Liga

Siapa Ben White? Bek Termahal Inggris Rp 1 Triliun yang Dibeli Arsenal

Ben White dikabarkan akan bergabung ke Arsenal dengan transfer 50 juta poundsterling atau sekitar Rp 1 triliun

Irwan Febri Rialdi

Bek Brighton, Ben White, berduel dengan pemain Manchester United, Luke Shaw. (AFP/GLYN KIRK)
Bek Brighton, Ben White, berduel dengan pemain Manchester United, Luke Shaw. (AFP/GLYN KIRK)

Bolatimes.com - Arsenal membuat gebrakan di bursa transfer musim panas ini. The Gunners dikabarkan selangkah lagi mendapatkan tanda tangan pemain belakang Brighton & Hove Albion, Ben White.

Tak tanggung-tanggung, Sky Sports mengabarkan bahwa Arsenal siap menggelontorkan dana sebesar 50 juta poundsterling atau sekitar RP 1 triliun untuk memboyong pemain berusia 23 tahun tersebut.

Dengan harga itu, Ben White akan menjadi bek Inggris termahal. Ben White akan menyamai rekor sebelumnya yang dipegang oleh Aaron Wan-Bissaka ketika dibeli Manchester United dari Crystal Palace pada 2019.

Ben White sendiri mendapat panggilan membela Timnas Inggris oleh Gareth Southgate di Euro 2020. Sang pemain dikabarkan akan menjalani tes medis bersama Merima London setelah pulang dari liburan atau pada 26 Juli mendatang.

Sebagai pemain yang merumput di liga besar macam Premier League, nama Ben White sebetulnya tak terlalu mencuat. Namanya baru muncul satu musim ke belakang setelah menunjukkan penampilan cimaik bersama Brighton.

Ia tampil sebanyak 36 kali sebagai starter di liga dengan mencatatkan 1,4 tekel sukses, 1,7 intersep, dan 1,4 sapuan per laga. Sebagai pemain belakang, Ben White termasuk fleksibel karena bisa bermain di berbagai posisi seperti full-back kanan hingga gelandang bertahan.

Bek sentral Brighton, Ben White. [MIKE HEWITT / POOL / AFP]
Bek sentral Brighton, Ben White. [MIKE HEWITT / POOL / AFP]

1. Menjalani Pengobatan Semasa Kecil

Jauh sebelum menjadi pesepak bola profesional seperti sekarang, White sempat mengalami masa sulit di masa kecilnya. Pemain dengan nama lengkap Benjamin William White itu sempat harus menjalani pengobatan selama 7 tahun.

Hal ini disebabkan karena kondisi kesehatannya setelah mengidap penyakit usus buntu dan gangguan imunitas. Ben White lantas harus minum antibiotik selama masa pemulihannya.

2. Merasakan 4 Kasta Berbeda di Inggris

Cukup berliku perjalanan karier Ben White. Ia memulai kariernya sebagai pemain junior di Southampton. Ketika usianya menginjak 16 tahun, ia dilepas dan pindah ke Brighton.

Namun, waktunya di Brighton lebih banyak dipinjamkan ke tim lain. Di musim 2016/17, ia cuma bermain 2 kali di Piala Liga. Di musim selanjutnya, Ben White dipinjamkan ke Newport County. Ia cukup mendapat tempat di sana dengan bermain 42 kali di League Two dengan mencetak 1 gol dan 5 assist.

Meski begitu, ia kembali dipinjamkan ke Peterborough United di musim 2018/19 dengan bermain 15 kali di League One. Karier Ben White semakin menanjak dengan dipinjamkan ke Leeds United pada musim 2019/20 yang saat itu masih berlaga di divisi Championship.

Ben White ikut berjasa mengantarkan Leeds promosi ke Premier League. Kesuksesan itu membuatnya dipanggil untuk membela tim utama Brighton di musim 2020/21 dan tampil di Premier League sebanyak 36 kali. Ben White juga terpilih sebagai pemain terbaik Brighton untuk musim tersebut.

3. Dipanggil Timnas Inggris

Performa apiknya di level klub membawanya ke Timnas Inggris yang tampil di Euro 2020. Ia dipanggil Southgate untuk menggantikan tempat Trent Alexander-Arnold yang cedera.

Namun, ia tak sempat merasakan atmosfer pertandingan Euro 2020 karena tak diturunkan hingga laga final yang berakhir dengan kekalahan Inggris dari Italia.

Debut Ben White bersama Inggris terjadi di laga persahabatan melawan Austria pada 2 Juni lalu. Ia masuk sebagai pengganti dan bermain 19 menit. Ben White juga tampil penuh saat menghadapi Rumania di laga persahabatan empat hari berselang.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini