Liga

Antonin Panenka Komentari Sergio Ramos yang Tiru Gaya Penaltinya

Penalti ala Panenka dipelopori oleh mantan bintang Cekoslovakia, Antonin Panenka.

Stephanus Aranditio

Pemain Real Madrid,Sergio Ramos saat mencetak gol penalti gaya panenka ke gawang Celta Vigo (AFP)
Pemain Real Madrid,Sergio Ramos saat mencetak gol penalti gaya panenka ke gawang Celta Vigo (AFP)

Bolatimes.com - Bintang Real Madrid, Sergio Ramos mencetak gol ala Panenka yang dipelopori oleh mantan bintang Cekoslovakia, Antonin Panenka pada laga La Liga melawan Celta Vigo, Minggu (11/11/2018).

Tendangan penalti Ramos kemudian mendapatkan komentar dari sang pelopor Antonin Panenka yang menyaksikan penalti tersebut. Menurut Panenka, Ramos telah mengembalikan kenangannya saat melakukan gaya penati seperti itu.

''Tentu saja, saya tahu Ramos mengambil penalti dalam gaya saya, semua orang berkata demikian, Ini membuat Belgrade 1976 kembali ke kehidupan kita lagi. Saya sangat menghargainya. Kenangan yang baik dan keren!'' kata Panenka dilansir bolatimes.com dari AS.

Mantan Pemain Cekoslovakia, Antonin Panenka (AFP)
Mantan Pemain Cekoslovakia, Antonin Panenka (AFP)

 

Panenka juga bangga Ramos melakukan gaya penalti seperti yang ia lakukan saat melangkah ke final Euro 1976 setelah hasil imbang 2-2 dengan Jerman Barat di Belgrad.

''Saya benar-benar bangga bahwa Ramos telah mengembangkan selera untuk menembak penalti seperti itu, seperti yang dilakukan banyak pemain top level lainnya. Ramos tidak diragukan lagi salah satu yang terbaik di dunia. Ini bukan pertama kalinya dia menggunakan tembakan saya, sering, dan saya senang dia melakukannya,'' puji Panenka.

"(gol Ramos ke gawang Celta Vigo) adalah salah satu hukuman Panenka yang paling elegan yang pernah kulihat. Aku benar-benar menikmatinya dan aku menghargainya. Sebuah gol yang hebat, tanpa keraguan,'' tambahnya.

Panenka bermain untuk negaranya antara 1973 dan 1982 sebagai gelandang serang dan menikmati karir panjang di level klub seperti Bohemians dan Rapid Vienna.

Tapi dia paling diingat untuk teknik spot-kick-nya, yang dilakukan pertama kali dan mencuri perhatian internasional ketika dia melangkah di final Euro 1976 setelah hasil imbang 2-2 dengan Jerman Barat di Belgrad.

Cekoslovakia menang 4-3 di adu penalti ketika Panenka melakukan tembakan chip halus ke pusat gawang untuk memenangkan gelar Euro 1976 dengan elegan.

Berita Terkait

Berita Terkini