Liga

Profil Kylian Mbappe, Calon Pemain Real Madrid yang Harganya Fantastis

Real Madrid resmi menawar Kylian Mbappe dengan harga Rp 2,7 triliun

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Kylian Mbappe saat mencetak gol ke gawang Saint-Etienne pada 17 Februari 2019 (Jeff Pachoud/AFP)
Selebrasi Kylian Mbappe saat mencetak gol ke gawang Saint-Etienne pada 17 Februari 2019 (Jeff Pachoud/AFP)

Bolatimes.com - Masa depan megabintang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, semakin menjadi tanda tanya besar.

Rumor transfer yang menyebut bahwa Kylian Mbappe akan segera angkat kaki dari PSG untuk bergabung dengan Real Madrid pada akhir Agustus ini semakin berhembus kencang.

Tampaknya, petinggi Real Madrid memang sangat menginginkan Mbappe di skuad mereka untuk musim 2021-2022.

Di sisi lain, sampai saat ini Mbappe belum juga membubuhkan tanda tangan untuk kontrak barunya bersama El Parisiens.

Padahal, kontraknya bersama klub raksasa Ligue 1 itu akan berakhir pada Juni 2022. Artinya, waktu Mbappe tinggal semusim.

Jika PSG tak kunjung mendapatkan kesepakatan baru dengan Mbappe, maka pemain berusia 22 tahun itu bakal berstatus bebas transfer pada musim depan.

Dilansir dari Sky Sports, Real Madrid dikabarkan telah mengajukan penawaran fantastis untuk memboyong Mbappe ke Santiago Bernabeu.

Kabarnya, total biaya yang siap dibayar Real Madrid sebesar 160 juta euro atau setara dengan Rp 2,7 triliun.

Profil Kylian Mbappe

Kylian Mbappe lahir dan dibesarkan di Bondy, Senie-Saint-Denis, yang terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Paris.

Ayahnya, Wilfried, berasal dari Kamerun. Saat ini, ayahnya bekerja sebagai pelatih sepak bola sekaligus agen yang menaungi Mbappe.

Karier fenomenal Mbappe berawal ketika ia bergabung dengan Monaco B pada tahun 2015. Hanya tiga minggu setelahnya, ia langsung promosi ke tim utama.

Debutnya tercatat dua bulan kemudian, tepatnya pada 2 Desember 2015 ketika Monaco berjumpa Caen pada pertandingan lanjutan Ligue 1. Saat itu, Mbappe masuk untuk menggantikan Fabio Coentrao pada menit ke-88. 

Gol debut Mbappe di level profesional tercipta ketika usianya baru menginjak 17 tahun 62 hari. Momen itu terjadi pada 20 Februari 2016. Gol ini membuat Mbappe menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam sejarah Monako.

Pada 2017, Paris Saint-Germain mengumumkan perekrutan Mbappe dari Monaco secara resmi dengan status pinjaman.

Biaya yang diperlukan untuk transfer secara penuh yakni 145 juta euro dan ditambah 35 juta dalam ketentuan tambahan.

Angka ini membuat Mbappe sebagai pemain sepak bola termuda sepanjang sejarah yang pernah ada. Bahkan, ini memecahkan rekor transfer di Prancis.

Kiprah Mbappe tak hanya bersinar di level klub. Sebab, ia juga menjadi pemain muda andalan di skuad timnas Prancis.

Debutnya bersama timnas senior Prancis tercipta ketika Prancis menghadapi Luksemburg dan Spanyol pada Maret 2017.

Namun, dia baru bisa mencetak gol debut untuk Les Bleus pada 31 Agustus 2017 ketika babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Belanda.

Kiprah impresif itu mengantarkan Mbappe ke Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia. Gol pertamanya di Piala Dunia terlahir ketika Prancis sukses menang atas Peru dengan skor 1-0 pada babak penyisihan Grup C.

Gol ini sekaligus membuat Mbappe menjadi pencetak gol termuda timnas Prancis sepanjang sejarah Piala Dunia. Sebab, ketika itu dia baru berusia 19 tahun.

Pada Piala Dunia 2018, Kylian Mbappe sukses menyumbang total empat gol untuk timnas Prancis sekaligus membantu timnya meraih gelar juara.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini