Ngamuk Hajar Barca 4-0, Liverpool Melaju ke Final Champions

The Reds sukses melunasi defisit tiga gol dari Barcelona dan melumat tamunya dengan skor 4-0.

Rendy Adrikni Sadikin | BolaTimes.com
Rabu, 08 Mei 2019 | 04:24 WIB
Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Divock Origi ke gawang Barcelona. (PAUL ELLIS / AFP)

Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Divock Origi ke gawang Barcelona. (PAUL ELLIS / AFP)

Bolatimes.com - Liverpool ngamuk! The Reds sukses melunasi defisit tiga gol dari Barcelona dan melumat tamunya dengan skor 4-0 dalam laga semifinal kedua Liga Champions di Stadion Anfield, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB, demi menjejaki partai final.

Seperti dilansir BOLATIMES dari ANTARANEWS, Kemenangan 4-0 tersebut membuat Liverpool unggul agregat 4-3 atas Barcelona dan menciptakan satu lagi sejarah kebangkitan di dunia sepak bola, demikian catatan laman resmi UEFA.

Divock Origi membuka dan menutup gol-gol kemenangan Liverpool diselingi dua gol dari Georginio Wijnaldum.

Baca Juga: Sergio Busquets: Kekalahan Ini Sulit Diterima

Ini merupakan dua musim beruntun Juergen Klopp berhasil mengantarkan Liverpool ke final Liga Champions.

Liverpool membuka laga dengan sangat baik dan melancarkan tekanan sejak tendangan mula. Origi berhasil membuka keunggulan Liverpool saat pertandingan baru berjalan tujuh menit lewat sambaran bola muntah hasil tembakan Jordan Henderson yang tak diselamatkan sempurna kiper Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona berusaha segera membalas namun bola tembakan Lionel Messi dan Philippe Coutinho berhasil diamankan kiper Alisson Becker.

Baca Juga: Resmi Ditunda, Ini Jadwal Terbaru Launching Tim dan Uji Coba PSS Sleman

Liverpool yang terus berusaha menekan Barcelona sempat dilanda kekhawatiran ketika Henderson terkapar namun tak sampai diganti cedera. Sayangnya, hal serupa tak terjadi dengan Andy Robertson yang harus ditarik keluar saat turun minum digantikan Georginio Wijnaldum.

Wijnaldum menjelma menjadi supersub bagi Liverpool dengan mencetak dua gol dalam kurun waktu kurang dari tiga menit untuk menyamakan agregat 3-3.

pertama Wijnaldum lahir pada menit ke-54 saat ia melepaskan tembakan keras menyambut umpan silang yang gagal diantisipasi barisan pertahanan Barcelona.

Baca Juga: Dibantai 0-4 oleh Liverpool, Pelatih Barcelona Kecewa Berat

Kurang dari dua menit kemudian, Wijnaldum berhasil lepas dari kawalan untuk menanduk bola umpan silang Xherdan Shaqiri.

Sejak kedudukan agregat imbang, para pemain Barcelona menjadi gamang dan Ernesto Valverde malah berusaha menebalkan pertahanan mereka dengan memasukkan Nelson Semedo menggantikan Coutinho.

Liverpool terus melakukan tekanan demi gol keempat yang mereka butuhkan untuk memastikan satu tempat di final.

Sampai pada suatu titik, mereka memperoleh kesempatan sepak pojok dan Trent Alexander-Arnold melakukan siasat cerdik dengan melepaskan umpan mendatar ke muka gawang di mana Origi berdiri tanpa kawalan di tengah situasi Barcelona yang belum siap.

Origi menyambut bola dan menyarangkannya ke gawang Ter Stegen untuk membukukan keunggulan 4-0 pada menit ke-79.

Liverpool kembali dilanda kekhawatiran ketika Virgil van Dijk terkapar di kotak penalti Barcelona setelah situasi sepak pojok, namun hal itu mereda setelah legiun Belanda itu kembali berdiri.

Namun, Liverpool harus kehilangan Origi yang mengalami sedikit masalah kebugaran dan ditarik keluar digantikan Joe Gomez setelah Juergen Klopp memutuskan menjaga keunggulan empat gol.

Barcelona ganti menggempur Liverpool, namun pertahanan tuan rumah terlanjur menjadi tebal untuk menangkis serangan yang datang.

Liverpool juga menarik keluar Shaqiri demi memberikan darah segar di lini depan, baris pertahanan pertama Liverpool, dengan memasukkan Daniel Sturridge.

