Liga

5 Sisi Menarik Andriy Lunin, Kiper Baru Real Madrid Berusia 19 Th

Ia menjadi pemain profesional di usia 17 tahun dan berhasil menembus tim nasional senior pada usia 19 tahun.

Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi

Andriy Lunin. (Sumber: Instagram/@andrylunin.12).
Andriy Lunin. (Sumber: Instagram/@andrylunin.12).

Bolatimes.com - Setiap musim transfer, Real Madrid selalu dikait-kaitkan dengan pemain di posisi penjaga gawang. Kiper Manchester United, David De Gea menjadi yang kerap dirumorkan.

Terbaru adalah Thibaut Curtois. El Real dikabarkan berminat memboyong kiper Chelsea itu ke Santiago Bernabeu.

Namun, kendati dikait-kaitkan dengan kiper-kiper ciamik tersebut, Los Blancos secara tenang justru mengumumkan transfer Andriy Oleksiyovych Lunin.

Ia pun telah berada di Bernaeu pada Minggu (22/7/2018). Menurut marca, harga belinya yakni 8,5 juta euro (sekitar Rp 144,4 miliar) dengan bonus 4 juta euro.

Sumber: twitter/@AndriyLuninGK
Sumber: twitter/@AndriyLuninGK

Lantas kira-kira seberapa hebat kiper asal negara Ukraina itu? simak ulasan Bolatimes.com berikut.

1. Masih sangat muda

Andriy Lanin merupakan pemain yang masih sangat muda yang berhasil bergabung Real Madrid. Ia lahir pada 11 Februari 1999, yang berarti usianya masih 19 tahun.

Kendati demikian, ia telah melakoni debut profesional di usia 17 tahun. Kala itu, ia bermain untuk Dnipropetrovsk, lalu berpindah ke Zorya sebelum ke Real Madrid.

2. Kiprah musim lalu

Pada musim 2017/2018, Lunin bermain untuk Zroya di divisi teratas Ukraina. Ia dipercayay tampil sebanyak 36 kali dengan catatan 54 kali kebobolan dan mengoleksi cleansheet sebanyak 10 kali.

3. Memiliki pengalaman di Eropa

Kendati masih 19 tahun, Lunin sudah merasakan persaingan di kompetisi Eropa. Hal itu karena ia bersama Zroya bermain di Liga Europa.

Lunin pun tampil sebanyak enam kali selama 540 menit, yang artinya tak tergantikan di bawah mistar.

4. Promosi ke Timnas Ukraina Senior

Memiliki penampilan apik bersama Zroya membuat Lunin menarik perhatian pelatih Ukraina, Andriy Shevchenko. Ia pun yang semula menjadi bagian dari Timnas U-21 Ukraina langsung promosi ke tim senior.

Debutnya di Timnas Ukraina senior terjadi pada laga uji coba melawan Arab Saudi, Jumat (24/3/2018). Lunin tampil 90 menit.

5. Berpeluang mendapat tempat di Real Madrid

Saat ini Real Madrid telah memiliki tiga penjaga gawang, mereka adalah Keylor Navas, Kiko Casilla, dan Luca Zidane. Namun, perlu diketahui mereka adalah penginggalan dari era pelatih Zenedine Zidane.

Kini Real Madrid era Julen Lopetegui kabarnya hanya meminati Keylor Navas untuk tetap berada di tim. Casilla dan Luca kemungkinan besar akan dilepas.

Berita Terkait

Berita Terkini