Liga

Profil Harvey Elliott, Pemain Liverpool Jadi Korban Tekel Brutal Bek Leeds

Harvey Elliott mengalami cedera horor

Irwan Febri Rialdi

Mo Salah panik saat lihat Harvey Elliott cedera parah. (Oli SCARFF / AFP)
Mo Salah panik saat lihat Harvey Elliott cedera parah. (Oli SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Gelandang muda, Harvey Elliott, menjadi tumbal kemenangan Liverpool saat menumbangkan Leeds United pada laga lanjutan Liga Inggris 2021/2022.

Dalam duel yang digelar di Elland Road, Minggu (12/9/2021) itu, Harvey Elliott mengalami cedera parah usai ditekel secara brutal oleh bek Leeds United, Pascal Struijk.

Pada momen tersebut, Elliot yang tengah berlari kencang untuk mendapatkan bola ditekel dari belakang oleh Pascal Struijk.

Akibatnya, wasit langsung mencabut kartu merah dari kantongnya dan mengusir Pascal Struijk keluar dari lapangan karena aksi berbahaya tersebut.

Karena tekel tersebut, Harvey Elliott mengalami cedera parah pada bagian pergelangan kaki kirinya. Bahkan, pemain berbakat berusia 18 tahun ini sempat menjerit kesakitan.

Tentu saja, cedera ini bisa berbahaya bagi karier Elliot. Sebab, kariernya tengah menanjak di usia yang masih tergolong sangat muda.

Profil Harvey Elliott

Harvey Elliott merupakan gelandang muda kelahiran Chertsey, Inggris, pada 4 April 2003. Ia menjadi salah satu pemain berbakat yang direkrut oleh Liverpool.

Pemain dengan nama lengkap Harvey Daniel James Elliott ini mengawali kariernya bersama akademi Queens Park Rangers dan Fulham.

Tak butuh waktu lama bagi Elliott untuk merebut hati pelatih Fulham. Sebab, pada tahun 2018, ketika usianya baru menginjak 15 tahun, ia sudah bermain bersama tim utama.

Debutnya bersama Fulham di level profesional terjadi saat menghadapi Millwall pada ajang EFL Cup pada 25 September 2018.

Saat itu, Elliott bermain sebagai pemain pengganti pada menit ke-81 saat menggantikan Floyd Ayite.

Sementara itu, debutnya di kompetisi resmi tercipta saat Fulham menghadapi Wolverhampton Wanderers pada 4 Mei 2019. Saat itu, pemain berpostur 170 cm ini baru berusia 16 tahun 30 hari. 

Dengan demikian, ia memecahkan rekor sebagai pemain muda yang bermain di Liga Primer Inggris. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh pemain Fulham lain, yakni Matthew Briggs. 

Pada 28 Juli 2019, Liverpool resmi menggaet Elliott dari Fulham. Debutnya untuk The Reds terjadi pada ajang EFL Cup saat menghadapi Milton Keynes Dons.

Dengan usia 16 tahun 174 hari, Elliot menjadi pemain termuda sepanjang sejarah yang bermain sebagai starter untuk Liverpool.

Meskipun sudah direkrut sejak tahun 2019, tapi kontrak pertama Elliot bersama Liverpool baru ditandatangani pada 6 July 2020.

Pada 10 Februari 2021 lalu, sebuah Komite Independen Sepak Bola Profesional Inggris mendesak Liverpool untuk membayar uang kompensasi kepada Fulham.

Karena transfernya dari Fulham, Liverpool mengeluarkan uang sebesar 1,5 juta pounds, plus 2,8 juta pounds sebagai bonus. Biaya transfer ini menjadi rekor untuk merekrut pemain yang berusia 16 tahun.

Sebetulnya, Elliott sempat menjalani masa peminjaman bersama Blackburn Rovers selama satu musim. Kiprahnya bersama Blackburn turut membuatnya mendapatkan EFL Young Player of the Season pada 2021.

Pada musim 2021/2022, Elliott kembali bermain bersama Liverpool seusai meneken kontrak jangka panjang pada 9 Juli 2021.

Dia mencatatkan debut bersama Liverpool secara penuh pada 21 Agustus, ketika menang 2-0 atas Burnley.

Namun, sayangnya, saat Liga Inggris baru memasuki pekan keempat, Elliot mendapatkan cedera parah setelah diterjang bek Leeds United, Pascal Struijk.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini