Liga

5 Klub Premier League dengan Koleksi Kartu Merah Terbanyak

Tidak ada Manchester United, berikut lima klub Premier League yang mainnya cukup kasar hingga mengoleksi banyak kartu merah

Irwan Febri Rialdi

Pemain Arsenal Gabriel dan Ben White merayakan gol saat melawan Tottenham Hotspur dalam laga lanjutan Liga Inggris,Senin (27/9/2021) WIB. (AFP/Ben Stansall)
Pemain Arsenal Gabriel dan Ben White merayakan gol saat melawan Tottenham Hotspur dalam laga lanjutan Liga Inggris,Senin (27/9/2021) WIB. (AFP/Ben Stansall)

Bolatimes.com - Premier League atau Liga Primer Inggris merupakan kompetisi yang dikenal dengan gaya permainan kerasnya. Tak jarang karena gaya bermain tersebut, wasit kerap mengeluarkan kartu merah dari kantongnya.

Dengan gaya bermain Kick n Rush yang kerap mengandalkan fisik, tak ayal banyak pemain di Premier League melakukan kontak fisik dan berujung pelanggaran.

Pelanggaran-pelanggaran ini membuat para pemain harus rela menerima hukuman kartu dari sang pengadil lapangan, tergantung seberapa kasar pelanggaran itu terjadi.

Banyaknya kartu yang diterima pemain memberikan imbas kepada klub. Tak hanya soal hukuman larangan bertanding akibat akumulasi kartu, melainkan juga citra klub itu sendiri.

Kerapnya para pemain melakukan pelanggaran keras di Premier League membuat nama tim yang dibelanya dicap sebagai klub dengan gaya bermain yang kasar.

Jika ditelaah lebih jauh, kira-kira klub mana saja yang paling kasar dan menjadi kolektor kartu merah terbanyak sepanjang sejarah Premier League saat artikel ini dibuat?

5. West Ham United

Klub asal London ini menjadi klub urutan ke-5 dengan koleksi kartu merah terbanyak sepanjang sejarah Premier League. Total 78 kartu merah telah dikoleksi West Ham United sejak berpartisipasi di kompetisi ini.

Parahnya lagi, pernah dalam satu musim Premier League The Hammers menerima 8 kartu merah. Saat ini terdapat Mark Noble di skuat West Ham sebagai kolektor kartu merah terbanyak di klub dengan 5 kartu merah.

4. Chelsea

Masih dari London, ada Chelsea yang masuk dalam daftar ini. Total 82 kartu merah telah diterima The Blues sepanjang partisipasinya di Premier League.

Bek Legendaris Chelsea, John Terry didapuk menjadi kolektor kartu merah terbanyak sepanjang sejarah klub dengan 6 kartu merah. Lalu, The Blues pun pernah dibela seorang Vinnie Jones yang masuk dalam daftar pemain dengan kartu merah terbanyak di Premier League.

3. Newcastle United

Klub dari Tyneside ini telah mengoleksi 88 kartu merah selama mengikuti gelaran Premier League. Bahkan, Newcastle United menjadi tim dengan kartu merah terbanyak dalam satu musim yakni total 8 kartu merah.

Karena jumlah 8 kartu merah yang diterima The Magpies dalam satu musim tersebut, Newcastle mendapat predikat tim yang paling tidak disiplin di musim 1999/2000.

2. Everton

Sepanjang kesertaannya di Premier League, Everton telah mengoleksi 98 kartu merah. Sebuah catatan buruk bila dibandingkan rival sekotanya, Liverpool yang bergelimang gelar.

Sumbangsih kartu merah terbanyak Everton sendiri berasal dari satu pemain saja, yakni Duncan Ferguson yang mengoleksi 8 kartu merah selama berseragam The Toffees.

1. Arsenal

Lagi-lagi tim London mengirimkan wakilnya di daftar ini. Kali ini ada Arsenal yang menjadi kolektor kartu merah terbanyak sepanjang sejarah Premier League dengan 99 kartu merah.

Sumbangsi terbesar kartu merah ini dibuat oleh Patrick Vieira dengan 8 kartu merah. Sedangkan The Gunners berhasil menduduki puncak daftar ini berkat sosok Granit Xhaka.

Xhaka membawa Arsenal ke puncak daftar ini dan menyalip Everton setelah mendapat kartu merah di laga melawan Manchester City pada awal musim Premier League 2021/2022.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini