Liga

Rp1,34 Triliun untuk Kepa Arrizabalaga, Pantas atau Berlebihan?

Kepa Arrizabalaga langsung memecahkan rekor transfer kiper termahal dunia.

Stephanus Aranditio

Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga (Chelsea)
Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga (Chelsea)

Bolatimes.com - Chelsea baru saja mendaratkan kiper baru mereka dari Atlhetic Bilbao, Kepa Arrizabalaga dengan mengaktifkan klausul buy-out Kepa sebesar 80 juta Euro atau sekitar Rp1,34 Triliun. Harga yang fantastis untuk seorang kiper.

Chelsea belakangan memang dibuat pusing dengan kiper utama mereka, Thibaut Courtois yang enggan memperpanjang kontraknya bersama The Blues dan lebih memilih mangkir latihan dan kemudian bergabung bersama raksasa Spanyol, Real Madrid.

Mau tidak mau, demi mendapatkan keuntungan dari transfer Courtois, Chelsea harus segera melepas kiper terbaik Piala Dunia 2018 itu ke Real Madrid. Belum diketahui berapa nomilal transfer tersebut, yang pasti Courtois diikat Los Blancos selama enam tahun.

Kepergian Courtois membuat Chelsea langsung mendatangkan Kepa Arrizabalaga dengan harga 80 juta Euro. Nilai itu mengalahkan transfer kiper baru Liverpool, Alisson Becker beberapa waktu lalu dengan nilai 75 juta Euro.

Siapakah Kepa Arrizabalaga sebenarnya? Pantaskan ia mendapatkan gelar kiper termahal di dunia?

Kepa adalah sosok kiper handal di Liga Spanyol, tapi perlu diketahui ia baru mendapatkan posisi utama di Athletic Bilbao pada dua tahun terakhir

Sebelumnya ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan pelapis kiper utama Gorka Iraizoz yang sudah 10 tahun mengawal gawang Athletic Bilbao.

Kiper berusia 23 tahun itu besar dari akademi Bilbao yang kemudian promosi pada tahun 2014, kesulitan menembus skuat utama ia sempat dipinjamkan ke SD Ponferradina dan Real Valladolid CF.

Selama dua tahun sejak 2016 menjadi kiper utama Bilbao, Kepa sudah bermain sebanyak 59 kali di La Liga dengan catatan 65 kali kebobolan dan hanya 19 kali clean sheet.

Kiper yang memiliki postur 189cm ini tercatat hanya satu kali bermain untuk Spanyol, ia selalu berada dibawah bayang-bayang David de Gea.

Pada saat itu, ia melakoni laga persahabatan melawan Costa Rika yang sekaligus jadi debutnya berseragam Tim Matador, Kepa melakukan Clean Sheet pada saat itu dengan menang 5-0.

Nilai transfer Kepa ke Chelsea tentu sangat menguntungkan Athletic Bilbao yang langsung mendapatkan dana segar untuk mencari pengganti Kepa dengan harga yang mungkin lebih murah.

Menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah Kepa di Liga Inggris, Chelsea melalui rilis resminya mengumumkan Kepa akan langsung menjadi kiper utama kala melakoni laga perdana melawan Huddersfield pada Sabtu, 11 Agustus 2018.

Berikut video aksi Kepa selama membela Athletic Bilbao:

loading...

Berita Terkait

Berita Terkini