Liga

Ini Arti Seorang Sir Alex Ferguson Bagi Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo mengatakan Sir Alex Ferguson adalah sosok yang telah mengajarinya banyak hal.

Galih Priatmojo | Andiarsa Nata

Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson (Jack Taylor/AFP)
Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson (Jack Taylor/AFP)

Bolatimes.com - Bintang sepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo mengatakan Sir Alex Ferguson adalah sosok yang telah mengajarinya banyak hal. Bahkan Ronaldo sudah menganggap Ferguson seperti ayahnya sendiri.

Cristiano Ronaldo adalah pemain yang didatangkan oleh Sir Alex Ferguson pada tahun 2003 ke Manchester United dari Sporting Lisbon. Kala itu Ronaldo masih berusia 18 tahun dan Ferguson dengan jeli dapat melihat bakat yang dimiliki Ronaldo.

Ferguson pun membuat keputusan berani dengan mendatangkannya ke Old Trafford. Keputusan itu pun berujung manis, saat dimulainya kompetisi musim 2003/2004, Ronaldo yang di asuh oleh Ferguson perlahan-lahan menjadi pemain hebat dan menjelma menjadi salah satu pemain terbaik di Liga Primer Inggris bahkan Eropa.

Penampilan memukaunya bersama Manchester United kala itu membuat klub raksasa Spanyol, Real Madrid mulai melakukan pergerakan untuk mendatangkan Ronaldo ke Santiago Bernabeu. Pemain yang mendapat julukan CR7 ini pun semakin bersinar bersama Real Madrid setelah resmi didatangkan Los Blancos pada tahun 2009.

Meski kini telah menjadi pemain terbaik di dunia dengan banyaknya penghargaan yang diraihnya, Ronaldo mengatakan sosok yang membuatnya berhasil adalah mantan pelatihnya di Manchester United, Sir Alex Ferguson.

Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson berpose saat meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA (Andrew Yates/AFP)
Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson berpose saat meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA (Andrew Yates/AFP)

 

Ferguson adalah sosok yang mengajarinya banyak hal. Pelatih berkebangsaan Skotlandia itu mengajari Ronaldo bagaimana bertahan dan menjadi pemain tangguh di Liga Primer Inggris.

''Tentu saja, di awal karir saya, dia (Ferguson) sangat penting bagi saya karena saya pindah dari Sporting ke Manchester dan memiliki mentalitas Portugis, terlalu banyak stepover, pengambilan keputusan bukanlah yang terbaik," kata pemain berusia 33 tahun itu seperti yang dilansir Manchester Evening News.

''Jadi dia mengajari saya bagaimana melakukannya. Di Liga Premier Inggris para pemain tidak jatuh begitu mudah, mereka tangguh,'' tutur Ronaldo menambahkan.

Walaupun Cristiano Ronaldo telah mendapat polesan dari berbagai pelaih, tetapi Sir Alex Ferguson dianggap pelatih yang telah banyak membantunya, terutama di Manchester United. Bahkan pemain yang kini merumput di Italia bersama Juventus itu sudah menganggap Ferguson sebagai ayahnya sendiri.

''Seperti yang sudah saya katakan berkali-kali, dia mengajari saya segalanya. Dia seperti ayah bagi saya. Dia banyak membantu saya di Manchester United,'' tutup Ronaldo.

Berita Terkait

Berita Terkini