Liga

Manchester City Bantai Arsenal 5-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris

Manchester City hajar Arsenal tanpa ampun. Posisi Arsenal di klasemen sementara begitu miris

Irwan Febri Rialdi

Striker Arsenal asal Gabon Pierre-Emerick Aubameyang bereaksi terhadap gol ketiga City selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester City vs Arsenal di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, pada 28 Agustus 2021. Oli SCARFF / AFP
Striker Arsenal asal Gabon Pierre-Emerick Aubameyang bereaksi terhadap gol ketiga City selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester City vs Arsenal di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, pada 28 Agustus 2021. Oli SCARFF / AFP

Bolatimes.com - Manchester City berhasil meraih poin penuh saat menjamu Arsenal dalam laga pekan ketiga Liga Inggris 2021/2022, Sabtu (28/8/2021) malam WIB. Mereka menang telak 5-0.

Bermain di Stadion Etihad, The Citizen --julukan Manchester City-- menang besar atas Arsenal yang di laga ini tampil dengan 10 orang sejak pertengahan babak pertama akibat dikartu merahnya Granit Xhaka.

Manchester City unggul 3 gol di babak pertama yang dicetak Ilkay Gundogan (7'), Ferran Torres (12'), dan Gabriel Jesus (43').

Sementara di babak kedua, Manchester City menambah keunggulan lewat Rodri (53') dan Ferran Torres (84'), untuk menang 5-0.

Jalannya pertandingan

Manchester City selaku tuan rumah langsung tampil menggebrak sejak peluit tanda bergulirnya pertandingan dibunyikan wasit.

Tim asuhan Pep Guardiola bahkan langsung mencetak gol pad menit ke-7 lewat sundulan Ilkay Gundogan yang memanfaatkan umpan ciamik Gabriel Jesus.

Gol berawal dari pergerakan Bernardo Silva dan Gabriel Jesus di sisi sayap kanan Man City, sebelum penyerang Brasil itu melepaskan umpan silang ke tiang belakang.

Umpan terukur itu disambut Gundogan dengan sundulan dari jarak dekat yang tak mampu diantisipasi kiper Arsenal, Bern Leno.

Tiga menit berselang, skema serangan yang mirip hampir menggandakan keunggulan Manchester City. Gundogan lagi-lagi meneror gawang The Gunners lewat sundulan yang kali ini bisa dimentahkan Leno untuk kemudian disapu Rob Holding.

Teror Manchester City nyatanya tidak mereda dalam periode berdekatan. Lima menit pasca gol pertama, The Citizen benar-benar menggandakan keunggulan.

Ferran Torres Garcia jadi aktor utama dalam gol kedua Manchester City ini. Memanfaatkan umpan silang yang sejatinya kurang sempurna Bernardo Silva, Torres berhasil menguasai bola untuk melepaskan tembakan akurat dari jarak dekat.

Kebobolan dua gol cepat membuat Arsenal coba tampil lebih menekan. Mereka hampir mencetak gol pada menit ke-19 setelah memanfaatkan kesalahan kiper Manchester City, Ederson Moraes.

Ederson hampir membuat Arsenal kembali ke permainan setelah terlalu santai dengan operan dari belakang.

Umpan lemahnya itu berhasil dipotong gelandang serang Arsenal Smith Rowe yang kemudian melepaskan tembakan, tetapi bola masih melebar di tiang kanan Ederson.

Tak lama berselang, tepatnya pada menit ke-26, jantung fans Manchester City dibuat kembali berdegup kencang setelah Ederson lagi-lagi membuat kesalahan.

Dia melepaskan umpan lemah yang kemudian berhasil dipotong Martin Odegaard untuk kemudian melepas umpan ke Granit Xhaka. Gelandang Swiss itu kemudian melepaskan tembakan yang untungnya masih bisa diamankan Ederson. Di sisi lain, Xhaka juga sudah lebih dulu offside.

Asyik menggempur pertahanan Manchester City, Arsenal langsung mendapat petaka pada menit ke-35. Xhaka diganjar kartu merah langsung oleh wasit Martin Atkinson setelah melanggar keras Joao Cancelo.

Kartu merah Granit Xhaka langsung berefek instan untuk Arsenal. Mereka kembali dibombardir oleh barisan penyerang City hingga akhirnya kembali kebobolan pada menit ke-43.

Gol ketiga tim juara bertahan dicetak Gabriel Jesus yang memanfaatkan umpan dari gelandang anyar mereka, Jack Grealish.

Jesus menambah penderitaan tim tamu dengan mengonversi umpan brilian Grealish yang sebelumnya mengelabuhi Chambers dari sayap kiri. Umpan matang itu disambut Jesus lewat sepakan kaki kiri mendatar yang tak mampu diantisipasi Leno.

Memasuki babak kedua, jalannya laga tak berubah. Manchester City yang unggul jumlah pemain terus tampil dominan atas Arsenal.

Laga babak kedua baru berjalan delapan menit, Manchester City berhasil menambah keunggulan menjadi 4-0 lewat Rodri.

Gelandang asal Spanyol itu mencatatkan namanya di papan skor lewat finishing akurat setelah bekerja sama melakukan umpan 1-2 dengan Torres di tepi kotak penalti Arsenal.

Umpan trobosan dari Torres diselesaikan Rodri lewat sepakan mendatar melengkung ke tiang kanan bawah gawang yang tak bisa diantisipasi Leno.

Unggul jauh, Manchester City tak mengendorkan serangan. Gabriel Jesus dan Silva diganti oleh dua tenaga baru yakni Riyad Mahrez dan Raheem Sterling pada menit ke-59 dan 62.

Pergantian itu terbukti menambah daya gedor Manchester City. Raheem Sterling yang tampil dari bangku cadangan meneror gawang Leno pada menit ke-68, tetapi sang kiper masih bisa melakukan penyelamatan.

Pemain pengganti lainnya, Riyad Mahrez juga hampir membawa Manchester City unggul lima gol saat mendapat situasi one-on-one dengan Leno pada menit ke-77.

Namun, kiper asal Jerman itu masih mampu tampil tenang untuk menggagalkan tendangan Riyad Mahrez.

Man City pada akhirnya berhasil menambah keunggulan menjadi 5-0 pada menit ke-84 melalui Ferran Torres.

Penyerang Spanyol itu mencetak gol kedua dalam laga ini lewat sundulan presisi dari jarak dekat selepas menyambar umpang silang Riyad Mahrez dari sayap kanan.

Selepas itu, City terus membombardir gawang Arsenal lewat serangkaian serangan yang diinisiasi Sterling dan Cancelo di masa injury time, tetapi tak ada gol tambahan tercipta. Man City menang telak 5-0 atas Arsenal.

Berikut klasemen terbaru Liga Inggris:

Klasemen terbaru Liga Inggris. (Dok. Flashcore).
Klasemen terbaru Liga Inggris. (Dok. Flashcore).

 

Berita Terkait

Berita Terkini