Liga

Penuhi Ambisi, Pep Guardiola Saingi Torehan Manajer Legendaris Inggris Ini

Pep Guardiola raih gelar kedelapan sepanjang kariernya sebagai manajer.

Galih Priatmojo

Manajer Pep Guardiola diangkat para pemain Manchester City usai sukses mempertahankan gelar Liga Primer Inggris musim ini. [GLYN KIRK / AFP]
Manajer Pep Guardiola diangkat para pemain Manchester City usai sukses mempertahankan gelar Liga Primer Inggris musim ini. [GLYN KIRK / AFP]

Bolatimes.com - Kemenangan 4-1 atas Brighton and Hove Albion menutup laga pamungkas Liga Primer Inggris yang dilakoni Manchester City, Minggu (12/5/2019). Berkat kemenangan itu anak asuhan Pep Guardiola pun berhak atas gelar Liga Primer Inggris musim ini.

Berlaga di Amex Stadium, Brigton sempat unggul lebih dulu lewat Glenn Murray di menit ke-27. Namun torehan itu tak bertahan lama.

Manchester City yang mengamuk berhasil melesakkan empat gol dan berbalik unggul. Empat gol tersebut dicetak oleh Sergio Aguero menit ke-28, Aymeric Laporte menit ke-38, Riyad Mahrez menit ke-63 serta Ilkay Gundogan menit ke-72.

Hasil tiga poin di kandang Brighton itu sudah sangat cukup untuk memastikan gelar juara Liga Primer Inggris kembali berada di Etihad. Manchester City total mengumpulkan 98 poin hanya selisih sepoin dari pesaing ketatnya, Liverpool yang mengemas 97 poin di partai pamungkas.

Keberhasilan itu jadi torehan sejarah tersendiri bagi Pep Guardiola. Ambisinya untuk menyaingi bahkan melampaui pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson mampu diraih.

Gelar Liga Primer Inggris musim ini yang didapat menjadi koleksinya yang kedelapan. Yap, sesuai catatan Gracenotelive, Pep Guardiola sudah mengantongi delapan gelar dari lima liga besar Eropa.

Rinciannya tiga gelar bersama Barcelona, tiga gelar bersama Bayern Munchen dan dua gelar bersama Manchester City.

Reaksi manajer Manchester City, Pep Guardiola usai timnya sukses mempertahankan gelar Liga Primer Inggris musim ini. [GLYN KIRK / AFP]
Reaksi manajer Manchester City, Pep Guardiola usai timnya sukses mempertahankan gelar Liga Primer Inggris musim ini. [GLYN KIRK / AFP]

 

Raihan itu menyaingi apa yang sudah dicapai Alex Ferguson. Namun, Ferguson meraih delapan gelar hanya bersama Manchester United.

Tak berhenti di situ, Pep juga mendekati rekor yang sudah dicapai Alex Ferguson yang mampu mempertahankan gelar Liga Primer Inggris. Jika Ferguson mampu mempertahankan gelar Liga Primer Inggris selama tiga musim bersama Manchester United sejak 2006 hingga 2009, maka Pep sudah dua kali yakni pada musim lalu 2007 hingga yang sekarang.

Sebelumnya, Pep memang pernah sesumbar soal ambisinya untuk mengalahkan Ferguson. 

"Kami memiliki tetangga yang selama 15 atau 20 tahun terakhir selalu memenangkan gelar," terang Pep kepada Daily Star, Agustus tahun lalu.

Guardiola mengakui bahwa Sir Alex Ferguson merupakan manajer yang hebat dan ia berambisi melewati prestasi manajer legendaris tersebut.

"Manchester United punya manajer yang hebat pada diri Alex Ferguson. Bersamanya, mereka selalu memenangkan gelar di setiap musim," sambungnya.

"Saya pikir tantangan terbesar dalam karier saya sebagai seorang manajer adalah melewati pencapaian mereka itu," tukasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini