Liga

Pecat Lopetegui, Eks Pemain Barcelona Sebut Perez Bawa Bencana

Mantan pemain Barcelona sebut Florentino Perez bawa bencana untuk Timnas Spanyol dan Real Madrid usai memecat Julen Lopetegui.

Galih Priatmojo

Julen Lopetegui dan Florentino Perez (Oscar Del Pozo/AFP)
Julen Lopetegui dan Florentino Perez (Oscar Del Pozo/AFP)

Bolatimes.com - Pemecatan Julen Lopetegui sebagai juru taktik Real Madrid masih menuai sorotan. Setelah dikecam mantan Presiden Real Madrid, Ramon Calderon, kini giliran mantan gelandang Barcelona dan Celtic, Marc Crosas yang menyalahkan Presiden Los Blancos saat ini, Florentino Perez. Ia bahkan menyebut Perez telah membuat bencana untuk Spanyol dan Real Madrid.

Hasil minor Real Madrid dalam lima pertandingan terakhir termasuk kala dibantai Barcelona di laga bertajuk El Clasico dengan skor 5-1, membuat para petinggi El Real naik pitam. Julen Lopetegui yang baru menukangi Sergio Ramos dkk selama empat bulan langsung dipecat.

Sejumlah pihak pun menyorot keputusan sang Presiden Real Madrid Florentino Perez. Perez dianggap arogan yang begitu gampangnya melepas Lopetegui. Tindakannya itu dianggap telah membuat bencana tak hanya untuk Real Madrid tapi juga Timnas Spanyol.

Hal ini seperti diungkapkan eks penggawa Blaugrana, Marc Crosas. Seperti dikutip dari standard.co.uk, mantan pemain yang kini jadi analis untuk Univision itu menyebut presiden Madrid Florentino Perez telah membuat bencana dengan keputusannya mencampakkan Julen Lopetegui.

''Apakah Florentino sadar? Dalam empat bulan, dia telah menghancurkan tim nasional Spanyol dan skuat Real Madrid terbaik dalam sejarah," tegasnya.

Sementara itu, selepas pemecatan Lopetegui, Real Madrid hanya punya waktu selama dua minggu mencari penggantinya. Memang untuk sementara, Real Madrid telah meminta Santiago Solari untuk mengambil alih tugas Lopetegui.

Namun pelatih asal Argentina itu hanya boleh menjalankan tugas tersebut selama dua pekan sebelum Real Madrid mendaftarkan secara resmi pengganti Julen Lopetegui.

Ini sesuai dengan aturan RFEF artikel 60 terkait pergantian pelatih di tengah musim. Seperti dilansir AS, aturan itu berbunyi bahwa setelah kompetisi dimulai klub wajib mencari pelatih baru sesuai lisensi yang dibutuhkan selama dua minggu.

''Jika posisi pelatih lowong setelah kompetisi dimulai, klub wajib mencari pelatih baru dengan lisensi yang dibutuhkan paling lambat dua pekan,'' bunyi aturan tersebut.

Nah, sesuai dengan artikel 60, Solari hanya boleh mendampingi Real Madrid dalam 4 laga ke depannya, yang terdiri atas dua laga La Liga, satu Copa Del Rey, dan satu Liga Champions. Bila gagal mencari pengganti Lopetegui dalam 14 hari, maka Real Madrid akan didenda.

 

Berita Terkait

Berita Terkini