Liga

Hasil La Liga: Barcelona Nyaris Kalah, Derby Madrid Berbagi Poin

Real Madrid dan Barcelona gagal bangkit di pekan ketujuh La Liga.

Stephanus Aranditio

Pemain Real Madrid, Casemiro (tengah) saat duel udara di pertandingan antara Real Madrid vs Atletico Madrid di Stadion Santiago Bernabeu (AFP)
Pemain Real Madrid, Casemiro (tengah) saat duel udara di pertandingan antara Real Madrid vs Atletico Madrid di Stadion Santiago Bernabeu (AFP)

Bolatimes.com - Hasil La Liga pekan ketujuh telah menggelar lima dari 10 pertandingan yang dijadwalkan, dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid kembali gagal meraih poin penuh setelah sebelumnya kalah di pekan keenam.

Barcelona nyaris kalah melawan Athletic Bilbao di hadapan publik Camp Nou jika saja Munir El Haddadi tak menyamakan kedudukan pada menit akhir.

Sementara partai derby antara Real Madrid vs Atletico Madrid berlangsung anti-klimaks tanpa gol yang tercipta, keduanya saling berbagi poin di Santiago Bernabeu.

Barcelona vs Athletic Bilbao

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde tidak menurunkan Lionel Messi dan Sergio Busquets sebagai starter. Alhasil penampilan Barcelona pun kurang begitu tajam di babak pertama.

Sementara Bilbao sudah melancarkan ancaman sejak awal pertandingan lewat Nélson Semedo namun masih melenceng. Begitu juga usaha Iñaki Williams lewat sepakan kaki kanannya juga belum tepat sasaran

Barcelona balik menekan lewat tembakan kaki kanan Ivan Rakitic di menit ke-34 namun masih berada di sisi kiri gawang. Ancaman yang dilakukan oleh Coutinho juga masih melambung.

Bilbao akhirnya memimpin lebih dulu 1-0 di menit ke-41. Gol tersebut dicetak oleh Oscar De Marcos lewat sepakan kaki kanannya setelah menyambut crossing Markel Susaeta.

Skor 1-0 bagi keunggulan Bilbao bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Valverde akhirnya memasukan Sergio Busquets di menit ke-51 dan Lionel Messi di menit ke-55 menggantikan Arturo Vidal.

Barcelona pun mulai menebar banyak ancaman lewat Coutinho dan Messi. Pada menit ke-77, usaha Messi lewat tembakan kaki kirinya masih membentur tiang kiri gawang Bilbao.

Pemain Barcelona, Munir El Haddadi (kanan) merayakan gol ke gawang Athletic Bilbao di Stadion Camp Nou (AFP)
Pemain Barcelona, Munir El Haddadi (kanan) merayakan gol ke gawang Athletic Bilbao di Stadion Camp Nou (AFP)

Messi masih melanjutkan tekanannya. Pada menit ke-84, Munir El Haddadi akhirnya mampu menyamakan kedudukan setelah meneruskan bola umpan datar dari Messi ke dalam gawang Bilbao.

Barcelona masih mencoba membuka peluang hingga sisa pertandingan. Namun skor 1-1 tetap tidak berubah hingga wasit Santiago Jaime Latre meniupkan peluit panjang di akhir pertandingan.

Susunan Pemain:

Barcelona: Ter Stegen; Alba (Munir 79'), Lenglet, Pique, Semedo; Vidal (Messi 55'), Rakitic, Roberto (Busquets 51'); Coutinho, Suarez, Dembele

Athletic Bilbao: Simon; Balenziaga, Martinez (Nolaskoain 23'), Yeray, De Marcos; Benat (San Jose 67'), Dani, Raul Garcia; Berchiche, Williams (Aduriz 78'), Susaeta

Real Madrid vs Atletico Madrid

Laga Derby Madrid di jornada ketujuh Liga Spanyol 2018/2019 berakhir anti-klimaks. Menjamu Atletico Madrid di Santiago Bernabeu, Minggu (30/9/2018) dini hari WIB, Real Madrid ditahan imbang 0-0. Meski berakhir tanpa gol, laga ini sendiri berjalan sengit, dengan  kedua tim menyuguhkan permainan kelas atas.

Urung meraih kemenangan, Real Madrid pun gagal melewati Barcelona di puncak klasemen sementara. Padahal, beberapa jam sebelumnya, Barca ditahan imbang tamunya, Athletic Bilbao di Camp Nou dengan skor 1-1.

Real Madrid tertahan di peringkat kedua dengan poin 14, hasil dari empat kemenangan, dua seri dan sekali kalah. Los Blancos mengoleksi poin yang sama dengan Barca, namun kalah selisih gol.

Sementara itu, Atletico turun ke peringkat keempat. Atletico terpaut dua poin dari Barca dan Real Madrid, serta satu poin dari Sevilla yang menyodok ke posisi ketiga. Sevilla sendiri berhasil melibas tuan rumah Eibar 3-1, Sabtu (29/9/2018) malam WIB.

Di Santiago Bernabeu, Real Madrid mendominasi ball posession hingga 65 persen. Namun, kokohnya pertahanan Atletico membuat 15 percobaan tembakan yang dilepaskan tim tuan rumah tak membuahkan satu gol pun.

Meski demikian, Atletico sejatinya juga cukup berbahaya dengan mengandalkan counter-attack. Los Colchoneros total meregister delapan percobaan tembakan dan beberapa kali memaksa kiper Real Madrid yang juga merupakan mantan kiper mereka, Thibaut Courtois, melakukan penyelamatan penting.

Baru tiga menit pertandingan berjalan, Atletico memperoleh peluang. Namun, sepakan jarak jauh Saul Niguez berhasil diselamatkan oleh Courtois.

Atletico mengancam lagi dua menit. Antoine Griezmann melakukan tendangan akrobatik menyambut umpan silang Koke, namun bola masih tipis melambung di atas gawang Real Madrid.

Pada menit 18, Courtois keluar dari sarangnya demi mempersempit ruang tembak Griezmann dan menggagalkan tendangan penyerang Prancis itu.

Real Madrid baru memperoleh peluang pada menit 21, ketika tendangan bebas Toni Kroos disambut Gareth Bale. Sayang, bola sepakan megabintang Timnas Wales itu masih melebar tipis dari sasaran.

Pada menit 37, giliran Atletico gantian mengancam. Namun, peluang Diego Costa digagalkan Courtois menggunakan badannya.

Memasuki babak kedua, Real Madrid praktis menguasai laga serta lebih banyak menebar ancaman ke pertahanan Atletico.

Sebuah tembakan Marco Asensio setelah menerima umpan Kroos berhasil dihalau penjaga gawang Atletico, Jan Oblak. Demikian juga peluang yang diperoleh Dani Carvajal pada menit 77, yang masih berhasil dihentikan secara brilian oleh Oblak.

Peluang bersih terakhir tercipta pada menit 93, ketika Kross melepaskan tendangan bebas ke dalam kotak penalti yang disambut Raphael Varane. Namun, bola tandukan bek andalan Real Madrid itu masih melenceng dari sasaran.

Susunan Pemain:

Real Madrid XI (4-3-3): Courtois; Carvajal, Varane, Ramos, Nacho; Modric/Vazquez, Casemiro, Kroos; Bale/Ceballos, Benzema/Vinicius Junior), Asensio.

Atletico Madrid (4-4-2): Oblak; Juanfran, Gimenez, Godin, Luis; Lemar/Angel Correa, Niguez, Rodrigo Hernandez/Kalinic, Koke; Diego Costa/Partey, Griezmann.

Hasil lengkap La Liga pekan ketujuh:

Rayo Vallecano 2 - 2 Espanyol

Real Sociedad 0 - 1 Valencia

Barcelona 1 - 1 Atletic Bilbao

Real Madrid 0 - 0 Atletico Madrid

Eibar 1 - 3 Sevilla

Berita Terkait

Berita Terkini