Selama lima menit masa injury time, Liverpool sukses memepertahankan keunggulan empat gol tersebut dan memastikan kemenangan 4-0 bertahan ketika peluit tanda laga usai berbunyi.

Mereka akan menghadapi siapapun pemenang laga semifinal lain antara Ajax melawan Tottenham Hotspur, di mana Ajax sementara unggul agregat berkat kemenangan 1-0 di laga pertama.

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson (Georginio Wijnaldum); Jordan henderson, Fabinho, James Milner; Xherdan Shaqiri (Daniel Sturridge), Divock Origi (Joe Gomez), Sadio Mane

Pelatih: Juergen Klopp

Barcelona (4-4-2): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arturo Vidal (Arthur), Ivan Rakitic (Malcom), Sergio Busquets, Philippe Coutinho (Nelson Semedo); Lionel Messi, Luis Suarez

Pelatih: Ernesto Valverde

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Sporting Director PT Persib Teddy Tjahjono membantah tudingan yang menyebutkan dirinya sebagai saksi yang memberatkan dalam persidangan kasus kericuhan yang melibatkan Bobotoh

liga | 17:40 WIB

Bek Persib Bandung Henhen Herdiana tidak pernah menyangka akan melakoni 100 pertandingan bersama Pangeran Biru. Sejak promosi dari Diklat Persib 2016 silam, Henhen tak pernah membayangkan bisa bermain hingga sejauh ini.

liga | 11:07 WIB

David da Silva akhirnya berdamai dengan Persib Bandung setelah proses administasi telah diselesaikan

liga | 16:08 WIB

Berbagai pertimbangan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebelum memutuskan kembali menggulirkan Liga 1 2023/2024 pada 15 April 2024 mendatang

liga | 15:35 WIB

FIFA menjatuhkan sanksi untuk lima tim Indonesia, satu di antaranya Persija Jakarta. Macan Kemayoran tak bisa melakukan transfer pemain selama tiga musim.

liga | 13:04 WIB

Pelatih Persib Bojan Hodak memberikan waktu libur untuk anak asuhnya selama tiga hari. Jeda kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia U-23 2024 di Qatar membuat tim punya waktu luang dalam masa persiapan

liga | 16:08 WIB

Gelandang Persib Bandung Stefano Beltrame tak mau santai walau Liga 1 2023/2024 terjeda selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

liga | 14:13 WIB

Pemain Persib Bandung Ryan Kurnia mengambil sisi positif dari jeda Liga 1 2023/2024 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Ryan bisa menjalani pemulihan cedera selama jeda kompetisi.

liga | 13:57 WIB

Adapun jadwal Liga 1 pekan ke-31 hingga pekan ke-34, dan jadwal Championship Series dijadwalkan kembali oleh operator komisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam waktu dekat.

liga | 19:50 WIB

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak melihat sisi positif dari penundaan kompetisi Liga 1 2023/2024 selama Piala Asia 2023

liga | 16:04 WIB

Sementara dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan ke-31, Persib akan melakukan lawatan ke markas Persita Tangerang, pada Selasa (2/4/2024).

liga | 14:04 WIB

Duel Bali United vs Persija akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu, (30/3/2024) kick off pukul 20.00 WIB.

liga | 13:27 WIB

Pebalap Marc Marquez angkat bicara mengenai insiden yang menimpanya dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) pada balapan di Sirkuit Algarve, Portimao, seri MotoGP Portugal, pada Minggu, (24/3/2024).

liga | 20:01 WIB

Beckham Putra akan bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Asia U-23 2024 yang bertempat di Qatar.

liga | 17:02 WIB

Beckham Putra dan rekan-rekan Persib lainnya ingin menjaga ritme kemenangan karena tengah berada dalam tren positif di empat laga terakhir.

liga | 16:31 WIB

Waktu yang tersedia bagi Ten Hag bersama Man United disebut-sebut tidak banyak, terutama setelah kedatangan Sir Jim Ratcliffe.

liga | 08:00 WIB

Thomas Tuchel, pelatih saat ini dari Bayern Muenchen, juga mungkin tersedia setelah dia memutuskan untuk meninggalkan klub tersebut pada musim panas.

liga | 07:30 WIB

David da Silva tak jemawa meski berhasil mencetak brace dan membawa kemenangan Persib 1-3 atas Persikabo. Sebaliknya, ia mengucapkan selamat kepada rekan-rekannya usai pertandingan.

liga | 15:00 WIB
Tampilkan lebih banyak