Liga

Gianluigi Buffon Hengkang dari Juventus, Ini 10 Fakta Menariknya

Kiper veteran Juventus, Gianluigi Buffon akhirnya memutuskan untuk pensiun setelah 17 tahun membela klub asal Turin ini.

Tinwarotul Fatonah | Andiarsa Nata

Gianluigi Buffon/Instagram
Gianluigi Buffon/Instagram

Bolatimes.com - Kiper veteran Juventus, Gianluigi Buffon akhirnya memutuskan untuk pensiun setelah 17 tahun membela klub asal Turin itu.

Tetapi itu bukan berati Buffon memutuskan untuk gantung sepatu, seperti yang dikabarkan oleh presiden klub, Andrea Agnelli mengkonfirmasi kiper yang berusia 40 tahun itu telah menerima tawaran untuk terus bermain di tempat lain.

Berita mengenai hengkangnya dari Juventus itu diumumkan langsung oleh Buffon melalui konferensi pers pada hari ini, Kamis (17/5/2018).

Buffon memastikan laga Juventus kontra Verona pada Sabtu (19/5/2019) yang akan digelar di Allianz Stadium itu akan menjadi laga terakhirnya bersama klub si Nyonya Tua.

Gianluigi Buffon/Twitter

Sumber foto: Twitter

"Sabtu akan menjadi pertandingan terakhir saya dengan Juventus dan saya percaya itu akan menjadi cara terbaik untuk mengakhiri petualangan luar biasa ini," katanya dalam konferensi pers.

Sebelum Gigi sapaan akrab Buffon memutuskan untuk hengkang, Gigi telah banyak menerima tawaran yang menarik untuk dirinya. Hal itu juga diungkapnya pada saat konferensi pers.

"Hingga 15 hari yang lalu, diketahui dengan jelas bahwa saya ingin berhenti bermain. Namun, sejak itu, beberapa proposal dan tantangan yang menarik telah tiba, dari luar lapangan juga," tambahnya lagi

Sebelum Buffon hengkang, Bolatimes akan sajikan fakta-fakta menarik tentang kiper legenda tim nasional Italia ini sepanjang karirnya di Italia yang dilansir dari Goal.

1. Gianluigi Buffon memulai debut Serie A-nya pada 19 November 1995. Saat itu Buffon berusia 17 tahun 295 hari.

2. Sejak Buffon memulai debutnya itu hingga sekarang, terhitung sudah 22 tahun 180 hari. Buffon telah melakoni 639 penampilan, hanya kalah dari legenda Ac Milan, Paolo Maldini yang telah tercatat melakoni 647 penampilan.

3. Pemain Italia dengan caps terbanyak di Liga Champions sebanyak 117.

4. Giorgio Chiellini adalah pemain yang paling banyak bermain bersama Buffon sebanyak 247 pertandingan, disusul oleh Del Peiro 222 pertandingan dan Marchisio 203 pertandingan.

Gianluigi Buffon/Twitter

Sumber foto: Twitter

5. Buffon menjadi kiper dengan penampilan terbanyak di Serie A dengan 639 penampilan.

7. Buffon juga memiliki catatan rekor clean sheet istimewa di Serie A, dia tercatat menorehkan clean sheet terpanjang secara beruntun selama 974 menit.

8. Buffon telah memenangkan scudeto sebanyak sembilan kali, terbanyak dalam sejarah.

9. Dalam laga di semua kompetisi level klub, Buffon telah melakoni 875 pertandingan dengan total 78377 menint. Buffon kebobolan 729 gol dan mencatatkan 383 clean sheets.

10. Sejak Piala Dunia 1988 sampai sekarang, Buffon merupakan kiper dengan penyelamatan terbanyak (48).

Berita Terkait

Berita Terkini