Liga

4 Fakta Ansu Fati, Pewaris Nomor Punggung Lionel Messi di Barcelona

Ansu Fati berani mengambil 'beban' untuk mengenakan nomor punggung 10

Irwan Febri Rialdi

Ansu Fati mencetak dua gol dari dua assist yang diberikan Lionel Messi, membawa Barcelona mengalahkan tamunya Levante dengan skor 2-1. (Foto: AFP)
Ansu Fati mencetak dua gol dari dua assist yang diberikan Lionel Messi, membawa Barcelona mengalahkan tamunya Levante dengan skor 2-1. (Foto: AFP)

Bolatimes.com - Nomor punggung 10 di Barcelona yang sebelumnya menjadi milik Lionel Messi kini telah mendapatkan pemilik baru, Ansu Fati.

Kini, Ansu Fati menjadi pewaris sah nomor punggung legendaris dan keramat yang selalu digunakan pemain-pemain bintang Barcelona itu.

Sebelum Ansu Fati, sederet pemain bintang yang pernah menggunakan nomor punggung 10 itu ialah Lionel Messi, Ronaldinho, dan Rivaldo.

Pemain berusia 18 tahun ini memang digadang-gadang bakal menjadi bintang masa depan El Barca. 

Berikut Bolatimes.com menyajikan sejumlah fakta-fakta menarik mengenai Ansu Fati, pemain yang menggunakan nomor punggung 10 di Barcelona.

1. Tolak Real Madrid

Pemain kelahiran 31 Oktober 2002 ini pernah membuat keputusan besar dalam hidupnya. Keputusan ini akhirnya turut mengantarkan Ansu Fati hingga saat ini.

Sebelum bergabung dengan Barcelona, sebetulnya potensi besar yang dimiliki Ansu Fati lebih dulu dipantau oleh Real Madrid.

Saat itu, orang tua Ansu Fati sempat mendapat tawaran dari Direktur Real Madrid, Paco de Gracia. Namun, orang tuanya sedikit ragu dengan proposal yang diajukan Los Blancos.

Akhirnya, koordinator akademi Barcelona saat itu, Albert Puig, mencoba mendekati orang tua Ansu Fati. Ia memberikan penawaran yang tak disodorkan oleh Real Madrid.

Akhirnya orang tua Ansu Fati sepakat dan pemain muda potensial ini bergabung dengan akademi Barcelona pada tahun 2013. Ketika itu, Ansu Fati masih berusia 10 tahun.

2. Pencetak gol termuda Barcelona

Sepanjang sejarah yang mencatat kiprah Barcelona, Ansu Fatu menjadi salah satu pemain yang tercatat di dalamnya.

Sebab, Ansu Fati sukses mengukuhkan dirinya sebagai pencetak gol termuda untuk Blaugrana. 

Gol tersebut terlahir saat Ansu Fati mendapat kesempatan bermain sejak menit bermain ketika Barcelona menjamu Valencia di Camp Nou, Sabtu (14/9/2019).

Tak butuh waktu lama bagi Ansu Fati untuk membuka keunggulan Barcelona pada laga itu. Sebab, golnya tercipta saat laga baru memasuki menit ketujuh.

Saat gol itu diukir, Ansu Fati berusia 16 tahun 304 hari.

3. Pencetak gol termuda Liga Champions

Selain menjadi pencetak gol termuda untuk Barcelona, Ansu Fati juga berhasil memecahkan rekor lain. Kali ini di ajang Liga Champions.

Sampai saat ini, Ansu Fati tercatat sebagai pemain paling muda yang berhasil mencetak gol pada ajang antarklub Eropa tersebut.

Gol itu tercipta ketika Barcelona menumbangkan AC Milan di San Siro pada 10 Desember 2019. Gol itu sekaligus membawa timnya menang dengan skor 2-1.

Pada pertandingan Liga Champions 2019/2020 itu, Ansu Fati saat itu masih berusia 17 tahun 40 hari. Ini menjadikannya sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Liga Champions.

4. Sempat cedera parah saat muda

Ansu Fati menjadi salah satu pesepak bola muda yang beruntung karena bakatnya masih bisa terus berlanjut hingga sekarang.

Sebab, ketika masih berusia muda, Ansu Fati sempat mengalami cedera patah kaki parah saat berusia 13 tahun.

Momen itu terjadi tepatnya pada tahun 2015, saat ia bermain bersama Barcelona B dalam pertandingan melawan Espanyol.

Beruntungnya, pemain yang pernah menimba ilmu bersama Sevilla ini mampu menjalani proses pemulihan dengan baik.

Cederanya bisa pulih secara total. Mentalnya pun tak mengalami trauma yang berlebihan akibat patah tulang tersebut.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini