Liga

6 Pemain yang Pernah Juara Bundesliga bersama Dortmund dan Bayern Munchen

Gak cuma Lewandowski, berikut deretan pemain yang pernah juara bersama Dortmund dan Bayern Munchen

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski usai bikin empat gol ke gawang Red Star Belgrade. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)
Selebrasi striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski usai bikin empat gol ke gawang Red Star Belgrade. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Bolatimes.com - Bayern Munchen dan Borussia Dortmund adalah rival di Liga Jerman. Saat kedua tim ini bertemu istilah Der Klassiker alias laga El Clasico ala Jerman jadi tajuk utama.

Meski rival, kedua tim tak melarang para pemain mereka untuk bertukar klub. Ini yang membedakan Bayern dan Dortmund ketimbang tim-tim di liga lainnya macam Barcelona-Real Madrid.

Menariknya, rangkuman di bawah ini adalah pemain yang sukses bersama Bayern dan Dortmund. Mereka meraih gelar di dua klub berbeda.

1. Jurgen Kohler

Pada musim 1989 hingga 1991, Kohler sempat membela Bayern. Setelahnya, dirinya hengkang ke Italia untuk bergabung dengan Juventus.

Usai merantau ke Italia, Kohler kembali ke Jerman. Hanya, dirinya tak bergabung ke Bayern melainkan ke Dortmund.

Bersama Dortmund, Kohler menghabiskan 7 musim dengan 2 gelaran trofi. Oh, ya, saat membela Bayern dua musim, dia juga meraih juara sebanyak 1 kali.

2. Stefan Reuter

Reuter adalah pemain yang cukup terkenal di Jerman pada 1980an. Sebab, dirinya pernah bermain di Bayern dan Dortmund.

Di Bayern, Reuter menghabiskan waktu selama 2 musim pada 1989 hingga 1991. Pada masa itu, dirinya sukses membawa Bayern naik podium dua kali.

Khusus saat membela Dortmund, ia adalah kapten tim dan kenyang dengan gelar juara. Rinciannya: 3 kali juara Bundesliga, 1 Liga Champions.

Kohler yang membela Dortmund total mempersembahkan 8 trofi selama 12 musim pengabdiannya. Hingga kini, dia dianggap legenda oleh para pendukung.

3. Ivan Perisic

Pada 2011 hingga 2013, Perisic resmi berseragam Dortmund. Ia meraup sukses di musim perdananya di Dortmund dengan membawa timnya menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal.

Selepas dari Dortmund, Perisic membela Inter Milan. Namun, pada musim 2019/20, ia dipinjamkan ke Bayern selama satu musim.

Pinjaman ini membawa berkah buat Perisic. Sebab, bersama Die Roten, dirinya meraih treble winners dan melengkapi pencapaiannya pada musim itu.

4. Robert Lewandowski

Lewandowski adalah penyerang tersubur di Bundesliga hingga saat ini. Per September 20121, pemain Polandia ini sudah mencetak 284 gol.

Menariknya, jumlah gol yang dibuat Lewandowski adalah penggabungan saat ia membela Bayern dan Dortmund.

Lewandowski tiba di Jerman dengan bergabung bersama Dortmund pada 2010 hingga 2014. Di sana, dia membantu timnya meraih 2 gelar Bundesliga.

Usai 4 musim membela Dortmund, Bayern meminangnya. Hingga kini, Lewandowski sudah meraih 7 trofi bersama Bayern.

5. Matt Hummels

Hummels adalah pesepak bola yang sering pindah dari Bayern-Dortmund, dan sebaliknya. Mengawali karier pada 2007, Hummels adalah pemain Bayern tapi pada 2009, dia pindah ke Dortmund.

Nyaris enam musim bersama Dortmund, akhirnya Hummels kembali ke Bayern pada 2016. Dan pada 2019, dirinya kembali lagi ke Dortmund hingga saat ini.

Untuk raihan trofi, total Hummels sudah memenanginya lima kali. Rinciannya: 2 bersama Dortmund dan 3 bersama Bayern.

6. Mario Gotze

Cerita Gotze sama seperti Hummels. Dirinya yang besar dan tenar di Dortmund sempat dibeli oleh Bayern.

Namun, permainannya tak sebaik saat membela Dortmund saat berseragam Bayern. Alhasil, dirinya kembali ke klub awalnya.

Untuk catatan trofi, Gotze-Hummels setara. Adalah 2 bersama Dortmund dan 3 bersama Bayern.

Terkini, Gotze tak lagi bermain di Bundesliga. Dirinya sudah merantau ke Belanda untuk membela PSV Eindhoven.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini