Liga

5 Pelatih Kelas Dunia yang Sedang Menganggur

Zinedine Zidane menjadi nama yang akan segera kembali melatih diantara lima pelatih lain di bawah ini.

Stephanus Aranditio

Zinedine Zidane/Instagram
Zinedine Zidane/Instagram

Bolatimes.com - Awal musim 2018/19 baru saja digelar, klub dari liga-liga top sudah melakukan evaluasi dengan merekrut pelatih baru dan memecat pelatih lama, ada pula pelatih yang mengundurkan diri seperti Zinedine Zidane di Real Madrid.

Selain Zidane, ada juga Arsene Wenger yang memilih keluar dari zona nyamannya 22 tahun mengasuh The Gooners. Banyak juga klub yang memutuskan kontrak sebelum waktu sebagai bentuk evaluasi terhadap kinerja pelatih selama satu musim.

Di tanah Inggris, dua tim besar seperti Arsenal dan Chelsea memutuskan untuk menggunakan pelatih baru yakni Unai Emery dan Maurizio Sarri sebagai pengganti Wenger dan Antonio Conte.

Klub-klub Serie A Italia lebih banyak memilih bertahan dengan pelatih sebelumnya, Serie A hanya kedatangkan Carlo Ancelotti yang menggantikan Sarri di Napoli.

La Liga Spanyol kedatangan Julen Lopetegui yang kontroversial saat ia mengundurkan diri dari timnas Spanyol dan memilih bergabung Real Madrid. Barcelona dan Atletico Madrid tetap bertahan dengan pelatih sebelumnya.

Namun, setidaknya ada lima pelatih kelas dunia yang sedang menanggur saat ini:

5. David Moyes

David Moyes (AFP)
David Moyes (AFP)

 

Pelatih asal Skotlandia ini telah menghabiskan sebagian besar kariernya di Inggris dengan Sunderland, Everton, Manchester United dan terakhir di West Ham. 

Moyes dikenal karena memiliki taktik yang jenius saat mengasuh Everton selama 11. Moyes adalah manajer Everton dari 2002 hingga 2013 dan memenangkan 218 pertandingan dari total 518.

Namun Moyes yang sudah menjadi pelatih selama 20 tahun itu mulai menurun performanya sejak melalui masa suran setengah musim di Manchester United pada 2013/2014.

4. Laurent Blanc

Laurent Blanc (AFP)
Laurent Blanc (AFP)

 

Laurent Blanc dikenal sebagai mantan pelatih timnas Prancis yang sukses di klub Paris Saint Germain. Ia sempat dirumorkan akan menjadi pengganti Antonio Conte di Chelsea pada bursa transfer musim panas kemarin.

Karier pelatih asal Prancis ini dimulai sejak 2007 saat ia menjadi pelatih FC Girondins Bordeaux, prestasi terbaiknya diciptakan saat membawa PSG meraih tiga gelar juara Liga Prancis tiga kali secara beruntun pada 2013-2015.

Selama tiga tahun di PSG (2013-2016), Blanc berhasil memenangkan 126 pertandingan dari 173 pertandingan di semua kompetisi. Sejak 2016 Blanc belum memutuskan akan melatih dimana. 

3. Arsene Wenger

Setelah 22 tahun di Arsenal, Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk keluar dari Emirates Stadium, kini ia belum memutuskan akan melatih klub mana.

Prestasi terbaik Wenger di Arsenal adalah ketika ia membawa The Gooners meraih gelar juara Liga Premier Inggris pada musim 2003/2004 dengan tak sekali pun menelan kekalahan sepanjang musim. Arsenal juga memenangkan Piala FA paling banyak kali yaitu tujuh kali.

Wenger telah melatih Arsenal sebanyak 828 pertandingan di Liga Premier Inggris dengan 476 kemenangan, 153 kalah dan sisanya seri. 

2. Antonio Conte

Antonio Conte. (Instagram/@conteholic)
Antonio Conte. (Instagram/@conteholic)

 

Antonio Conte baru saja didepak oleh manajemen Chelsea setelah hasil buruk di musim lalu, jasanya membawa The Blues juara Liga Premier Inggris pada 2016/2017 rasanya gagal dilanjutkannya di musim berikutnya.

Pelatih asal Italia itu membawa revolusi ke Liga Premier Inggris dengan strategi formasi 5-2-3 yang jarang digunakan di tanah Britania.

Kejeliannya melihat potensi pemain muda melahirkan bintang baru seperti Marcos Alonso yang diberi waktu lebih banyak untuk bermain.

Conte sudah melalui 76 pertandingan bersama Chelsea di mana ia 51 menang, 15 kalah dan 10 imbang. Conte dikenal karena perilaku agresifnya di lapangan dan keluar dari garis batas saat gol tercipta.

1. Zinedine Zidane

Jose Mourinho dan Zinedine Zidane (Wix.com)
Jose Mourinho dan Zinedine Zidane (Wix.com)

 

Mantan asisten Carlo Ancelotti saat masih di Real Madrid ini membuktikan dirinya layak menjadi pelatih kelas dunia setelah memenangkan tiga gelar juara Liga Champions secara beruntun sejak 2015.

Zidane berhasil membawa Real Madrid memenangkan 104 pertandingan dan hanya 16 kali kalah dari 149 pertandingan di semua kompetisi.

Legenda Prancis itu saat ini sedang dikaitkan dengan Old Trafford untuk menggantik Jose Mourinho yang performanya sedang menurun.

loading...

Berita Terkait

Berita Terkini