Liga

Barcelona Tumbang, Coutinho Jadi Tumbal Valverde

Meski mencetak gol, Valverde mengaku kurang puas dengan performa Coutinho.

Rauhanda Riyantama

Pemain Barcelona, Philippe Coutinho. (AFP)
Pemain Barcelona, Philippe Coutinho. (AFP)

Bolatimes.com - Isu kepergian Philippe Coutinho dari Barcelona memang tengah santer diperbincangkan. Sang pemain dikabarkan tidak bahagia dengan situasinya sekarang lantaran kurang mendapatkan jam bermain.

Mendengar kabar itu, sang pelatih Ernesto Valverde pun mengisyaratkan bahwa Coutinho bisa saja mendapatkan posisi inti. Namun dengan syarat, ia harus bekerja keras dan menampilkan permainan terbaik. 

Hal itu ia sampaikan usai Barcelona dikalahkan Levante dengan skor 1-2 di leg pertama babak 16 besar Copa del Rey, Jumat (11/1/2019). Barcelona lebih dulu tertinggal dua gol lewat sontekan Erick Cabaco dan Borja Mayoral pada babak pertama, sedangkan sebiji gol Barcelona dicetak Philippe Coutinho pada menit akhir babak kedua.

Meski mencetak gol, Valverde mengaku kurang puas dengan performa Coutinho. "Saat saya tak mainkan Dembele, banyak yang menanyakan kenapa. Sekarang dia dimainkan bersama Coutinho dan tampil bagus, tapi Coutinho tidak. Ini selalu begitu," katanya, seperti dikutip dari Scoresway.

Perlu diketahui, laga kontra Levante menjadi pertandingan domestik pertama Coutinho sejak 2 Desember 2018. Coutinho musim ini kalah bersaing dengan Ousmane Dembele untuk mendapatkan tempat dalam starting line-up.

"Coutinho adalah pemain hebat yang telah dan akan memberikan kami banyak hal. Namun pemain harus kerja keras untuk membalikkan keadaan, saat tidak bahagia, dia harus berjuang. Coutinho pasti bisa memberi lebih untuk kita," sambungnya.

Di laga kontra Levante, Barcelona tampil tanpa sejumlah pemain andalannya seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Gerard Pique dan Jordi Alba. Untuk mengisi posisi itu, Valverde memberi kesempatan ke pemain-pemain muda seperti Juan Miranda, Chumi, dan pemain baru Jeison Murillo.

"Saya memilih pemain yang tersedia. Ini akan menjadi bahan evaluasi kami nanti di saat-saat sulit, seperti di La Liga. Saya tahu memang berisiko, tapi kita harus berani mengambilnya," pungkas pelatih 54 tahun.

Tertinggal agregrat 2-1, Barcelona masih berpeluang untuk membalikkan keadaan di leg kedua. Leg kedua babak 16 besar Copa del Rey antara Barcelona versus Levante akan digelar di Camp Nou pada 28 April 2019.

Berita Terkait

Berita Terkini