Liga

Semua Tim Boleh Menebus Kontrak Roberto Firmino, Kecuali Arsenal

Itu tertulis dalam klausul kontrak di Liverpool

Irwan Febri Rialdi

Striker Liverpool, Roberto Firmino. (Twitter/@LFC).
Striker Liverpool, Roberto Firmino. (Twitter/@LFC).

Bolatimes.com - Dalam proses transfer pemain, ada sebuah klausul atau perjanjian di dalamnya. Sebuah klausul unik dimiliki oleh Roberto Firmino ketika bergabung dengan Liverpool.

Firmino yang dibeli Liverpool dari Hoffenheim pada Juni 2015 punya klausul pelepasan kontrak sebesar 98 juta euro yang bisa diaktifkan oleh tim manapun di seluruh dunia, kecuali Arsenal.

Ya, kalususl itu dengan jelas menyebut bahwa Firmino bisa pindah ke manapun kecuali Arsenal. Kabar ini merupakan hasil nvestigasi yang dilakukan oleh grup media football leaks yang dipublikasikan oleh media Belgia, Le Soir.

Munculnya klausul "aneh" ini bukan tanpa alasan. Usut punya usut, Liverpool pernah dibikin marah oleh Arsenal pada 2013 silam.

Penyebabnya adalah The Gunners kala itu mencoba membajak Luis Suarez untuk pindah ke Emirates Stadium dengan menawari duit 40 juta poundsterling plus 1 juta poundsterling.

Penawaran tersebut dikabarkan akan mengaktifkan buy-out clause pada kontrak Suarez. Tetapi perpindahan ini tidak pernah terjadi karena Liverpool melarang Suarez untuk berbicara lebih lanjut dengan Arsenal.

Dimasukkannya klausul “aneh” oleh Liverpool tentu merupakan hal yang jarang terjadi di masa sepak bola modern. Sepertinya Liverpool memang masih tak ingin pemain terbaiknya pindah ke Arsenal.

Ketika datang ke Inggris, Firmino sendiri bisa dibilang terlambat panas. Ia butuh waktu lebih lama untuk beradaptasi dengan sepak bola Premier League.

Performa Firmino semakin menanjak setelah Juergen Klopp datang menggantikan Brendan Rodgers. Puncaknya terjadi di musik 2016/17, Firmino menjadi pemain penting di skuat The Reds.

Di musim berikutnya penampilan Firmino makin menjadi, terlebih dengan hadirnya Mohamed Salah dan Sadio Mane yang bikin trio lini serang Liverpool ditakuti.

Di musim 2017/18, Firmino dan Liverpool jadi runner-up Liga Champions. Satu musim berselang, Firmino sukses membawa Liverpool jadi kampiun Liga Champions.

Firmino juga jadi pemeran penting dalam keberhasilan Liverpool menuntaskan dahaga gelar Premier League dengan menjadi jawara di musim 2019/20.

Menurut catatan transfermarkt, Roberto Firmino kini sudah mencatatkan 292 penampilan lintas kompetisi bersama Liverpool dengan torehan 87 gol dan 69 assist.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini