Liga

Liga Champions Resmi Dilanjutkan, Terapkan Format Baru

Sisa Liga Champions musim ini dimainkan di satu lokasi di Lisbon, Portugal.

Rauhanda Riyantama

Logo Liga Champions (AFP)
Logo Liga Champions (AFP)

Bolatimes.com - Liga Champions musim 2019/2020 akhirnya resmi dilanjutkan setelah mandek akibat wabah virus corona. Rencananya, sisa pertandingan akan digelar pada Agustus mendatang.

yang sudah tertangguhkan beberapa bulan imbas pandemi global COVID-19, dipastikan akan dilanjut pada bulan Agustus nanti. Hanya memang ada beberapa perubahan yang cukup ekstrem saat kompetisi restart.

Seperti dilansir laman resmi UEFA, ada beberapa perubahan yang cukup ekstrem sebagai syarat agar Liga Champions bisa dilanjutkan. Yakni dengan merubah format menjadi 'turnamen mini'.

Turnamen mini Liga Champions ini akan terpusat di satu venue, yakni di Kota Lisbon, Portugal, mulai fase perempatfinal, semifinal, hingga final nanti.

Mulai babak delapan besar, sistem dua leg resmi dihapus sebagaimana laga-laga hanya akan digelar dalam satu leg saja di venue netral.

Ya, tak ada format home dan away pada laga-laga perempatfinal dan semifinal nanti.

Sementara itu, belum diputuskan soal venue empat laga sisa leg kedua babak 16 besar, yang memang belum bisa dirampungkan pada Maret lalu lantaran kompetisi tertangguhkan imbas pandemi.

Namun, kemungkinan laga-laga sisa perdelapanfinal tersebut juga akan dihelat di Portugal, namun bukan di Lisbon, melainkan di Estadio do Dragao, Porto serta di Estadio D. Afonso Henriques, Guimaraes.

Jika memang benar demikian, maka ini tentu akan menjadi kerugian besar bagi empat klub yang seharusnya menjadi tuan rumah pada laga leg kedua babak 16 besar.

Empat laga leg kedua yang belum terselesaikan adalah Juventus vs Olympique Lyon (Agregat 0-1), Manchester City vs Real Madrid (Agregat 2-1), Bayern Munich vs Chelsea (Agregat 3-0), serta Barcelona vs Napoli (Agregat 1-1).

Sementara itu, empat tim yang sudah memastikan tiket ke babak delapan besar adalah Paris Saint-Germain, Atletico Madrid, RB Leipzig, serta Atalanta

Untuk Turnamen Mini Liga Champions 2019/2020 ini, Estadio do Sport Lisboa (stadion milik Benfica) dan Estadio Jose Alvalade (stadion milik Sporting CP) bakal jadi venue pertandingan.

Dan tentu saja, keseluruhan laga lanjutan Liga Champions 2019/2020 akan digelar secara tertutup tanpa penonton di stadion.

Berikut jadwal Turnamen Mini Liga Champions 2019/2020.

7-8 Agustus 2020: Leg kedua babak 16 besar (venue belum dipastikan)

12-15 Agustus 2020: Perempatfinal (Lisbon)

18-19 Agustus 2020: Semifinal (Lisbon)

23 Agustus 2020: Final (Lisbon)

*Seluruh laga akan dihelat pukul 21.00 waktu setempat

Berita Terkait

Berita Terkini