Liga

Diprotes, Ronald Koeman: Barcelona Sekarang Bukan Barca 8 Tahun Lalu

Ronald Koeman meminta penggemar Barca move on.

Husna Rahmayunita

Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman (AFP)
Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman (AFP)

Bolatimes.com - Para penggemar Barcelona diminta segera move on dari ingatan masa lalu tentang Barca. Permintaan itu disampaikan oleh Pelatih Barcelona, Ronald Koeman.

Ronald Koeman meminta penggemar Barca melepas masa-masa menarik beberapa tahun silam ketika Blaugrana dilatih Pep Guardiola.

Menurut Koeman, kondisi Barca sekarang berbeda dengan yang dulu. Karenanya, ia meminta fans move on.

Ini menyusul protes dan kritik tajam yang dilayangkan kepada Koeman mengenai performa Barca dalam kancah Eropa maupun domesyik

Terbaru, Barcelona ditahan imbang Granada dengan skor laga lanjutan Liga Spanyol, Senin (20/9/2021) dini hari WIB.

Dalam laga itu, keputusan Koeman menjadi sorotan lantaran mendapuk Gerard Pique menjadi striker. Padahal selama ini, Pique adalah seorang bek Barca.

Mengutip Suara.com, Ronald Koeman buka suara terkait keputusan yang dia terapkan di laga tersebut.

Penyerang Barcelona Martin Braithwaite melakukan selebrasi usai cetak gol kedua dalam pertandingan Liga Spanyol lawan Real Sociedad di Camp Nou, Barcelona, Spanyol pada 16 Agustus 2021. ANTARA/AFP/JOSEP LAGO
Penyerang Barcelona Martin Braithwaite melakukan selebrasi usai cetak gol kedua dalam pertandingan Liga Spanyol lawan Real Sociedad di Camp Nou, Barcelona, Spanyol pada 16 Agustus 2021. ANTARA/AFP/JOSEP LAGO

Ia secara gamblang meminta fans paham kalau Barcelona saat ini memiliki skuad yang jauh berbeda dengan tim dominan yang diasuh pep Guardiola pada 2008-2012.

"Lihatlah daftar skuat yang kami miliki, kami melakukan apa yang harus kami lakukan”, kata Ronald Koeman terkait keputusannya memainkan Pique sebagai penyerang, sebagaimana disadur dari Marca, Selasa (21/9/2021).

"Saat ini tak ada pemain (yang cocok--red]) untuk tiki-taka. Anda harus bermain dengan gaya kami, tetapi jika permainan membutuhkan perubahan, kami harus melakukannya,"

"Barca hari ini bukan Barca delapan tahun lalu. Kami bermain di jalan Barca pada tahun 2021," tambahnya.

Juru Taktik asal Belanda itu menjelaskan keputusannya untuk memainkan Pique sebagai penyerang adalah murni karena kebutuhan tim.

Saat tertinggal 0-1, Barcelona yang diisi trio Memphis Depay, Yusuf Demir, dan Philippe Coutinho tampil tumpul. Dua nama terakhir dinilai Koeman kesulitan dalam laga ini.

"Kami tidak memiliki kecepatan dalam menyerang karena Coutinho lebih bertipikal cut inside, sementara Demir tidak berlari lebih jauh," kata Koeman.

"Dengan Ansu dan Dembele, itu berbeda, kami memiliki kedalaman yang lebih dan kami harus mencari alternatif," tambahnya.

Kekinian, Barcelona bertengger di posisi tujuh klasemen sementara Liga Spanyol usai ditahan imbang Granada.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini