Bolaindonesia

Alasan Shin Tae-yong Turunkan Tiga Debutan saat Timnas Indonesia vs Taiwan

Shin Tae-yong menunjuk tiga pemain debutan jadi starter.

Husna Rahmayunita

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. Bongda.vn)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. Bongda.vn)

Bolatimes.com - Tiga pemain debutan dimainkan dalam laga Timnas Indonesia vs Taiwan padan playoff Kualifikasi Piala Asia 2023. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkap alasannya.

Shin Tae-yong menerapkan taktik dengan menerjunkan tiga pemain debutan sebagai starter saat menghadapi Taiwan di Chang Arena Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021). Ia menilai ketiga pemain dapat berkontribusi bagi tim.

Rupanya taktik tersebut membuahkan hasil. Skuad Garuda berhasil mengalahkan Taiwan dengan skor 2-1. Adapun ketiga pemain debutan tersebut yakni Miftah Anwar Sani, Ramai Rumakiek, dan Ricky Kambuaya.

Secara mengejutkan, Ramai Rumakiek mencetak gol dalam pertandingan tersebut lewat assist Miftah Anwar Sani. Sedangkan satu gol lagi diciptakan oleh Evan Dimas. Meski tidak cetak gol Ricky Kambuaya juga cukup merepotkan lini bertahan Taiwan.

Shin Tae-yong merasa ketiganya punya kualitas untuk biasa membantu tim. Oleh sebab itu, juri formasi asal Korea Selatan tersebut menurunkannya sejak menit awal.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam WIB (dok. PSSI).
Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam WIB (dok. PSSI).

"Untuk pemain debutan, saya pilih karena akan jadi bantuan untuk tim kita dan sengaja dimasukkan ke starting line up untuk membuat performa lebih baik lagi di tim kita," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

Sayang, Ramai dan Miftah tidak bertahan lama di lapangan. Ramai Rumakiek harus ditarik keluar diganti Egy Maulana Vikri tak lama setelah mencetak gol karena mengerang kesakitan usai benturan dengan pemain Taiwan.

Begitu pula Miftah yang tampak memegangi kakinya yang sakit di penghujung babak pertama hingga akhirnya diganti oleh Pratama Arhan di babak kedua.

Selain dua pemain ini, Asnawi juga terlihat mengalami masalah usai beradu kepala dengan pemain Taiwan jelang akhir laga. Terkait hal tersebut, Shin Tae-yong mengaku belum mengetahui kondisi pasti dari para pemainnya yang bermasalah.

"Untuk yang cedera jujur belum tahu karena belum dapat laporan. Setelah kembali ke hotel mungkin akan mendapatkan laporannya," pungkas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan kembali berhadapan dengan Taiwan dalam leg kedua play-off, Senin (11/10/2021) untuk memperebutkan tiket ke Kualifikasi Piala Asia 2023.

(Suara.com/Adie Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini