Liga

5 Fakta Menarik Nabil Fekir, Calon Gelandang Anyar Liverpool

Nabil Fekir memiliki fakta-fakta yang menarik sebagai calon pemain Liverpool. Fan Liverpool wajib tahu nih.

Rendy Adrikni Sadikin | Irwan Febri Rialdi

Nabil Fekir/Instagram
Nabil Fekir/Instagram

Bolatimes.com - Klub Inggris, Liverpool dikabarkan sudah mencapai kesepakatan untuk mengamankan jasa Nabil Fekir. Kabarnya, The Reds harus merogeh yang cukup dalam dengan banderol 70 juta euro atau setara Rp1,16 triliun dan bonus.

Media Prancis, RMC Radio mengonfirmasi berita yang pertama muncul di Canal+ bahwa Liverpool akan menjadikan Nabil Fekir pembelian pertama mereka pada bursa transfer musim panas.

Nabil Fekir (Sumber: Twitter/@nabilfekir).

RMC mengatakan, transfer itu terjadi karena tak lepas dari campur tangan Gerard Houllier, eks manajer The Reds yang kini jadi penasehat Presiden Lyon, Jean Michel Aulas.

Aulas bahkan dikabarkan berada di Inggris beberapa pekan lalu untuk menyelesaikan transfer.

Terkait Nabil Fekir, ada pun beberapa fakta menarik pemain 24 tahun itu yang perlu di ketahui.

Berikut Bolatimes.com memberikan ulasan.

1. Didikan Akademi Lyon

Fekir merupakan pemuda kelahiran Lyon, Prancis pada 1993. Ia bergabung ke akademi Lyon saat berusia 12 tahun

Pemain 24 tahun itu sempat dilepas saat muda lantaran tidak cukup kuat dan ditampung oleh Vaulx-en-Velin. Namun, ia mulai bersinar saat membela Saint-Priest.

Bakatnya sempat dipantau oleh rival Lyon, Saint-Etienne, tetapi Fekir sabar menunggu Lyon dan transfernya benar-benar terjadi pada 2011.

Dia pertama kali masuk ke tim utama Les Gones pada tahun 2013, dan menjadi pemain reguler selama beberapa musim terakhir di Parc Olympique Lyonnais.

2. Titisan Youri Djorkaeff

Gaya bermain yang ulet dan berteknik tinggi, Fekir disebut-sebut sebagai titisan dari gelandang legendaris Prancis, Youri Djorkaeff.

Youri Djorkaeff (sumber: Dok. star sixes).

Djorkaeff adalah pemain gelandang yang berduet dengan Zinedine Zidane di belakang penyerang utama dan berhasil membawa Prancis keluar sebagai juara Piala Dunia 1998.

3. Fekir adalah gelandang yang subur

Bersama Lyon di musim 2017-2018 menjadi yang tersubur bagi sang kapten tim dengan ia mengoleksi 17 gol dari 28 laga sebagai starter bersama klubnya.

Ia berada di jajaran daftar top scorer sementara Liga Prancis bersama para penyerang tajam seperti Edison Cavani (28 gol), Neymar (19 gol), dan Radamel Falcao (18 gol).

Pamor Fekir memang terus meningkat sejak ia menembus tim utama Olympique Lyon pada musim 2013-2014.

Nabil Fekir telah 10 kali memperkuat timnas Prancis sejak 2015 dan mencetak satu gol.

4. Pemain paling sering melanggar dan dilanggar di Eropa

Dilansir dari Squawka, Nabil Fekir adalah pemain yang paling sering dilanggar (87 kali), tetapi ia juga suka melanggar (61). Jumlah tersebut yang paling banyak di lima liga top Eropa musim 2017-2018.

Selain itu, Fekir menjadi salah satu pesepak bola modern yang mampu bermain di banyak posisi.

Pada ajang Ligue 1 musim ini, pelatih Lyon, Bruno Genesio, sudah menurunkan Fekir di empat posisi, yakni gelandang serang, penyerang lubang, sayap kanan, dan gelandang tengah.

5. Raja tendangan bebas Eropa

Pemain yang identik dengan kaki kiri ini dijuluki pula sebagai raja tendangan bebas Eropa.

Dilansir dari Opta Jean, Nabil Fekir telah mengemas tiga gol tendangan bebas di Ligue 1 atau kasta tertinggi Liga Prancis musim 2017-2018.

Dia menjadi pemain yang paling sering membukukan gol tendangan bebas di lima liga top Eropa musim ini.

Satu tendangan bebas yang teringat yakni saat ia melakukannya ke gawang PSG. Gol pada menit ke-2 tersebut sekaligus membuat PSG menjadi tim Liga Prancis yang paling cepat kebobolan pada musim 2017/2018.

 

 Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

loading...

Berita Terkait

Berita Terkini