Tundukkan Genoa, Juventus Tempel Ketat Inter Milan di Puncak Klasemen

Juventus harus berjibaku menghadapi 10 pemain Genoa.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Kamis, 31 Oktober 2019 | 09:00 WIB
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo merayakan gol ke gawang Genoa pada laga lanjutan Serie A, Kamis (31/10/2019) dini hari tadi. Pada laga tersebut Juventus menang 2-1. [MARCO BERTORELLO / AFP]

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo merayakan gol ke gawang Genoa pada laga lanjutan Serie A, Kamis (31/10/2019) dini hari tadi. Pada laga tersebut Juventus menang 2-1. [MARCO BERTORELLO / AFP]

Bolatimes.com - Menghadapi 10 pemain Genoa, Juventus harus susah payah untuk meraih kemenangan. Pada laga pekan ke-10 Serie A Liga Italia yang dihelat di Allianz Stadium, Kamis (31/10/2019) dini hari tersebut Si Nyonya Tua menang 2-1.

Juventus dicetak oleh Leonardo Bonucci di menit 36 dan penalti Cristiano Ronaldo di penghujung laga, tepatnya di menit 90+6. Sementara gol Genoa dicetak oleh Christian Kouame di menit ke-40.

Dengan hasil ini, Juventus berhasil merebut Capolista dari Inter Milan yang sehari sebelumnya juga menang 2-1 di kandang Brescia. Nyonya Tua meraih 26 poin dari 10 pertandingan, hanya terpaut 1 poin dari Inter Milan di posisi kedua dengan raihan 25 angka.

Baca Juga: Menang Adu Penalti atas Arsenal, Liverpool ke Perempat Final Piala Liga

Sementara Genoa berada di posisi 17 klasemen Serie A Liga Italia dengan 8 poin. Berselisih satu strip di atas tiga tim zona degradasi.

Jalannya pertandingan

Dalam pertandingan ini, tuan rumah menurunkan penjaga gawang gaek Gianluigi Buffon sebagai kiper. Sementara itu, di lini depan, Juve kembali menurunkan Cristiano Ronaldo berduet dengan Dybala.

Baca Juga: Hasil Liga 1 2019: Madura United Menang Tipis atas Tira Persikabo

Sejatinya Genoa bermain apik di laga kali ini, sayang anak asuh pelatih anyar Thiago Motta itu kurang beruntung. Bahkan mereka harus bermain dengan 10 pemain sejak awal babak kedua usai Federico Cassata diganjar kartu merah karena kedapatan menarik baju Dybala.

Juventus sendiri bermain tak seperti biasa, tempo lamban diperlihatkan anak-anak asuh pelatih Maurizio Sarri. Meski demikian, dewi fortuna sepertinya masih menaungi Nyonya Tua. pertama Juventus dicetak melalui sundulan Leonardo Bonucci di menit 36 usai memanfaatkan umpan sepak pojok.

Keunggulan Juventus hanya berjalan tak sampai 5 menit. Memasuki menit ke-40 Genoa berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah Kouame sukses mencetak gol mengelabui kiper Buffon lewat tendangannya.

Baca Juga: Lolos Verifikasi, Suara.com Sah Jadi Media Internasional Pemeriksa Fakta

Memasuki babak kedua, Genoa masih bisa memberikan perlawanan. Beberapa kali Buffon dibuat berjibaku mengamankan gawangnya.

Para pemain Juventus merayakan kemenangan atas Genoa, Kamis (31/10/2019). [MARCO BERTORELLO / AFP]
Para pemain Juventus merayakan kemenangan atas Genoa, Kamis (31/10/2019). [MARCO BERTORELLO / AFP]

Sayang, di tengah permainan bagus, Genoa harus bermain dengan 10 orang. Meski terlihat hanya pelanggaran biasa dengan menarik baju Dybala, wasit langsung memberikan kartu kuning kedua yang berarti kartu merah untuk Federico Cassata. Para pemain Genoa langsung memprotes, namun wasit tak bergeming.

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan Juventus untuk menekan pertahanan Genoa. Namun kiper Ionut Radu bermain cemerlang di laga ini. Tembakan dan sundulan Ronaldo dihalaunya, begitu juga tendangan Dybala maupun Bernardeschi sukses dibloknya. Sang mega bintang bahkan sampai dibuat geleng-geleng kepala.

Baca Juga: Soal Kerusuhan Suporter, Gubernur Jatim: Malu Rek!

Mendekati menit 90, tepatnya di menit 87 giliran pemain Juventus yang diganjar kartu merah. Dia adalah Adrien Rabiot.

Di penghujung waktu, wasit memberikan tambahan waktu hingga 6 menit. Hal ini dimanfaatkan Juventus untuk mengurung pertahanan Genoa. Ronaldo sempat mencetak gol hingga membuat seisi stadion bergemuruh. Oh sayang, gol itu dibatalkan karena dari hasil rekam video VAR, sang mega bintang itu kedapatan lebih dahulu offside.

Ronaldo lagi!, pemain nasional Portugal itu benar-benar mencetak gol kemenangan di laga ini tepatnya di menit 90+6!. Gojekannya yang sempat terlihat diganjar oleh pemain Genoa membuat wasit menghadiahkan penalti. Ronaldo yang bertindak sebagai algojo sukses menyarangkan gol di sudut bawah kanan gawang Genoa. Juventus pun akhirnya menang 2-1.

Susunan pemain

Juventus: G. Buffon; Alex Sandro, D. Rugani, L. Bonucci, J. Cuadrado; B. Matuidi, R. Bentancur, S. Khedira; F. Bernardeschi; Cristiano Ronaldo, P. Dybala.

Genoa: I. Radu; P. Ankersen, C. Zapata, C. Romero, P. Ghiglione; F. Cassata, L. Schöne; C. Kouamé, K. Agudelo, G. Pandev; A. Pinamonti.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak