baru Newcastle United, Steve Bruce. (Nelson Almeida / AFP)
Pelatih baru Newcastle United, Steve Bruce. (Nelson Almeida / AFP)

Bolatimes.com - Newcastle United resmi diakuisisi oleh konsorsium milik pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Namun, ini malah membuat pelatih Newscastle United, Steve Bruce ketar-ketir.

Alasannya, Steve Bruce menilai kepemilikan baru ini akan berdampak pada nasibnya. Ia khawatir dipecat lantaran hasil laga belakangan.

Ia yang diangkat jadi pelatih Newcastle pada Juli 2019 menyadari kalau pemilik baru akan mengubah banyak hal, tak terkecuali sosok di kursi pelatih.

"Saya ingin melanjutkan," kata Bruce dalam wawancara dengan Daily Telegraph seperti dikutip dari BBC Sport, Jumat (8/10/2021).

“Saya ingin kesempatan untuk menunjukkan kepada pemilik baru apa yang bisa saya lakukan, tetapi Anda harus realistis dan mereka mungkin ingin manajer baru meluncurkan sesuatu untuk mereka."

"Pemilik baru biasanya menginginkan manajer baru. Saya sudah cukup lama memahami hal itu."

Patung Bobby Robson di stadion St James Park milik Newcastle United. ANTARA/Reuters/LEE SMITH.
Patung Bobby Robson di stadion St James Park milik Newcastle United. ANTARA/Reuters/LEE SMITH.

Newcastle United finis di posisi ke-13 dalam musim perdana bersama Steve Bruce. Sempat berjuang lolos dari degradasi, tim yang bermarkas di St James' Park itu berhasil finis ke-12 musim lalu.

Mereka memulai musim ini dengan buruk dan saat ini duduk di urutan ke-19 tanpa kemenangan setelah tujuh pertandingan.

The Magpies sudah ditunggu Tottenham Hotspur ada 17 Oktober mendatang. Laga itu akan menjadi pertandingan ke-1.000 Bruce sebagai manajer, tetapi dia tak yakin apakah bisa mencapai tonggak sejarah itu bersama Newcastle.

"Keputusan itu [pemecatan] bukan di tangan saya. Saya menerima itu dan saya akan menerima apa yang datang kepada saya. Saya harus menunggu untuk melakukan percakapan itu dengan orang-orang ketika waktunya tepat," kata Bruce.

"Jika saya tidak berhasil mencapai 1.000 pertandingan melawan Spurs, Anda mungkin mengatakan itu hanya bisa terjadi pada saya, tetapi saya tidak berpikir itu akan kejam. Ini hanya sepak bola."

Newcastle United melaporkan klub Liga Inggris itu telah diakuisisi 100 persen oleh Public Investment Fund (PIF) yang bekerjasama dengan PCP Capital Partners and RB Sports & Media pada Kamis (7/10/2021).

PIF merupakan konsorium milik putra Raja Salman, Mohammed bin Salman. Kondisi itu diprediksi bakal mengubah Newcastle United menjadi tim kuat di Liga Inggris yang bermodalkan kucuran dana segar dari pemilik baru. Kini, Newcastle United menjadi klub terkaya di dunia.

(Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini